Makanan yang Mengandung Karbohidrat Terbaik untuk Kamu yang Lagi Diet

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Karbohidrat merupakan sumber energy bagi tubuh. Dengan karbohidrat yang cukup, kita bisa beraktifitas sehari-hari dengan lancar tanpa merasa lemas. Namun bila kamu tengah diet, tentu saja tetap harus memenuhi kebutuhan karbohidratmu. Tapi dengan sumber karbohidrat yang tidak sembarangan. Dengan begitu kamu tetap bisa lancar melakukan aktifitas tanpa membatalkan program dietmu.

Lalu, sumber karbohidrat yang mana saja yang boleh dikonsumsi saat program diet?

Asupan karbohidrat ke dalam tubuh sangat berpengaruh pada diet kamu. Bila kamu memilih sumber karbohidrat yang tepat, program dietmu akan lancar. Namun jika sebaliknya, kamu akan kesulitan menurunkan berat badan.

Karbohidrat yang memiliki seret tinggi atau dikenal dengan karbohidrat kompleks bisa bertahan dalam tubuh lebih lama. Hal ini karena mereka cukup sulit untuk dicerna tubuh. Dengan begitu, kamu akan merasa kenyang lebih lama sehingga asupan makanan menjadi berkurang.

Serat yang terdapat dalam karbohidrat pun bisa membantu kamu dalam menurunkan kadar kolesterol. Hal ini karena serat bisa mengikat kolesterol darah yang akan dibuat bersama feses. Serat ini pun dapat membantu kamu terhindar dari sembelit, hemoroid, dan lainnya. Luar biasa bukan? Agar tidak salah pilih, berikut ini makanan yang mengandung karbohidrat yang baik di konsumsi saat diet.

Makanan yang Mengandung Karbohidrat Ramah Diet

Kentang

Kentang adalah salah satu dari sumber karbohidrat yang mudah dijumpai. Mungkin kamu pun sering mengonsumsi makanan yang satu ini. Bahkan sering kali dijumpai ketang dijadikan lauk pauk, padahal sebenarnya kentang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. Untuk kamu yang tengah diet, mungkin bisa mengganti nasi dengan kentang.

Dalam kentang terkandung pati resisten atau pati yang tidak dapat dicerna oleh tuh, sehingga dapat membantu kamu dalam menurunkan berat badan. Akan lebih baik lagi jika kamu memakan kentang bersama dengan kulitnya. Hal ini karena di dalam kulit kentang terkandung banyak sekali serat yang memiliki banyak manfaat. Tak hanya itu, kentang pun kaya akan vitamin C dan kalium.

Usahakan saat pengolahannya tidak digoreng, karena ini akan menambah asupan lemak ke dalam tubuh dan membuat berat badan kamu naik. Akan lebih baik jika kamu mengolah kentang dengan cara di kukus atau direbus.

Beras merah

Seperti halnya kentang, beras merah pun mengandung serat yang tinggi, bahkan lebih tinggi dibanding dengan beras putih. Bila kamu tidak bisa lepas dari nasi, mungkin bisa mencoba nasi merah ini. Nasi merah dijamin membuat dietmu berhasil.

Tak hanya utnuk menurunkan berat badan, nasi merah pun bisa dikonsumsi untuk para penderita diabetes. Kandungan serat yang tinggi dalam nasi merah bisa membantu kamu mengontrol gula darah.

Pasta Gandum

Pasta gandum mengandung banyak sekali serat dibandingkan dengan pasta putih. Saking tingginya, kandungan serat dalam pasta gandung bisa mencapai tiga kali lipat dibanding dengan pasta putih. Bila kamu tengah dalam program diet, akan lebih baik untuk memilih pasta gandum dibanding pasta putih. Kandungan serat yang tiga kali lipat tersebut akan membuat kamu kenyang lebih lama sehingga bisa makan lebih sedikit dibanding biasanya.

Roti gandum

Tidak jauh dari pasta gandum, roti gandum pun memiliki serat yang lebih tinggi dibanding dengan roti putih. Untuk itu, roti gandum lebih direkomendasikan untuk dikonsumsi terutama bagi yang tengah menjalani program diet. Roti gandum mengandung serat sekitar 7 gr, sementara roti putih hanya 2,7 gr saja jika dilihat dari 100 gr roti.

Oatmeal

Oatmeal bisa dijadikan sebagai menu makanan kamu saat dalam program diet Hal ini karena serat dalam oatmeal bisa membantu kamu kenyang lebih lama, membantu dalam menurunkan kolesterol dalam darah sampai mengontrol kadar gula dalam darah. Tapi biasanya, kamu memakan oatmeal ditemani dengan makanan lain. Untuk itu, perhatian juga makanan lain yang mendampingi oatmeal kamu. Jangan sampai makanan tersebut mengandung banyak juga dan lemak jenuh.

Quinoa

Makanan ini mungkin kurang familiar di telinga kamu. Tapi kamu harus tahu ternyata quinoa menyimpan manfaat yang sangat baik. Quinoa mengandung serat tinggi bahkan lebih tinggi dibandingkan biji-bijian lain. Nah, sehingga quinoa ini bisa menjadi sumber karbohidrat lain untuk kamu yang tengah dalam masa penurunan berat badan.

Buah-buahan

Buah-buahan adalah salah satu sumber karbohindrat yang dapat membantu kamu yang tengah dalam program diet. Gula alami bisa kamu dapatkan dalam buah-buahan. Nah, gula alami ini bisa menjadi energy yang baik bagi tubuh. Pilihlah buah-buahan yang kaya akan serat sehingga kamu bisa kenyang lebih lama, seperti apel, pir, raspberry dan pisang.

Itulah sejumlah makanan yang mengandung karbohidrat untuk kamu yang tengah dalam program diet. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA