Manfaat Daun Gedi yang Jarang Diketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
daun-gedi
Daftar Topik

Manfaat Daun Gedi – Daun gedi merupakan salah satu tumbuhan yang paling populer di wilayah Sulawesi Utara, khususnya Bolaang Mongondow. Selain rasanya yang enak saat disantap, tanaman satu ini juga punya banyak kandungan gizi penting. Kali ini, Blog elevenia akan mengupas manfaat daun gedi secara lengkap.

Fakta Daun Gedi

daun-gedi

Daun gedi merupakan salah satu tanaman yang berasal dari keluarga Malvaceae dan genus Abelmoschus. Tanaman ini memiliki nama latin Abelmoschus manihot. Daun gedi memiliki banyak nama dalam berbagai bahasa, diantaranya lagikuway (Tagalog), Po fai (Thai), hwang chok kyu (Korea) hingga edible hibiscus (Inggris).

Sensasi rasa gurih yang dihasilkannya membuat tanaman ini seringkali ditambahkan ke menu bubur Manado. Selain itu, daun gedi juga biasa diolah dengan santan dan dijadikan sebagai sayur bersama dengan rebung atau ubi talas. Untuk mengobati penyakit, daun gedi biasa direbus atau diseduh langsung dengan air hangat.

Di Filipina, tanaman ini juga ditambahkan di beberapa sajian. Seperti sinigang, tinola, pinangat atau dimakan langsung sebagai salad.

Baca Juga: Berjuta Khasiat Buah Pepaya untuk Wajah

Manfaat Konsumsi Daun Gedi

manfaat-daun-gedi

Daun gedi kaya akan serat, vitamin A, B1, B2, B3, E, C dan zat besi yang baik untuk saluran pencernaan. Selain itu, terkandung juga beberapa mineral seperti Zinc, kalsium, kalium, hingga asam amino. Karenanya, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapat saat mengkonsumsi tanaman ini, diantaranya:

1. Pelindung organ hati

Salah satu penelitian membuktikan, bahwa tanaman ini berpontensi sebagai pelindung organ hati (hepaprotektor) yang baik untuk tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang tinggi pada daun gedi.

2. Mengatasi luka bakar

Daun gedi baik untuk mengobati berbagai luka bakar. Cara mengolahnya menjadi obat luka juga cukup mudah. Yaitu dengan menumbuk dan menjadikan daun gedi sebagai pembungkus luka yang sudah kering dan tertutup.

3. Melancarkan menstruasi

Sifatnya yang emenagogue (membantu melancarkan sirkulasi darah) membuat daun gedi baik untuk melancarkan menstruasi. Selain itu, daun gedi juga baik untuk kamu yang masih dalam masa nifas. Rebusan daun gedi dapat membantu mengeluarkan darah kotor dari tubuh.

4. Melancarkan percernaan

Untuk melancarkan pencernaan, daun gedi dapat menekan asam lambung. Dalam hal ini, biji gedi juga dapat dimanfaatkan. Yaitu sebagai pereda sakit perut, perut kembung, mual, dan muntah.

5. Pereda nyeri

Daun gedi bersifat analgestik yang dapat meredakan nyeri pada tubuh. Mengkonsumsi daun gedi dalam bentuk jus telah terbukti membantu untuk meredakan rasa sakit karena keseleo.

6. Membantu melawan kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun gedi dapat berfungsi sebagai obat anti-multiple myeloma. Sehingga daun gedi dapat membantu melawan kanker darah, kanker lambung serta kanker payudara.

7. Menurunkan kolesterol

Mengkonsumsi daun gedi secara rutin dapat memberikan efek hipolipidemik bagi kamu yang memilki kadar kolesterol tinggi. Hal ini karena kandungan senyawa flavonoid dan steroid yang ada di dalamnya.

Itu dia tadi ulasan tentang manfaat daun gedi. Semoga bermanfaat.

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP