Manfaat Kopi yang Jarang Diketahui

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Sebagian besar orang menganggap bahwa kopi tidaklah baik untuk kesehatan. Padahal sebenarnya banyak khasiat kopi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Baik kopi robusta maupun kopi arabika mengandung antioksidan dan nutrisi-nutrisi penting yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh kita.

Salah satu penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kopi secara rutin akan lebih sulit diserang berbagai jenis penyakit serius dibandingkan dengan orang-orang yang tidak mengonsumsi kopi sama sekali. Berikut merupakan manfaat bagi kesehatan tubuh yang bisa kamu dapatkan setelah minum kopi.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Kopi dapat meningkatkan level energi dan membuat kita menjadi lebih cerdas

Ketika kita meminum kopi, rasa lelah yang kita alami akan berkurang dan kita pun akan menjadi lebih energik. Hal ini dikarenakan kopi mengandung stimulan yang bernama kafein yang jika diminum akan memengaruhi cara kerja otak dan menghasilkan efek rangsangan. Efek yang diberikan ini akan meningkatkan level energy, kesadaran dan fungsi otak serta suasana hati.

Kopi dapat membantu membakar lemak

Apakah kamu tahu bahwa semua supplemen pembakar lemak yang dijual di pasaran ternyata mengandung kafein? Hal ini karena kafein merupakan salah satu zat alami yang terbukti mampu untuk membatu membakar lemak.

Beberapa penelitian yang telah dilakukan meunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan metabolism sekitar 3-11%. Selain itu, penelitian lain menunjukka bahwa kafein dapat meningkatkan lemak sebanyak 10% pada orang yang menderita obesitas dan 29% pada orang normal. Akan tetapi, ada kemungkinan yang akan terjadi dimana efek ini akan berkurang bagi orang yang sudah meminum kopi dalam kurun waktu yang lama.

Kafein dapat meningkatkan performa fisik secara drastis

Selain membantu dalam proses pembakaran lemak, kafein juga dapat meningkatkan level adrenalin yang ada di dalam darah. Adrenalin yang ada di dalam tubuh akan membuat tubuh kita selalu siap untuk digunakan secara intens. Kafein yang ada di dalam kopi mampu membuat sel lemak menghancurkan lemak yang ada di dalam tubuh, yang kemudian akan dilepaskan ke dalam darah sebagai energi. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa kafein dapat meningkatkan performa fisik sampai 11-12%. Sehingga, akan sangat masuk akal apabila kita meminum kipi sekitar setengah jam sebelum berolah raga.

Kopi mengandung nutrisi penting

Selain rasanya yang nikmat, di dalam kopi ternyata mengandung banyak nutrisi yang sangat penting bagi tubuh.

Satu gelas kopi mengandung:

  • Magnesium and Niacin (B3): 2% of the RDA.
  • Manganese and Potassium: 3% of the RDA.
  • Riboflavin (Vitamin B2): 11% of the RDA.
  • Pantothenic Acid (Vitamin B5): 6% of the RDA.

RDA merupakan kepanjagan dari Recommended Dietary Allowance, yang merupakan estimasi jumlah nutrisi atau kalori per hari yang sangat dibutuhkan untuk menjaga stabilitas kesehatan tubuh. Meskipun tidak terlihat secara jelas, ada banyak orang yang meminum lebih dari 1 gelas kopi setiap harinya. Apabila kamu meminum kopi sebanyak 3-4 gelas dalam satu hari, jumlah nutrisi yang akan kamu dapatkan semakin banyak.

Kopi dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2

Salah satu masalah kesehatan yang sangat besar adalah penyakit diabetes tipe-2. Saat ini, ada sekitar 300 juta jiwa yang menderita penyakit diabetes ini di seluruh dunia. Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa para penikmat kopi memiliki resiko terkena penyakit ini 23-50% lebih kecil daripada orang yang tidak meminum kopi.

Menambah jumlah serat yang dikonsumsi

Jumlah serat yang direkomendasikan untuk dikonsumsi dalam satu hari adalah 20-38 gram dan dalam satu gelas kopi terdapat 1.8 gram serat. Oleh karena itu, mengonsumsi kopi setidaknya sekali dalam satu hari dapat menambah serat sedikitnya 1.8 gram.

Kopi dapat melindungi kamu dari penyakit Alzheimer dan Dimensia

Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang mengakibatkan penurunan kemampuan saraf yang sangat umum dan penyebab utama penyakit dimensia di seluruh dunia. Kebanyakan penderita penyakit ini berusia lebih dari 65 tahun. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa seseorang yang masih berusia muda juga mengalami penyakit yang satu ini. Sampai saat ini, belum ada obat yang mampu untuk menyembuhkan penyakit Alzheimer ini. Namun kita bisa melakukan hal yang dapat mencegah penyakit ini, salah satunya adalah dengan cara meminum kopi. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa seorang penikmat kopi memiliki resiko terkena penyakit ini adalah 65% lebih rendah dibandingkan dengan orang-orang yang tidak meminum kopi.

Kafein mengurangi resiko terkena Parkinson

Penyakit penurunan saraf nomor dua setelah Alzheimer adalah penyakit Parkinson. Petinju kelas berat terbaik dalam sejarah tinju yaitu Muhammad Ali merupakan salah satu penderita penyakit ini. Penyakit Parkinson disebabkan oleh matinya saraf penghasil dopamin yang ada di otak. Sama halnya seperti Alzheimer, penyakit ini juga belum memiliki obat penyembuhnya. Oleh karena itu, kita harus mencegah penyakit ini menyerang kita. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa orang yang menyukai kopi memiliki resiko 32-60% lebih rendah untuk terkena penyakit ini dibandingkan dengan orang-orang yang tidak meminum kopi. Dalam hal ini, yang berperan penting menurunkan resiko mengalami Parkinson adalah kafein yang terkandung dalam kopi.

Demikian pembahasan mengenai manfaat kopi yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA