Manfaat Biji Durian yang Jarang Diketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Biji-durian[1]
Daftar Topik

Durian merupakan salah satu jenis buah-buahan yang digemari oleh banyak orang. Akan tetapi, ada banyak orang pula yang membenci buah yang satu ini. Sebagian besar orang yang menyukai buah ini karena rasanya yang sangat enak dan legit hingga membuat orang memakannya ketagihan. Sedangkan bagi sebagian orang yang tidak menyukai durian beralasan bahwa bau dari buah yang satu ini sangatlah menyengat dan membuat mual, sehingga banyak pula orang yang anti pada buah tersebut. Buah ini banyak ditemukan di daratan benua Asia Selatan dan tenggara seperti di Indonesia dan di Thailand.

Selain buahnya yang mengandung banyak gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, ternyata biji dari buah ini juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Manfaat dari biji durian ini ternyata cukup baik bagi kesehatan dan keperluan jenis makanan lainnya. Berikut ini beberapa manfaat biji durian yang jarang kita ketahui.

Manfaat Biji Durian yang Jarang Diketahui

Sebagai regenerasi pohon durian

Durian merupakan salah satu jenis pohon yang tumbuh dari bijinya. Setelah kamu puas memakan buah durian, kamu bisa memanfaatkan beberapa biji durian tersebut untuk ditanam. Meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama, akan tetapi jika sudah tumbuh besar, maka pohon durian ini akan memiliki manfaat terutama bagi vegetasi dan lingkungan di sekitar tempat tumbuhnya pohon durian.

Sebagai camilan

Sudahkah kamu mencoba memakan camilan biji durian yang direbus? Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan biji nangka yang direbus. Akan tetapi, ternyata biji durian juga dapat diolah menjadi biji durian rebus seperti biji nangka. Tekstur dari biji durian ini hampir mirip dengan biji nangka, dengan rasa yang gurih dan lezat serta terasa sedikit manis. Biji durian rebus ini kadang sengaja dijual dan diolah oleh restoran dan rumah makan yang menyajikan berbagai macam menu durian.

Keripik biji durian

Manfaat biji durian yang lainnya adalah diolah menjadi keripik. Bagi kamu yang tidak menyukai biji durian yang direbus, kamu bisa mencoba olahan lainnya yaitu keripik biji durian. Cara untuk membuatnya yaitu, biji durian yang telah dicuci bersih lalu dipotong-potong dan diolah sedemikian rupa hingga menjadi keripik durian dengan rasa yang lezat. Keripik ini biasanya dijual di pusat oleh-oleh dari daerah penghasil durian yang paling besar.

Sebagai sumber energi dan tenaga

Selain dagingnya, ternyata biji buah durian juga dapat menjadi salah satu sumber energi bagi tubuh kita. Karena, dalam biji buah durian terdapat kandungan sari pati yang cukup tinggi yang mampu menyuplai kebutuhan energy yang diperlukan oleh tubuh.

Pembuatan tepung biji durian

Manfaat selanjutnya dari biji buah durian adalah dapat dimanfaatkan sebagai tepung. Biji durian yang telah dikeringkan dapat digiling sampai halus dan dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai tepung. Tepung biji durian bisa kamu gunakan untuk menggantikan tepung terigu yang biasanya digunakan sebagai bahan makanan.

Baik untuk kesehatan tulang dan gigi

Setelah menjalani serangkaian penelitian, ternyata buah durian mengandung banyak fosfor dan kalsium yang sangat penting untuk kesehatan tulang kamu. fosfor dan kalsium merupakan dua zat yang sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan tulang kita, seperti:

  • Membantu menjaga kesehatan tulang
  • Memperkuat struktur tulang
  • Menjaga kesehatan dan kekuatan gigi
  • Mencegah terjadinya osteoporosis
  • Memiliki kandungan protein

Selain kandungan fosfor dan kalsium, ternyata biji durian juga memiliki kandungan protein. Meskipun kandungan proteinnya tidak banyak, akan tetapi kandungan protein ini dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan tubuh terhadap protein. Berikut ini merupakan manfaat protein bagi tubuh:

  • Membantu mengikat lemak
  • Menguatkan otot
  • Memberikan energy bagi tubuh
  • Menjaga daya tahan tubuh
  • Sebagai campuran dari obat yang berbentuk tablet

Campuran pada kolak durian

Salah satu olahan yang sering kita jumpai di bulan Ramadhan adalah kolak. Nah ternyata biji durian juga bisa kita manfaatkan untuk membuat kolak lho. Kolak ini hampir sama dengan kolak pisang, akan tetapi pada kolak ini menggunakan daging durian sebagai bahan dasar pembuatannya. Biasanya biji buah durian yang sudah matang dan bisa untuk dimakan juga ikut dimasukkan dalam kolak tersebut sebagai salah satu bahan campuran.

Walaupun biji durian dapat diolah dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh, jangan pernah sekali-kali kamu mencoba untuk memakannya dalam kondisi masih mentah. Hal tersebut dikarenakan dalam biji durian yang masih mentah mengandung asam lemak siklopropena yang memiliki sifat racun dan akan sangat membahayakan bagi tubuh jika kita mengkonsumsinya. Oleh karena itu, sebelum mengkonsumsi biji buah durian sebaiknya kamu memasaknya terlebih dahulu agar biji durian tersebut aman untuk dimakan.

Itulah beberapa manfaat biji buah durian yang perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA