Manfaat BPJS Ketenagakerjaan yang Bisa Kamu Nikmati

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Bagi kamu yang merupakan warga negara yang sudah aktif bekerja pasti sudah tidak asing dengan BPJS Ketenagakerjaan. Program jaminan yang berasal dari pemerintah ini dulunya dikenal dengan Jamsostek. Jaminan ini wajib diberikan kepada seluruh pekerja di Indonesia, baik itu Pekerja Penerima Upah (PU), atau pun Pekerja Bukan Penerima Upah (BPU). PU terdiri dari pekerja kantoran, sementara BPU adalah pekerja yang bukan kantoran seperti orang-orang yang bekerja dengan bekerja dengan berjualan online, pengusaha mandiri dan lainnya. Biasanya PU didaftarkan langsung oleh kantor sementara BPU menjadi tanggung jawab pribadi, alias harus mendaftarkan sendiri.

BPJS Ketenakerjaan memang pemberian perlindungan pada pekerja lewat 4 program. Program-programnya antara lain, Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Kematian (JKM).

Memiliki BPJS Ketenagakerjaan memang memiliki manfaat tersendiri. Manfaat ini dapat dirasakan oleh setiap anggota yang telah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Apa saja manfaatnya? Simak ulasannya di bawah ini.

Manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan yang Bisa Kamu Nikmati

Program Jaminan Kecelakaan Kerja

Program yang satu ini diperuntukkan khusus kepada mereka yang bekerja dengan resiko tinggi. Dengan adanya program yang satu ini diharapkan dapat membantu tenaga kerja yang mungkin saja mengalami hal yang tak terduga dan tak diinginkan selama bekerja, seperti kecelakaan atau bahkan kematian. Iuran untuk program ini sendiri biasanya dibayarkan oleh pihak pengusaha dengan langsung memotong gaji pegawai berdasarkan presentase tertentu.

Program Jaminan Pensiun

Program yang satu ini dihadirkan dalam rangka mempertahankan derajat kehidupan yang tetap layak, khususnya bagi peserta Penerima Upah (PU) dan/atau ahli waris dengan cara memberikan penghasilan usai pekerja memasuki masa pensiun, meninggal dunia atau mengalami cacat. Manfaat dari program PBJS Ketenagakerjaan yang satu ini adalah setiap pensiunan dapat menerima sejumlah uang yang akan dibayarkan tiap bulan pada peserta yang memasuki usia pensiun, atau mengalami cacat total. Jika peserta telah meninggal maka akan diberikan kepada ahli warisnya.

Program Jaminan Hari Tua

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, program jaminan ini akan diberikan pada tenaga kerja yang telah memasuki usia pensiun dan mau tidak mau harus berhenti kerja. Namun saat ini pencairan dana tak lagi hanya bisa diperoleh saat usia pensiun, namun bisa juga dicairkan saat tenaga kerja tersebut terkena PHK. Hal yang satu ini sengaja diterapkan mengingat belakangan ini sejumlah perusahaan mengalami masalah keuangan sehingga mau tidak mau harus mengorbankan beberapa karyawannya untuk di PHK.

Program Jaminan Kematian

Manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan yang terakhir adalah sebagai jaminan apabila tenaga kerja meninggal dunia. Prosedur yang terdapat dalam program ini, yaitu bila tenaga kerja meninggal, maka otomatis ahli waris yang akan menerima santunan tersebut, baik itu berupa uang pemakaman atau pun santunan uang. Dengan demikian, keluarga yang ditinggalkan oleh pekerja tak akan terlantar dan bisa terus melanjutkan kehidupan mereka.

Tak hanya memberikan perlindungan terhadap resiko tertentu saja, BPJS Ketenagakerjaan pun mengeluarkan sejumlah program yang didesain untuk lebih melengkapi produktivitas tenaga kerja. Bahkan belum lama ini BPJS Ketenagakerjaan telah meresmikan program KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Seperti apa program-program yang dimaksud tersebut? Simak ulasannya di bawah ini:

Program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan

Program JPK ini dihadirkan sebagai jaminan untuk para tenaga kerja agar bisa melayani sejumlah layanan kesehatan di klinik kesehatan, rumah sakit maupun sejumlah layanan kesehatan lainnya. Nantinya pihak tenaga kerja yang terdaftar di PBJS Ketenagakerjaan akan diberikan sebuah Kartu Pemeliharaan Kesehatan atau KPK yang bisa dipakai sebagai bukti bahwa peserta tersebut berhak memperoleh layanan kesehatan. untuk itu, kesehatan kamu terjamin dengan adanya manfaat BPJS Ketenagakerjaan yang satu ini.

Program KPR BPJS

Program yang satu ini merupakan program baru dari BPJS Ketenagakerjaan. Ini merupakan salah satu dari Manfaat Layanan Tambahan (MLT) yang telah diatur dalam Permenaker No 35 tahun 2016. KPR hadir untuk seluruh peserta yang telah terdaftar BPJS Ketenagakerjaan, baik itu Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) atau yang tidak termasuk ke dalamnya. Semua peserta BPJS Ketenagakerjaan yang memiliki minat untuk mengikuti program ini, cukup datang saja ke kantor bank penyalur yang telah melakukan kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan, dengan menyertakan diri sejumlah dokumen pengajuan permohonan kredit yang akan dibutuhkan.

Itulah sejumlah manfaat BPJS Ketenagakerjaan yang tentu saja akan sangat memudahkan untuk memenuhi sejumlah kebutuhan kamu. Dengan adanya program dari PBJS Ketenagakerjaan ini, hidup kamu akan lebih terjamin. Untuk itu, pastikan kamu sudah terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA