Manfaat Memutarkan Lagu untuk Bayi Usia 0-6 Bulan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
211020 Baby Musicc
Daftar Topik

Musik sudah menjadi teman sehari-hari bagi manusia, baik itu ketika santai ataupun saat bekerja. Musik banyak dijadikan sebagai penengah saat galau ataupun saat bahagia. Bahkan, musik juga bisa menjadi bagian dari terapi untuk bayi 0-6 bulan. Yang mana dengan mendengarkan musik, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh bayi. Bahkan, untuk bayi prematur musik bisa bermanfaat sebagai terapi khusus. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai manfaat memutar musik atau lagu untuk bayi 0-6 bulan, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pentingnya Musik untuk Bayi


211020 Baby MusicMusik memang dibutuhkan banyak orang sebagai terapi, tak terkecuali bayi. Bahkan, saat didengarkan musik, bayi akan bergerak sesuai dengan irama musik atau hanya diam saja mendengarkannya. Untuk mengetahui respon bayi saat mendengarkan musik memang terasa sulit. Tetapi, tak perlu khawatir karena Anda bisa mengetahuinya ketika didengarkan musik.

Manfaat Memutar Musik


211020 Baby MusiccAda banyak manfaat dari memutar musik, khususnya bagi bayi berusia 0-6 bulan. Yang jelas dengan memutarkan musik bisa membantu perkembangan otaknya. Selengkapnya berikut ini manfaat memutar musik atau lagu untuk bayi:

1. Bayi Akan Tersenyum dan Tertawa

Mengetahui respon bayi saat mendengarkan musik atau lagu yaitu melihat ekspresinya. Jika bayi tersenyum atau tertawa saat mendengarkan musik, itu tandanya bayi sangat menyukainya. Sehingga sebagai orang tua sudah pastinya harus terus mendengarkan jenis musik tersebut. Biasanya bayi lebih menyukai lagu-lagu yang memiliki melodi dan musik yang catchy. Selain itu, Anda juga bisa memutar lagu slow jika masuk waktunya bayi tidur.

2. Bayi Akan Belajar Berkomunikasi

Dengan mendengarkan musik sesering mungkin, bayi juga akan belajar berkomunikasi serta ikut bernyanyi meskipun besar kemungkinan mengeluarkan suara seperti gumaman. Jika bayi mengeluarkan celotehnya selama musik di putar, itu tanda ha bagi merespon baik musik yang diputar. Saat mendengarkan musik atau lagu untuk bayi 0-6 bulan, hindari pemilihan lagu bergenre rap, rock dan sejenisnya. Karena kebanyakan bayi akan lebih suka dengan musik yang harmonis.

3. Bayi Akan Berubah Fokus

Ketika didengarkan musik, bayi akan merespon dengan cara matanya yang terlihat bersinar. Bahkan, mata bayi akan bergerak ke arah sumber musik yang diputar tersebut. Lebih sering memutarkan musik pada bayi juga bisa memunculkan emosi yang kuat. Memutar music juga bisa mengasah kemampuannya anak, karena bisa mendeteksi suasana hati atau emosi orang lain.

4. Bayi Akan Mulai Melatih Motoriknya

Manfaat memutarkan musik atau lagu untuk bayi 0-6 bulan yang selanjutnya yaitu bayi akan mulai melatih motoriknya. Biasanya saat diputarkan musik, bayi akan merespon dengan kaki menendang, tangan melambaikan, tangan terkepal dan tubuh bergerak. Pilihlah musik dengan ritme yang bagus dan menyenangkan.

5. Musik Mempererat Bonding

Bayi akan merespon saat didengarkan music. Baik itu dengan menggerakkan mulutnya sesuai dengan ritme musik yang diputar. Manfaat memutarkan musik pada bayi yaitu bisa meningkatkan kecintaan bayi terhadap musik. Bahkan, untuk meningkatkan ikatan yang kuat dengan bayi, ikutlah bergumam jika bayi bergumam saat mendengarkan musik. Pilihlah musik dengan ritme yang bagus dan menyenangkan.

6. Cara Belajar Baru

Secara otomatis jika didengarkan musik, otak bayi akan langsung terhubung. Karena pada saat didengarkan musik, bayi akan mempelajari bahasa baru. Bahkan, saat didengarkan musik, bayi akan memperhatikan dan tanpa diketahui kita akan merekam lirik lagu yang didengarnya.

Bahkan, bayi akan merespon dengan cara mengoceh dan itu menandakan mereka sedang ikut bernyanyi. Lebih sering memutarkan musik pada bayi akan sangat bermanfaat untuk melatih daya ingatnya. Biasanya bayi akan membuat alunan melodi sendiri. Untuk mendukung hal tersebut, Anda bisa memberi dukungan melalui tempo tepuk tangan, sehingga bisa memperkuat minat anak pada musik.

7. Kedekatan yang Harmonis

Manfaat memutarkan musik atau lagu untuk bayi 0-6 bulan yang terakhir yaitu bisa menimbulkan kedekatan yang harmonis. Hal ini sudah jelas terbukti dan sesuai dengan pendapat direktur McMasrer Institut for music and the Mind yang menjelaskan bahwa musik merupakan alat kedekatan antara ibu dan anak. Menikmati musik akan berefek pada produksi oksitosin. Sehingga hal tersebut sangat baik untuk ibu menyusui karena ASI yang dihasilkan menjadi lebih lancar.

Untuk memutarkan musik pada bayi, Anda bisa memilih dari berbagai genre. Tetapi, akan lebih baik jika Anda memutarkan musik kesukaan bayi. Karena musik kesukaan bisa membuat bayi lebih senang. Bahkan, untuk menciptakan kedekatan antara ibu dan anak, Anda bisa memutarkan lagu klasik dengan tempo yang lambat.

Setelah mengetahui manfaat dari pemutaran musik untuk bayi, kini Anda perlu untuk melakukan hal tersebut. Dalam hal ini, pilihlah lagu dengan ritme yang bagus dan menyenangkan. Anda juga bisa memilihkan musik klasik dengan tempo lambat.

BACA JUGA!

7 Contoh Ucapan Selamat Kelahiran Bayi

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP