Manfaat Buah Kelengkeng yang Sangat Luar Biasa Untuk Kesehatan Tubuh

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
ilustrasi-buah-lengkeng_20160209_164523[1]
Daftar Topik

Ukurannya yang kecil tidak membuat buah kelengkeng miskin akan manfaat. Buah yang satu ini bisa dibilang kecil-kecil cabe rawit karena memang khasiat yang terdapat dalam buah ini sungguh luar biasa untuk kesehatan tubuh. Terlebih buah yang satu ini sangat banyak penggemarnya, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Rasanya yang manis dan nikmat membuat siapa saja mudah jatuh cinta dengan buah ini. Buah yang sering disebut kembaran buah leci karena kemiripan bentuknya ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, apa saja manfaatnya? Simak ulasannya di bawah ini:

Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan Tubuh

Kaya akan Vitamin C

Buah imut yang satu ini ternyata mengandung banyak sekali vitamin C. dalam 3.5 ons, terdapat 84 ml vitamin C. Jumlah tersebut sudah mampu memenuhi 93 persen kebutuhan vitamin C harian seorang pria. Bahkan untuk wanita sudah lebih dari 100 persen kebutuhan hariannya. Luar bias bukan?

Memperkuat Tulang

Penelitian yang diterbitkan di tahun 2013 dalam “Maturitas” menyebutkan bahwa wanita yang sudah menopause kekurangan mineral seperti tembaga, maka secara signifikan akan lebih rentan berisiko terkena osteoporosis seiring dengan bertambahnya usia mereka. Idealnya, orang dewasa harus menenuhi sekitar 900 mikrogram tiap harinya.

Oleh sebab itulah, disarankan untuk para orang dewasa mengkonsumsi buah kelengkeng sekitar 3,5 ons perhari. Di mana, kandungan mineralnya sebesar 807 mikrogram. Artinya, mengkonsumsi buah lengkeng dapat memenuhi kebutuhan tempaga hampir 90 persen dari kebutuhan gizi per harinya.

Baik untuk Kesehatan Mata

Riboflavin adalah jenis vitamin yang penting dan bagian dari vitamin B kompleks. Setidaknya adalah sehari, seorang pria membutuhkan asupan riboflavin sekitar 1,3 mg tiap harinya. Sementara itu perempuan membutuhkan asupan sekitar 1,1 mg. Penelitian pada tahun 2005 menyebutkan bahwa tidak mengkonsumsi riboflavin dengan jumlah yang sudah disarankan akan memperbesar peluang gangguan mata, khususnya katarak. Sementara, jika kamu mengkonsumsi 3,5 ons buah kelengkeng per kering per harinya, dapat memenuhi kebutuhan asupan riboflavin kurang lebih 38 persen untuk pria dan untuk wanita sekitar 45 persen. Hal ini berdasarkan dari angka kecukupan gizi per harinya.

Manfaat untuk Kecantikan dan Performa Seksual

Konsumsi buah kelengkeng pun sangat baik untuk kesehatan kulit. Sebab, mengkonsumsi buah lengkeng membuat kulit lebih bersinar dan manis. Bahkan buah kelengkeng ini bisa dibilang sudah menjadi bagian dari masyarakat Tiongkok karena, sebagian dari masyarakatnya sudah secara rutin mengkonsumsi kelengkeng. Hal ini dilakukan tak hanya untuk kecantikan kulit saja, tapi juga bisa dimanfaatkan sebagai obat kuat supaya lebih tahan saat melakukan hubungan seksual. Buah kelengkeng pun sangat dianjurkan untuk wanita Tiongkok karena tak hanya membuat kulit mereka menjadi lebih cantik, tapi juga akan menambah kepuasan seksual mereka. Hal ini sudah menjadi tradisi yang diturunkan dari nenek moyang dari jaman dahulu kala, sekitar 2000 tahun lalu. Tentu saja fakta ini merupakan fakta nyata manfaat dari buah kelengkeng yang bisa kamu manfaatkan.

Membantu Program Diet

Buah kelengkeng punya kandungan lemak dan juga protein yang relatif rendah. Oleh sebab itu, kamu bisa menjadikan buah yang satu ini sebagai menu diet kamu. Dalam setengah cangkir lengkeng hanya terdapat 35 kalori. Hal ini membuat kelengkeng menjadi buah yang paling direkomendasikan bagi mereka yang tengah dalam program diet.

Sumber Energi

Meski kelengkeng mengandung lemak dan kalori relatif rendah, namun ternyata buah yang satu ini mengandung banyak sekali sumber energi untuk tubuh. Hal ini karena lengkeng mengandung karbohidrat kompleks. Dengan begitu, mengkonsumsi lengkeng secara rutin secara tidak langsung kamu sudah memenuhi kebutuhan energi kamu sehingga mampu meningkatkan stamina.

Menyembuhkan Luka

Siapa sangka jika buah kelengkeng dapat menyembuhkan luka lebih cepat? Kenapa bisa demikian? Ternyata hal ini lantaran buah kelengkeng mengandung pelifenol yang bisa membantu dalam mengangkat serangan radikal bebas yang terdapat dalam tubuh dan juga mampu mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh.

Mengurangi Stress

Manfaat lain dari buah kelengkeng adalah, mampu mengurangi stress yang kamu alami karena mengandung zat anti depresan. Oleh sebab itu, saat kamu mengkonsumsi buah lengkeng akan memberikan efek ketenangan saraf dan juga dapat mencegah ternyadinya rasa lelah yang berlebihan dan dapat terhindar dari masalah insomnia.

Itulah sejumlah manfaat yang bisa kamu dapatkan dari si kecil lengkeng. Meski berukuran kecil, ternyata kita mendapatkan banyak sekali manfaat dari buah yang satu ini. Dengan rasanya yang enak, tentu saja kelengkeng bisa menjadi obat yang baik untuk mencegah beragam penyakit. Semoga dengan informasi ini, kamu lebih sering mengkonsumsi lengkeng dan lebih peduli dengan kesehatan kamu. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP