Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan yang Wajib Kamu Tahu

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Labu siam merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Di daerah Jawa, labu siam ini lebih terkenal dengan nama jipang, sedangkan di dunia labu siam disebut dengan chayote. Labu siam sendiri bukan merupakan sayuran asli Indonesia. Seperti namanya, labu siam berasal dari salah satu negara di Asia Tenggara yaitu Thailand.

Labu siam ini memiliki bentuk yang menyerupai buah pear, akan tetapi berwarna hijau. Beberapa riset yang telah dilakukan menemukan bahwa labu siam merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang mengandung banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas North Florida, Amerika menemukan bahwa labu siam mengandung banyak vitamin. Labu siam juga termasuk sayuran yang rendah kalori, mengandung banyak serat dan kaya akan mineral.

Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan

Labu siam memiliki banyak sekali manfaat untuk mencegah penyakit hingga membantu proses diet. Pohon labu siam ini berjenis tanaman merambat yang memiliki sulur – sulur dimana nantinya akan menjadi tempat tumbuhnya buah labu siam. Labu siam dapat tumbuh pada tanah yang lembab namun tidak becek dan tidak mengandung air. Labu siam dapat dipanen setelah 30 dari masa tanamnya, cukup cepat memang. Berikut ini merupakan beberapa manfaat bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi labu siam.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Labu siam merupakan sayuran yang mengandung kalori yang sangat rendah. Labu siam ini hanya mengandung 16 kalori saja di dalam setiap 1000 gramnya. Selain itu, labu siam sama sekali tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Labu siam juga mengandung banyak serat yang cukup tinggi, sehingga hal inilah yang membuat labu siam menjadi salah satu bahan makanan yang recommended bagi kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan.

Mencegah Bayi Lahir Cacat

Labu siam merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan B complex yaitu folat yang sangat baik. Folat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses pembelahan sel, sehingga pada ibu hamil folat dapat sangat membantu pertumbuhan janin dan menghindarkannya dari cacat syaraf.

Membantu Menurunkan Kolesterol

Labu siam merupakan sayuran yang tidak memiliki kandungan lemak jenuh, bahkan labu siam ini hanya mengandung kalori dalam jumlah yang sangat sedikit. Oleh karena itu, labu siam dapa dikonsumsi untuk mengendalikan tingkat kolesterol tinggi. Dan sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi.

Mencegah Penyakit Kanker

Dalam labu siam terdapat kandungan antiokisdan yang berupa apigenin dan luteolin yang sangat bermanfaat untuk melawan dan membersihkan radikal bebas yang akan menyebabkan kanker yang ada di dalam tubuh kita.

Sebagai Sumber Stamina

Selain dikenal sebagai salah satu sayuran yang mengandung banyak antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh, ternyata dalam labu siam juga terdapat potassium yang merupakan salah satu jenis elektrolit yang berguna sebagai salah satu sumber stamina tubuh.

Mencegah Penuaan Dini

Labu siam merupakan salah satu sayuran yang mengandung flavonoid yang cukup baik. Hal ini lah yang dapat membantu tubuh untuk melawan berbagai macam zat berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit yang akan membahayakan tubuh dan penuaan dini.

Sebagai Sumber Antioksidan

Labu siam merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung vitamin C yang dapat membantu mencegah kerusakan sel dan juga mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh.

Mengobati Batu Ginjal

Daun labu siam dapat digunakan dalam pengobatan batu ginjal. Hal ini disampaikan dalam hasil sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas North Florida. Selain itu, daun labu siam juga berguna untuk menurunkan darah tinggi.

Mencegah Sembelit

Labu siam merupakan sayuran yang memiliki kandungan serat yang cukup baik. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi labu siam akan dapat membatu proses pencernaan di dalam tubuh dan mencegah sembelit.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sebagian besar orang percaya bahwa dengan mengkonsumsi labu siam dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini diperkuat oleh sebuah penelitian yang di lakukan di Univeritas Purdue yang menyatakan bahwa labu siam dapat digunakan sebagai teh atau dapat dikonsumsi sebagai minuman yang ternyata hasilnya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Mengobati Kembung

Labu siam ternyata juga bisa mengobati kembung yang disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya adalah perut kembung, Jika kamu merasa kembung, minumlah teh yang telah dicampur dengan irisan daging labu siam. Hal ini karena labu siam mengandung unsur – unsur yang termasuk dalam zat diuretik yang berguna untuk mengobati perut yang kembung.

Demikian pembahasan mengenai manfaat labu siam bagi kesehatan tubuh yang harus kamu ketahui. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA