Makanan yang Mengandung Kalsium untuk Kesehatan Tulang

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Pentingnya Menjaga Kesehatan Tulang
Daftar Topik

Makanan yang Mengandung Kalsium – Setiap orang pastinya membutuhkan asupan kalsium yang banyak karena penting untuk kesehatan tulang. Fungsi kalsium dalam tubuh yaitu untuk kekuatan dan pertumbuhan tulang. Bahkan, kalsium di dalam tubuh juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan otot, jantung dan saraf tubuh. Dengan fungsi yang sedemikian rupa, setidaknya asupan kalsium dalam sehari minimal 1.000 mg.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda bisa mendapatkannya pada beberapa makanan tertentu yang saat ini tersedia. Penasaran apa saja makanan yang mengandung kalsium untuk kesehatan tulang? Anda bisa mendapatkannya pada sayuran hijau, kacang-kacangan dan lain sebagainya. Nah, untuk lebih jelasnya apa saja simak ulasannya berikut ini.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Tulang

Pentingnya Menjaga Kesehatan Tulang

Tulang merupakan salah 1 alat gerak pada tubuh. Dengan fungsi yang sangat penting tersebut, sehingga tak heran jika menjaga kesehatan tulang sangatlah penting. Sebenarnya mudah sekali untuk menjaga kesehatan tulang, selain melakukan olahraga yang cukup juga bisa mengkonsumsi beberapa makanan yang banyak mengandung kalsium. seperti yang telah kita ketahui bahwasanya kalsium mampu menjaga kesehatan tulang. Ada banyak jenis makanan yang mengandung kalsium untuk dikonsumsi. Bahkan, makanan-makanan tersebut sangatlah mudah ditemukan.

Makanan yang Mengandung Kalsium

1. Biji-bijian

Perbanyak Kacang dan Biji-bijian untuk Sarapan Bisa Cegah Serangan Jantung

Biji-bijian yang memiliki ukuran kecil ini merupakan makanan yang mengandung banyak kalsium. Dari sekian banyak jenis biji-bijian ada beberapa yang memang mengandung kalsium tinggi seperti wijen, seledri, biji Poppy dan chia. Perlu diketahui bahwa 9 gram atau 1 sendok biji Poppy mengandung 126 mg kalsium. Selain mengandung banyak kalsium, biji-bijian juga bisa menghasilkan lemak sehat dan protein. Sedangkan ada kandungan kalsium sebesar 9% dari biji wijen. Selain kalsium, biji wijen juga mengandung tembaga dan zat besi.

2. Keju

Tinggi Kalsium, Ini 3 Jenis Keju yang Paling Baik untuk Kesehatan - Cantik Tempo.co

Selain memiliki rasa yang enak, ternyata keju juga mengandung banyak kalsium untuk  kesehatan. Jika Anda ingin mengkonsumsi keju dengan kandungan kalsium yang sangat tinggi, keju parmesa menjadi rekomendasi terbaiknya, karena mengandung 331 mg. Bagi orang-orang yang intoleran terhadap laktosa, disarankan untuk mengkonsumsi keju yang lebih keras, karena memiliki laktosa yang lebih rendah. Konsumsi sesuai kebutuhan nutrisi harian, mengingat kandungan lemak dan kalori dalam keju juga tinggi.

Baca Juga: 5 Merk Vitamin Tulang yang Bagus

3. Yogurt

Homemade Greek Yogurt | Food for My Family

Yogurt merupakan makanan yang mengandung kalsium tinggi serta kaya akan bakteri probiotik, sehingga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Bahkan jika sehari Anda mengkonsumsi 245 gram yoghurt atau 1 mangkuk, nutrisi yang anda dapatkan di antaranya 30% RDI kalsium, kalium, fosfor dan vitamin B2 serta B12. Dengan mengkonsumsi yoghurt sesuai dengan kebutuhan bisa meningkatkan sistem metabolisme. Bahkan dalam satu studi orang yang mengkonsumsi yogurt secara rutin bisa mengurangi resiko penyakit dengan metabolisme rendah seperti penyakit jantung atau diabetes.

4. Kacang-kacangan dan Lentil

Ini 7 Jenis Kacang Bergizi Tinggi dan Mudah Ditemukan di Indonesia | BukaReview

Kacang-kacangan tidak hanya mengandung kalsium, tetapi juga mengandung protein, serat, dan zat mikronutrisi. Bahkan, kacang-kacangan juga kaya akan magnesium, kalium, seng, folat, dan zat besi. Bahkan tak jarang orang orang mengkonsumsi kacang sebagai salah satu cara untuk diet. Karena jika anda mengkonsumsi kacang secara rutin bisa membantu menurunkan kadar kolesterol yang buruk untuk kesehatan tubuh.

5. Makanan yang Mengandung Kalsium Juga pada Almond

Almonds Really Are That Good for You

Makanan yang mengandung kalsium untuk kesehatan tulang yang selanjutnya yaitu almond. Almond juga termasuk salah satu jenis kacang-kacangan yang kaya akan kalsium, bahkan dalam satu ons mengandung kalsium sebanyak 8%.Selain kaya akan kalsium almond juga menjadi sumber magnesium, vitamin E dan mangan. Manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengkonsumsi almond yang cukup dalam sehari-hari yaitu bisa menurunkan lemak tubuh tekanan darah serta mengurangi faktor resiko penyakit dengan metabolisme rendah.

6. Sayuran Hijau

Ragam Sayuran Hijau yang Wajib Tersaji di Meja Makan | JYB MEDIA

Sayuran memang sangat bagus untuk tubuh, terutama sayuran hijau yang mengandung banyak kalsium. Selain kaya akan kalsium, sayuran hijau juga kaya akan mineral. Adapun sayuran hijau yang bisa dikonsumsi diantaranya bayam, sawi hijau dan kangkung. Bahkan, untuk mendapatkan 266 mg kalsium, Anda bisa mengkonsumsi 190 gram sawi hijau.

7. Susu

Susu Sapi Vs Susu Kambing, Mana Lebih Sehat? Halaman all - Kompas.com

Susu dengan rasa enak ini juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Yang mana hanya dengan mengkonsumsi satu gelas susu, Anda bisa mendapatkan 276-352 kalsium. Tak hanya kalsium yang terkandung dalam susu. Tetapi juga mengandung banyak vitamin A, vitamin D serta kaya protein.

Agar kebutuhan kalsium dalam tubuh bisa terpenuhi, konsumsi makanan yang mengandung kalsium untuk kesehatan tulang tersebut secara rutin. Semua jenis makanan tersebut mudah sekali untuk Anda temukan. Bahkan, untuk hidup sehat Anda tidak harus mengeluarkan banyak uang. Selain untuk kesehatan tulang, kalsium juga berfungsi untuk memperkuat gigi, menjaga jantung supaya tetap berfungsi normal, dan membantu menjaga struktur rangka tubuh. Semoga ulasan diatas dapat membantu anda yang sedang mencari makanan berkalsium tinggi.

7 Alat Pernapasan Pada Hewan Beserta Penjelasannya

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP