Manfaat Buah Naga Bagi Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

Buah naga merupakan salah satu jenis buah-buahan yang memiliki banyak sekali manfaat untuk ibu hamil. Hal tersebut telah dibuktikan dengan banyaknya hasil penelitian yang telah dilakukan. Sebagian wanita hamil merasa ragu bahkan takut untuk mengkonsumsi buah yang satu ini, padahal nutrisi yang terkandung dalam buah ini memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil dan juga janin yang berada dalam kandungannya. Berikut merupakan manfaat buah naga bagi ibu hamil dan janin yang perlu kamu ketahui.

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Membentuk Sel Darah Merah

Dalam buah naga terkandung 0,65 mg zat besi pada seitap 100 gramnya, kandungan zat besi tersebut berfungsi untuk membantu pembentukan sel darah merah sehingga dapat membantu mengurangi risiko terjadinya anemia pada wanita hamil. Pada saat sedang hamil, sel darah seorang wanita akan terbagi menjadi dua bagian yaitu untuk sang ibu sendiri mau pun untuk janin yang berada dalam kandungannya, sehingga wanita yang sedang hamil rentan mengalami penyakit anemia.

Sumber Energi

Terdapat 9-14 gram karbohidrat dalam setiap 100 gram buah naga yang dapat menjadi sumber energi bagi wanita yang sedang dalam masa kehamilan. Seorang wanita yang sedang dalam keadaan hamil dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat bagi tubuhnya sebanyak 135 gram sebagai salah satu sumber energi bagi tubuhnya mau pun bagi janin yang sedang dikandungnya.

Membantu Pertumbuhan Janin

Folat merupakan salah satu nutrisi yang terkandung dalam buah naga untuk membantu pertumbuhan janin. Kandungan folat tersebut sangatlah membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan janin yang berada dalam kandungan. Jika janin tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, maka risiko yang bisa terjadi adalah keguguran atau pun cacat.

Mengurangi Resiko Masalah BAB

Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang mengandung serat yang sangat baik bagi pencernaan. Wanita yang sedang hamil sangat rentan terkena masalah pencernaan, sehingga dengan mengkonsumsi buah naga dapat melancarkan pencernaan dan juga menyehatkan usus.

Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada buah naga sangatlah bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Hal tersebut dapat mengurangi terjadinya risiko terkena berbagai penyakit pada ibu hamil. Jika ibu hamil sudah tidak memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik, maka begitu pula yang terjadi pada sistem kekebalan tubuh janin yang sedang dikandung.

Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang mengandung kalsium yang dapat membantu pembentukan tulang dan gigi pada janin. Oleh karena itu, ibu hamil sangatlah dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ini agar tulang dan gigi janin tumbuh dengan baik.

Sebagai Penangkal Radikal Bebas

Buah naga merupakan buah yang mengandung antioksidan yang dapat membantu dalam menangkal radikal bebas yang sangat berbahaya bagi wanita hamil begitupun dengan janinnya karena dapat memberikan pengaruh buruk, terutama pada janin yang sedang dikandung. Hal ini dapat menyebabkan bayi tersebut lahir secara premature atau pun bahkan lahir dalam keadaan cacat.

Menyempurnakan Indera Penglihatan Pada Janin

Kandungan betakaroten yang terdapat pada buah naga dapat membantu menyempurnakan indera penglihatan pada janin yang sedang dikandung. Kandungan betakaroten ini lebih banyak terdapat pada buah naga yang berwarna merah.

Mengatasi Masalah Dehidrasi

Salah satu manfaat dari buah naga untuk ibu hamil adalah mengatasi dehidrasi. Hal tersebut dikarenakan kandungan air yang cukup tinggi pada buah ini. Selain itu, kebutuhan cairan tubuh selama proses kehamilan juga dapat dipenuhi oleh buah yang satu ini.

Mencegah Resiko Terkena Penyakit Tulang

Osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang sering mengintai para wanita hamil, karena pada masa kehamilan wanita akan membawa beban yang cukup berat yang dapat mengikis kesehatan tulangnya. Kalsium yang terkandung dalam buah naga dapat membantu untuk mencegah resiko terkena penyakit osteoporosis atau bahkan penyakit tulang lainnya bagi wanita hamil.

Mengurangi Resiko Bayi Lahir Premature

Sebagian besar bayi yang dilahirkan secara prematur disebabkan oleh kurangnya asupan folat selama berada dalam kandungan. Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang mengandung folat yang cukup tinggi, sehingga wanita hamil yang mengkonsumsinya akan dapat mengurangi resiko bayi lahir secara prematur.

Dapat Menyeimbangkan Metabolisme Sel

Keseimbangan sel pada ibu hamil dapat mempengaruhi keseimbangan kesehatan antara ibu hamil dengan janin yang sedang dikandungnya. Vitamin B1 yang terkandung dalam buah naga dapat membantu menyeimbangkan kesehatan ibu hamil dan janin.

Membentuk Sistem Syaraf Tulang Belakang Pada Janin

Kandungan folat yang terdapat pada buah naga dapat membantu membentuk sistem syaraf tulang belakang pada janin, sehingga janin tersebut dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya.

Menormalkan Tekanan Darah

Vitamin B yang terdapat pada buah naga bermanfaat untuk membantu menormalkan tekanan darah pada ibu hamil yang mengalami tekanan darah tinggi yang dapat membahayakan janin yang sedang dikandungnya.

Itulah beberapa manfaat buah naga bagi ibu hamil yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat. (elevenia)