Manfaat Garam untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Wajah

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Garam merupakan bumbu dapur yang paling penting, terutama untuk sebuah masakan, sebab apa jadinya masakan tanpa garam? Mungkin rasanya akan aneh dan tidak berselera. Selain masakan, garam juga diperlukan oleh tubuh untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh. Ya, garam memiliki dampak yang sangat baik bagi tubuh jika tidak dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Untuk membahasnya lebih jauh. Inilah sejumlah manfaat garam yang bisa kamu dapatkan:

Manfaat Garam untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Wajah

Melancarkan Metabolisme

Manfaat garam yang bisa kamu dapatkan yang pertama adalah membantu dalam memperlancar metabolisme kamu. Dengan adanya metabolisme yang baik, maka fungsi sistem dalam tubuh pun akan meningkat. Garam akan menyerap kelebihan air dalam tubuh demi kelancaran fungsi kerja organ tubuh lainnya. Hal ini karena mineral dan nutrisi yang terdapat pada garam dengan mudahnya menyerap di dalam darah.

Bronkitis

Garam dapat meringankan bronchitis dan sakit pernafasan yang ternyata sangat berbahaya. Hal ini karena garam dapat menyerap ion berbahaya yang terkandung dalam udara yang tiap hari kamu hirup. Tak hanya itu, garam pun membantu tubuh untuk melawan ion tersebut agar tidak masuk ke dalam tubuh, sehingga tidak heran, garam dijadikan sebagai obat untuk meringankan asma, dan masalah sistem pencernaan lainnya.

Membuat Tubuh Lebih Rileks

Untuk membuat tubuh rileks, kamu bisa berendam dengan air garam. Air garam dapat membuat otot-otot tubuh lebih rileks. Garam yang digunakan untuk mendapatkan manfaat yang satu ini memang bukan garam biasa, melainkan garam Kristal. Kamu bisa menuangkannya langsung ke dalam bak mandi, kemudian langsung rendam seluruh tubuh kamu di dalam air garam tersebut. Nantinya, garam akan membuat otot yang kaku menjadi lemas. Garam pun sangat berperan penting dalam detoksifikasi dan juga menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

Mencegah Hiponatremia

Gejala yang satu ini mungkin sedikit asing di telinga kamu. Hiponatreamia merupakan suatu kondisi, yang mana tubuh penderitanya kekurangan garam di dalam sel tubuhnya. Biasanya tubuh akan mengeluarkan keringat, diare atau yang biasa dikenal sebagi intoksikasi air. Nah, guna mempertahankan tekanan darah yang sehat dan juga kelancaran fungsi saraf dan otot, tubuh sangatlah membutuhkan garam. Ketidakseimbangan kadar air di dalam tubuh akan terjadi bila kebutuhan garam tidak tercukupi, hingga akhirnya terjadi pembengkakan di tubuh dikarenakan sel tubuh kelebihan air.

Membersihkan Mulut

Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari garam yang lainnya adalah dapat membasmi bakteri yang menjadi penyebab infeksi di sekitar mulut kamu. Gusi yang mengalami luka atau ngilu pada gigi dapat diredakan dengan berkumur menggunakan air garam. Caranya, kamu tinggal mencampurkan ½ sdt air garam ke dalam secangkir air hangat. Air garam dapat menenangkan sakit pada gusi dan mencegah pembengkakan.

Mencegah Kesehatan Pencernaan

Bila kamu sekarang ini sedang dalam program diet, dan tidak memiliki cukup kandungan garam dalam tubuh, maka dampaknya akan sangat berbahaya. Tubuh nantinya tak akan cukup dalam menghasilkan HCI atau asam klorida di perut. Jika hal ini terjadi maka akan menyebabkan pencernaan menjadi terganggu, hal ini akan lebih parah bagi mereka yang memiliki riwayat pencernaan sebelumnya. Untuk itu, meski dalam program diet kamu harus tetap memperhatikan asupan garam dalam tubuh.

Ternyata, tak hanya untuk tubuh. Garam pun sangat dibutuhkan dalam dunia kecantikan. Sebab, garam berkhasiat untuk merawat dan menjaga wajah agar tetap cantik alami. Lalu bagaimana cara memanfaatkan garam untuk perawatan wajah, simak ulasannya di bawah ini:

Garam Mampu Mengurangi Jerawat di Wajah

Garam ternyata sangat baik untuk mengatasi wajah berjerawat. Tak hanya mencegah, garam pun dapat menyembuhkan jerawat dengan sangat baik. Hal ini karena, garam mengandung postasium atau belerang. Dua kandungan tersebut saling bekerja sama untuk menyeimbangkan konsentrasi air di dalam kulit dan sekaligus menghilangkan kotoran yang dapat membuat jerawat bertambah parah.

Garam Mampu Menghilangkan Bopeng di Wajah

Apa wajah kamu mengalami bopeng? Jika iya, maka kamu tidak usah khawatir karena garam hadir untuk mengatasi masalahmu. Garam ini mengandung mineral yang sangat tinggi, hal ini membuat bopeng tidak akan terlihat lagi jika melakukan perawatan rutin menggunakan garam. Caranya pun sangat mudah, kamu tinggal memanaskan air, usahakan tidak sampai mendidih. Kemudian masukkan garam secukupnya. Setelah itu, celupkan handuk ke dalam air garam tersebut, kemudian tutup wajah menggunakan handuk tersebut sekitar 10 sampai 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Untuk hasil yang maksimal, setelah perawatan tersebut, pijat wajah secara lembut dengan air garam dan beberapa tetes minyak zaitun.

Itulah sejumlah manfaat garam untuk kesehatan tubuh maupun untuk kecantikan wajah. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA