Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur yang Baik Untuk Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Apakah kamu suka menghitung berapa banyak kamu minum air putih per hari? Apakah kamu hanya minum saat kamu merasa haus? Kadang, hal ini membuat banyak orang kurang peduli pada kebutuhan tubuh mereka akan cairan, padahal hal ini tentu saja sangat penting demi menjaga fungsi tubuh normal. Apa kamu sudah pernah mencoba untuk membiasakan minum air putih sebelum tidur? Ternyata hal ini dapat menjaga status dehidrasi kamu dan tentu saja bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Jika dilihat dari kebutuhan secara umum, maka manusia harusnya minum minimal 8 gelas perhari. Porsi tersebut dinilai menjadi porsi paling pas untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh manusia. Terlebih seperti yang kita tahu, sebagian besar komposisi tubuh kita adalah terdiri dari air. Selain itu ada sejumlah waktu yang disarankan untuk minum. Salah satu waktu yang dianjurkan untuk minum air putih adalah sebelum tidur. Waktu tersebut dinilai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Lalu, apa saja manfaatnya? Simak ulasannya di bawah ini:

Memenuhi Kebutuhan Cairan Dalam Satu Hari

Bila kamu kekurangan minuman di siang hari, maka dengan kamu meminum air putih sebelum tidur bisa membantu tubuh kamu untuk menjaga kebutuhan cairannya. Terlebih selama 7 jam kamu tidur, kamu tentu harus memenuhi cairan kamu supaya saat bangun tidak mengalami dehidrasi. Untuk itu tidak ada salahnya untuk memanfaatkan waktu di malam hari untuk minum setidaknya satu sampai dua gelas air putih.

Membantu dalam Menurunkan Berat Badan

Untuk kamu yang tengah menjalani program diet, maka kamu harus membiasakan diri untuk meminum air putih secara cukup, sebab dengan meminum air putih secara cukup kemungkinan program dietmu akan berhasil cenderung lebih tinggi. Terlebih sesaat sebelum tidur, sering kali rasa lapar hadir di saat-saat tersebut. Dengan meminum air putih, rasa lapar tersebut bisa dicegah sehingga kamu tidak perlu ngemil atau bahkan mengkonsumsi satu porsi makanan yang hanya memuat program dietmu gagal.

Membantu Membersihkan Tubuh

Minum air putih sebelum tidur tak hanya membuat kebutuhan cairan tubuh terpenuhi, tapi juga konsumsi air ini dapat mencegah kamu dari berbagai gejala, seperti sembelit atau pun permasalahan pencernaan yang lainnya. Dalam sebuah penelitian pun menyebutkan, bahwa meminum air putih yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dapat berdampak baik bagi kesehatan organ cerna. Sebab, pembuangan racun dalam tubuh pun memerlukan air supaya berjalan dengan lancar.

Selain manfaat di atas, meminum air putih sebelum tidur memang banyak manfaatnya. Faktanya, cairan yang terpenuhi dalam tubuh membuat banyak sekali hormone dalam tubuh tersebut berada di dalam kadar yang seimbang. Tak hanya itu, air putih pun bisa membuat otot-otot menjadi lebih rileks dan mengendur. Kondisi persendian yang lebih rileks ini ternyata dapat memicu tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas dari sebelumnya. Saat tidur kita akan terhindar dari masalah seperti kram otot yang biasanya dialami saat tidur. Dengan konsumsi air putih yang baik sebelum tidur, kita juga seperti memberikan kesempatan kepada tubuh untuk membakar kalori lebih baik. Hal inilah mengapa mengkonsumsi air putih sebelum tidur sangat baik bagi mereka yang tengah menjalani program diet.

Tak Semua Orang Boleh Meminum Air Putih Sebelum Tidur

Namun kamu juga perlu tahu fakta yang satu ini, sebab tidak semua orang dianjurkan untuk minum air putih sebelum tidur. Sejumlah orang ternyata mengalami sebuah kondisi di mana kondisi tersebut mengharamkan mereka untuk mengkonsumsi air putih sebelum tidur. Sebab dapat meningkatkan komplikasi dari penyakit yang dideritanya. Misalnya saja, orang yang mengalami penyakit jantung dan gangguan fungsi ginjal tidak sembarangan minum air putih, sebab asupan cairan mereka harus diatur agar tidak memperparah kondisi penyakit yang mereka alami.

Kamu juga harus ingat, bila minum air putih terlalu berlebihan sebelum tidur bukannya membuat tidur nyenyak, justru membuat tidur kamu terganggu. Sebab, biasanya panggilan untuk buang air kecil akan datang saat kamu tengah nyenyak tidur. Untuk orang yang sulit bergerak secara bebas, kondisi ini tentu akan sangat menyiksa, terlebih jika mereka harus bolak-balik ke kamar mandi akibat panggilan buang air kecil yang datang tidak hanya sekali. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA