Yuk, Kenali Sejuta Manfaat Buah Sukun Buat Tubuh!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
manfaat-sukun
Daftar Topik

Manfaat Buah Sukun – Bentuknya yang padat, cocok banget untuk mengganjal perut saat lapar. Rasanya yang lezat membuatnya cocok untuk dijadikan cemilan di berbagai suasana. Sukun (breadfruit) ternyata punya beragam manfaat yang baik untuk kesehatan.

Buah bulat satu ini dipercaya punya kandungan yang baik untuk tubuh. Kira-kira apa saja ya kandungan dan manfaat ajaibnya. Temukan jawaban lengkapnya di sajian artikel Blog elevenia satu ini.

Manfaat Buah Sukun yang Jarang Diketahui

manfaat-sukun

Buah satu ini bernama latin Artocarpus altilis dan berasal dari keluarga mullberry (Moraceae). Umumnya, sukun banyak ditemukan di wilayah tropis dan Pasifik Selatan. Untuk mengenal manfaat selengkapnya, yuk simak informasi di bawah ini!

1. Membantu Melawan Radikal Bebas

sukun-melawan-radikal-bebas

Siapa sangka, buah yang satu ini juga bisa menangkal radikal bebas, loh. Kandungan phelonic dan flavonoidnya baik untuk metabolisme tubuh.

Selain itu ada juga zat penting lain seperti xanthin dan juga lutein. Keduanya bisa menjagamu dari beragam radikal bebas yang ada di sekitar kita. Beragam antioksidan di dalamnya juga dapat mencegah berbagai macam peradangan.

2. Menjaga Kesehatan Mata

sukun-menjaga-kesehatan-mata

Sukun juga termasuk buah yang dapat menjaga kesehatan mata, loh. Di dalamnya, terdapat zat yang dipercaya dapat menjaga kesehatan mata, yaitu keratonoid. Fungsinya cukup penting bagi mata. Yaitu melindungi sel-sel mata dan juga mencegah gangguan pengelihatan pada pemula.

3. Mengurangi Resiko Diabetes

sukun-anti-diabetes

Buah ini juga memiliki kadar gula yang rendah, yaitu sekitar 26-60 saja. Hal ini lah yang membuatnya dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap di batas normal. Jadi, buat kamu yang ingin diet rendah gula, jangan lupa untuk memasukkan sukun ke dalam menu makanmu, ya.

Selain itu, sukun juga punya kandungan serat yang baik untuk jantung, loh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa serat dapat menurunkan kolesterol dan juga tekanan darah. Unik banget, ya.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

4. Mengurangi Nyeri Sendi

sukun-meredakan-nyeri-sendi

Sering mengalami sakit dan nyeri pada bagian sendi? Kamu bisa mencoba buat mengkonsumsi sukun secara rutin.  Di dalamnya, terdapat senyawa fenolik terprenilasi. Dalam ilmu kedokteran, zat ini dikenal sebagai pereda nyeri sendi.

Ada juga beberapa mineral yang terdapat di dalam sukun. Seperti zat besi, kalium dan juga mineral lainnya. Semua mineral ini bisa diandalkan sebagai zat yang melancarkan peredaran darah.

5. Membantu dalam Mencegah Penyakit

sukun-mencegah-penyakit

Vitamin C yang tinggi juga menjadikan sukun makin kaya manfaat nih. Di musim pancaroba, tubuh kita rawan terkena berbagai penyakit. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian, kamu dapat mengkonsumsi 200 gr sukun. Hal ini karena setiap 100 gr sukun mengandung 29 mg vitamin C yang setara dengan 48% dari kebutuhan harian.

6. Mengenyangkan Bagi Tubuh

olahan-sukun

Kandungan karbohidratnya yang tinggi menjadikan sukun sebagai makanan yang mengenyangkan. Karena itu lah sukun cocok banget untuk dijadikan cemilan pengganjal perut, nih. Buah satu ini cocok dijadikan untuk cemilan manis dan gurih, loh.

Untuk kamu yang suka sensasi asin, kamu bisa menggoreng sukun atau memanggangnya dengan tambahan bumbu rempah. Sedangkan buat versi manisnya, kamu bisa mengkreasikannya dengan gula merah yang lumer. Yummy!

Itu dia tadi manfaat buah sukun yang jarang diketahui oleh orang banyak. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua, ya.

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP