BB Rendah? Konsumsi Daftar Makanan Tinggi Kalori Ini!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
makanan-tinggi-kalori
Daftar Topik

Makanan Tinggi Kalori – Kalori merupakan salah satu asupan yang dibutuhkan untuk menyeimbangkan tubuh. Bagi banyak orang dengan penyakit dan kondisi khusus, zat ini biasanya dihindari. Namun tidak buat kamu yang merasa kekurangan berat badan. Kalori sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin agar dapat menambah berat badan secara optimal. Simak artikel versi Blog elevenia berikut ini.

Daftar Makanan Tinggi Kalori

Berikut daftar makanan sumber berkalori tinggi yang bisa kamu pilih sebagai sumber nutrisimu:

1. Nasi

nasi

Sumber karbohidrat yang satu ini seringkali dijadikan sebagai makanan pokok masyarakat Asia. Kandungan karbohidratnya sangat baik untuk menambah tenaga. Tak hanya itu, kandungan kalorinya yang tinggi sangat baik buat kamu yang ingin menambah berat badan. Agar lebih maksimal, kamu juga dapat menambahkan porsi nasi yang kamu konsumsi setiap harinya.

2. Ubi Jalar

ubi-jalar

Jenis ubi yang satu ini populer karena rasa manisnya. Kandungan karbohidratnya yang tinggi membuat kamu akan cepat kenyang. Makanan ini sangat cocok untuk kamu yang bosan makan nasi putih. Selain itu, ubi jalar juga sangat mudah untuk diolah dan dikreasikan. Mulai dari digoreng, direbus, dipanggang hingga dibakar.

3. Kacang-kacangan

kacang-kacangan

Selain kandungan lemaknya yang baik, kacang-kacangan juga kaya akan protein dan kalori yang tinggi. Kamu cukup mengkonsumsi segenggam kacang-kacangan setiap harinya untuk menaikkan berat badanmu. Oh iya, kamu juga bisa memilih jenis kacang yang kamu konsumsi. Mulai dari kacang tanah, kacang mete, kacang kedelai, kacang kenari, hingga kacang almond. Selain itu kamu juga bisa menjadikannya sebagai tambahan untuk makanan lain.

4. Daging merah

daging-merah

Untuk kamu yang butuh sumber kalori hewani tambahan, daging merah bisa menjadi pilihan. Kandungan leusinnya mampu merangsang sintesis protein dan membentuk otot tanpa lemak. Untuk pilihannya, daging merah punya beragam jenis. Seperti daging sapi, kambing, hingga bebek.

5. Buah kering

buah kering

Biasanya, buah kering sering menjadi tambahan dalam membuat sereal, kue, oatmeal bahkan nasi biryani. Namun siapa sangka, makanan ini punya kandungan kalori yang cukup tinggi. Selain itu terdapat juga kandungan lain seperti antioksidan, vitaminn dan mineral. Untuk kandungan gulanya, kamu gak perlu khawatir karena gula kering mengandung gula alami. Sangat baik untuk menaikkan berat badan.

6. Alpukat

alpukat

Si hijau ini seringkali jadi favorit banyak orang saat memilih jus. Kandungan kalorinya yang padat dapat membantumu untuk menambah berat badan dengan mudah. Faktanya 1 buah alpukat besar mengandung hingga 322 kalori. Dalam mengkonsumsinya, kamu bisa memakannya langsung, membuat jus sampai menolahnya menjadi guacamole.

7. Kurma

kurma

Si kecil ini juga punya kandungan kalori yang cukup tinggi loh. Satu buahnya saja bisa mengandung 23 kKal. Selain baik untuk penambah energi di bulan Ramadhan, kalorinya juga baik untuk menambah BB. Namun jangan lupa juga untuk membatasi konsumsi buah ini dalam jumlah yang banyak, ya.

Baca Juga: 5 Jenis Makanan Penambah Daya Ingat

8. Dark Chocolate

dark-chocolate

Kalau jenis coklat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menambah berat badan. Selain manis, kandungan kalori dan lemaknya juga tinggi. Namun sebaiknya kami memilih dark chocolate yang punya kandungan kakao 70% agar lebih optimal.

9. Olahan Susu

olahan-susu

Sejak dulu kala, susu banyak dipilih menjadi sumber energi tambahan. Adanya kandungan kalori dan lemaknya yang padat sangat baik untuk tubuh. Begitu juga dengan berbagai olahannya. Seperti keju dan mentega. Karenanya olahan susu wajib kamu tambahkan dalam daftar asupan. Khususnya untuk kamu yang mau meningkatkan berat badan.

10. Salmon

salmon

Ikan berdaging oranye ini lazim ditemui di berbagai sajian Jepang. Siapa sangka, salmon ternyata punya kandungan kalori yang tinggi loh. Pasalnya, 6 ons salmon dapat mengandung jumlah kalori sebanyak 400 kKal. Untuk itu, sebaiknya tetap batasi jumlah konsumsi salmon agar tidak kelebihan kalori.

11. Minyak nabati

minyak-nabati

Zat minyak terkenal dengan kandungan lemak dan kalorinya yang tinggi. Untuk kamu yang ingin menambah berat badan, kamu dapat menggunakan berbagai jenis minyak nabati untuk memasak ataupun tambahan untuk salad. Di Indonesia, ada beberapa jenis minnyak nabati yang mudah untuk ditemui. Seperti minyak kelapa, minyak sayur, minyak zaitun dan minyak wijen.

12. Kentang

kentang

Tak kalah dengan kerabatnya ubi jalar, kentang juga dikenal sebagai sumber karbohidrat yang baik. Sehingga punya kandungan kalori yang efektif untuk menaikkan berat badanmu. Cara mengolahnya pun cukup mudah. Kamu bisa menggorengnya ataupun mengolahnya menjadi mashed potato. Psst, kandungan susu pada mashed potato juga ampuh untuk menaikkan berat badanmu, loh!

13. Cereal bar

cereal-bar

Selain rasanya yang enak, cereal bar banyak dipilih banyak orang yang menjalani diet. Bukan hanya untuk menguruskan badan, cemilan ini juga bisa menaikkan berat badan loh. Bagaimana tidak, sumber kalori dalam cereal bar sangat beragam. Mulai dari biji-bijian, kacang-kacangan, hingga buah-buahan kering.

14. Roti-rotian

roti

Seperti sumber karbohidrat lain, berbagai jenis roti juga memiliki kandungan kalori yang tinggi. Sepotong roti tawar putih punya kandungan kalori sebesar 120 kKal. Kalau kamu bosan dengan roti tawar putih, kamu juga boleh banget untuk menggantinya dengan jenis roti lain.

15. Pisang

pisang

Untuk kamu yang sedang kurang fit, biasanya buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Kandungan vitamin, serat, mineral hingga folatnya sangat baik untuk tubuh. Selain itu, kalori yang tinggi juga dapat menambah energimu saat belolahraga loh. Satu buah pisang ukuran sedang punya kandungan kalori hingga 105 kKal. Tentunya sangat baik untuk meningkatkan berat badanmu.

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP