Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
2707-Daun-kemangi[1]
Daftar Topik

Kemangi merupakan salah satu tanaman yang daunnya biasa digunakan dalam beberapa sajian makanan. Tanaman ini termasuk salah satu jenis tanaman yang berasal dari benua Asia dan Afrika. Kemangi dapat tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim tropis dan subtropis. Berikut merupakan beberapa manfaat daun kemangi bagi kesehatan yang jarang kita ketahui.

Manfaat Daun Kemangi

Kemangi memiliki pohon yang dapat tumbuh hingga ketinggian 10 kaki. Bagian yang paling sering digunakan dari kemangi adalah daunnya. Daun kemangi memiliki aroma yang khas dengan kandungan minyak esensial seperti linalool, eugenol dan metil chavicol.

Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

Mencegah Diare

Kandungan komponen fitokimia yang terdapat pada daun kemangi dapat membantu melawan infeksi penyebab utama diare.

Anti Inflamasi

Umumnya, peradangan yang terjadi di dalam tubuh disebabkan oleh stress oksidatif. Sifat anti-inflamasi dari daun kemangi yang mengandung banyak minyak esensial ini sangatlah efektif untuk melindungi tubuh kita dari berbagai risiko paradangan seperti arthritis.

Mengurangi Kadar Kolesterol

Menurut salah satu penelitian yang telah dilakukan, daun kemangi mempunyai efek yang sangat signifikan untuk mengurangi kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh. Kandungan fitokimia dan antioksidan yang terdapat dalam daun kemangi dapat membantu mencegah akumulasi kolesterol di dalam pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit aterosklerosis jika terus menerus dibiarkan.

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Daun kemangi memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mencegah agregasi platelet yang bisa menyebabkan gumpalan arteri dan menyumbat aliran darah.

Mengobati Infeksi Telinga

Kandungan minyak esensial pada daun kemangi memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan infeksi di telinga.

Mengontrol Gula Darah dan Mencegah Diabetes

Menurut penelitian yang diadakan oleh Department of Home Science at Azad University of Agriculture and Technology, daun kemangi dapat menurunkan kadar gula darah dan membuatnya berada di tingkat yang normal.

Mengurangi Stres Oksidatif

Beberapa penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa daun kemangi memiliki komponen alami yang disebut adaptogen. Adaptogen ini dapat membantu mangurangi stress oksidatif. Stress oksidatif merupakan suatu kondisi ketidakseimbangan radikal bebas dan antioksidan yang berlawanan di dalam tubuh. Kondisi seperti ini  bisa menyebabkan beberapa kerusakan organ dan dan menyebabkan masalah penyakit yang serius.

Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan tinggi yang terdapat pada daun kemangi memberikan dampak yang sangat efektif untuk melawan radikal bebas yang merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan kerusakan DNA di dalam tubuh yang kemudian akan menyebabkan pertumbuhan sel yang berlebihan.

Mengurangi Resistensi Antibiotik

Tubuh kita dapat mengembangkan resistensi antibiotik karena misuse antibiotik. Sifat anti-bakteri yang terkandung dalam daun kemangi dapat menghambat pertumbuhan bakteri patogen yang dapat mengurangi resistensi antibiotik.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dan fitokimia yang terdapat pada daun kemangi dapat memerikan manfaat yang signifikan bagi kulit kamu. Jika kamu mengkonsumsi daun kemangi secara teratur, kamu dapat meningkatkan kesehatan kulit kamu dengan menghilangkan efek radikal bebas pada kulit dan menjaga kelembapannya.

Menjaga Kesehatan Hati

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi daun kemangi secara teratur dapat meningkatkan jumlah detoksifikasi enzim yang ada di dalam hati. Tentu saja hal ini dapat membantu kelancaran fungsi hati dan dapat mengurangi sel lemak yang bertumpuk dalam hati yang bisa saja menyebabkan terjadinya penyakit hati.

Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Daun kemangi mengandung serat yang bisa membantu meningkatkan pencernaan agar lebih baik dan membuat gerakan usus yang sehat. Selain itu, daun kemangi juga mempunyai sensasi aroma yang menenangkan yang akan membuat kamu merasa lebih baik setelah memakannya. Hal ini dikarenakan efeknya yang mampu meningkatkan nafsu makan dan dapat mengurangi risiko kram perut.

Mengontrol Keasaman Tubuh

Daun kemangi mampu menyeimbangkan tingkat Ph dan mengendalikan keasaman di dalam tubuh. Tingkat Ph yang normal sangat diperlukan untuk menjaga metabolisme dan fungsi beberapa hormon dan enzim. Selain itu, tingkat Ph yang normal juga sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat, karena bakteri baik yang ada dalam tubuh kita hanya bisa hidup pada tingkat Ph tertentu.

Efek Samping Daun Kemangi

  1. Pada beberapa orang, kontak dengan tanaman segar seperti kemangi dimungkinkan dapat menyebabkan dermatitis.
  2. Sebuah penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi daun kemangi secara berlebihan dapat mengakibatkan efek beracun karena potensi karsinogeniknya.
  3. Mengkonsumsi minyak esensial daun kemangi secara berlebihan dapat memberikan efek narkotika. Oleh karena itu, hal tersebut dapat mengakibatkan sakit kepala atau gejala yang tidak menyenangkan lainnya.

Demikian pembahasan mengenai manfaat daun kemangi yang jarang kita ketahui. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA