Manfaat Beras Hitam Bagi Kesehatan yang Harus Kamu Tahu

Sekarang ini telah banyak tempat perbelanjaan bahan makanan yang telah menjual berbagai jenis produk beras hitam. Meskipun beras hitam sangat jarang digunakan oleh masyarakat bahkan termasuk makanan yang langka jika dibandingkan dengan beras-beras yang lainnya, akan tetapi sebagian besar masyarakat lebih memilih untuk mengkonsumsi beras hitam sebagai makanan pokok dalam kehidupan sehari-hari mereka. Bahkan, sudah banyak negara-negara barat yang mengkonsumsi beras hitam ini. Di wilayah Asia, yang lebih banyak menggunakan beras hitam adalah masyarakat China yang diawali sejak ribuan tahun lalu.

Sebenarnya beras hitam berasal dari keluarga yang sama dari varietas beras lainnya seperti beras putih, beras merah, dan varietas beras lainnya. Akan tetapi menurut para pakar kesehatan yang didukung oleh berbagai hasil penelitian telah menyatakan bahwa beras hitam memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan varietas beras lainnya, terutama dari segi kandungan nutrisinya.

Manfaat Beras Hitam Bagi Kesehatan

Sebagai Antioksidan yang Efektif

Beras hitam merupakan salah satu jenis beras yang berwarna hitam atau bahkan ungu. Hal inilah yang menjadi tanda bahwa beras hitam mengandung antioksidan yang tinggi. Dalam beras hitam, terkandung antosianin antioksidan yang sangat tinggi. Bahkan kandungan dari nutrisi tersebut lebih tinggi daripada biji-bijian lainnya seperti beras merah atau pun jenis gandum berwarna yang lainnya.

Berbagai penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kandungan nutrisi antosianin antioksidan yang ada pada beras merah bermanfaat untuk:

  • meningkatkan fungsi otak
  • menurunkan resiko penyakit kardiovaskular
  • mengurangi terjadinya peradangan
  • melindungi tubuh dari serangan kanker yang disebabkan oleh radikal bebas

Selain antosianin yang tidak dimiliki oleh varietas beras lainnya, beras hitam juga mengandung antioksidan lain seperti vitamin E yang berguna untuk :

  • Meningkatkan imunitas
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Menjaga kesehatan mata

Pewarna Alami pada Makanan

Beras hitam dapat kita jadikan sebagai salah satu alternatif pewarna alami untuk makanan agar lebih terjamin kesehatannya. Warna-warna alami yang dihasilkan dari beras hitam menjadi salah satu alternatif yang lebih sehat dibandingkan dengan pewarna makanan buatan yang berisiko tinggi bagi kesehatan maupun kemampuan fisiologis seseorang.

Pigmen yang dihasilkan dari ekstrak beras hitam dapat menghasilkan berbagai macam warna. Warna yang dihasilkan diantaranya adalah hitam hingga merah muda. Kamu bisa mengolahnya sendiri dengan menggiling biji kering beras hitam dengan menggunakan gilingan kopi, kemudian tambahkan pada makanan yang kamu inginkan untuk menambah rasa dan warna pada makanan tersebut.

Pelindung bagi Kesehatan Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu pembunuh terbesar yang paling ditakuti oleh manusia. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengkonsumsi makanan yang dapat menjaga kesehatan jantung. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi beras hitam karena di dalamnya terkandung antioksidan yang dapat menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh.

Dengan demikian, mengkonsumsi beras hitam dapat membantu mengurangi pembentukan plak berbahaya dalam arteri yang dapat membantu menjaga arteri agar tetap sehat, sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Membantu Proses Detoksifikasi Tubuh

Seperti yang telah kita ketahui bahwa kandungan antioksidan yang terdapat pada beras hitam sangatlah tinggi. Kandungan antioksidan tersebut dapat membantu mengurangi peradangan dan membersihkan zat berbahaya yang ada di dalam tubuh yang dapat menyebabkan timbulnya berbagai jenis penyakit.

Sebuah penelitian yang menggunakan kelinci sebagai objeknya, menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi beras hitam dapat menurunkan persentasi stress oksidatif atau kerusakan organ tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas. Proses detoksifikasi yang dilakukan ini dapat membantu membersihkan darah, organ hati maupun darah arteri dari timbulnya plak.

Membangun Sistem Pencernaan yang Sehat

Kandungan serat yang terdapat dalam beras hitam berguna untuk membantu proses penciptaan kondisi sistem pencernaan dalam tubuh agar selalu sehat, yaitu dengan cara mengikat sisa-sisa limbah dan racun yang ada di dalam saluran pencernaan. Kemudian, serat tersebut akan membantu dalam proses pengeluaran limbah dan racun yang ada di dalam tubuh. Intinya, serat yang terkandung dalam beras hitam dapat membantu menjaga kesehatan usus.

Mencegah Obesitas (Kegemukan)

Mengkonsumsi beras hitam pada saat sedang menjalani program penurunan berat badan akan dapat membantu kamu untuk merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Sehingga, bisa dikatakan bahwa beras ini dapat membantu dalam program tersebut. Seperti yang kita tahu bahwa serat yang terkandung dalam beras hitam mampu membersihkan tubuh dari berbagi jenis racun dan penyakit yang ada di dalam tubuh dengan cara menghilangkan limbah dan racun yang bersarang di dalam tubuh kita. Dengan demikian, tubuh kita akan terlindungi dari berbagai ancaman kesehatan seperti obesitas, penyakit jantung dan gangguan sistem pencernaan lainnya.

Demikian pembahasan mengenai manfaat beras hitam bagi kesehatan yang harus kamu tahu. Semoga bermanfaat. (elevenia)