Makanan Penambah Trombosit yang Ampuh dan Mudah Didapatkan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
2101468kurma780x390-768x384[1]
Daftar Topik

Trombosit adalah salah satu di antara komponen yang terdapat dalam darah. Trombosit ini sangat penting bagi tubuh manusia, tidak heran jika kadar trombosit harus diusakan selalu normal untuk kelangsungan hidup seseorang. Sebab, hal ini akan berkaitan erat dengan penyembuhan luka dan lainnya. Jika dilihat dari peran, maka trombosit memiliki peran yang penting karena dapat membantu pembentukan benang fibrin dan juga mencegah pendarahan saat terjadi luka atau pun semacamnya dengan darah yang keluar sangat banyak.

Jika seseorang kekurangan trombosit maka akan menimbulkan masalah kesehatan dan pastinya dapat berpengaruh pada sistem metabolisme tubuh. Untuk itu, kestabilan trombosit dalam tubuh manusia itu sangat penting dan harus dipertahankan. Jika disebutkan, maka seseorang yang kekurangan trombosit tubuhnya akan lemah atau trombositopenia. Ada sejumlah masalah yang akan diakibatkan oleh kondisi tersebut, misalnya sulit melakukan koordinasi atau menyeimbangkan imunitas, utamanya saat tubuh dalam keadaan sakit atau pun terluka. Sebab, seperti yang sudah disebutkan di atas, trombosit atau keeping darah sangat penting dalam proses fibrinogen atau dalam penyembuhan luka dengan cara menyumbat darah agar tidak terjadi pendarahan hebat.

Kurangnya trombosit di dalam darah seseorang juga dapat disebabkan oleh bebarapa hal, misalnya kelainan genetic, virus demam berdarah, efek samping obat, kehamilan, pengaruh alkohol dan lainnya. Organ lainnya akan terpengaruh langsung karena kondisi tersebut sehingga sangat perlu untuk diantisipasi dengan cara meningkatkan kadar trombosit di dalam darah. Bila trombosit dalam darahmu rendah, maka kamu bisa mengkonsumsi sejumlah makanan ini untuk mengatasinya:

Buah Naga

Buah naga punya banyak sekali manfaat yang baik bagi kesehatan kamu. Sejumlah pakar kesehatan bahkan sudah mengklaim bahwa buah naga dapat digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit, termusuk golongan penyakit kronis sekalipun. Hal ini berdasarkan hasil dari pelitian yang menyebutkan bahwa buah naga dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam darah dalam tingkat yang rendah sekalipun.

Kurma

Kurma akan sangat familiar dan mudah ditemukan di Indonesia, terutama saat bulan puasa tiba. Buah yang satu ini memiliki manfaat sangat banyak untuk tubuh, utamanya dalam hal pembentukan energi. Tidak heran jika kurma dianjurkan di konsumsi saat berbuka puasa. Tidak hanya itu, buah kurma juga ternyata dapat meningkatkan kadar trombosit yang rendah akibat dari kondisi tubuh yang sedang sakit.

Bayam Merah

Bayam merah memang terkenal akan manfaatnya yang sangat banyak untuk kesehatan, terutama untuk kesehatan darah. Hal ini tentu termasuk pada peningkatan kadar trombosit di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi bayam merah dapat meningkatkan zat besi dan juga dapat menaikkan kadar trombosit dengan cukup cepat. Sebenarnya, baik itu bayam hijau dan bayam merasam sama saja bermanfaat untuk meningkatkan trombosit, dan juga melancarkan aliran darah. Hanya saja, bayam merah bisa dibilang lebibh disarankan oleh pakar kesehatan sebab nilai gizi yang terdapat dalam bayam merak lebih tinggi dibandingkan dengan bayam hijau.

Brokoli

Sayuran ini banyak digemari karena memang dapat diolah menjadi beragam masakan. Senyawa aktif yang terkandung dalam broloki ternyata dapat membantu meningkatkan kadar trombosit di dalam darah. Jika kamu ingin mengambil manfaat brokoli yang satu ini, maka disarankan untuk langsung merebusnya saja, setelah itu lansung dimakan. Untuk mengatasi rasa yang sedikit hambar, kamu bisa menambahkan brokoli dalam menu salad atau pun semacamnya.

Gandum

Gandum merupakan salah satu dari tanaman yang dapat meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh, bahkan menjadi yang cukup populer. Gandum memang terkenal dengan kadar krolofilnya yang tinggi dan juga wheatgrass yang memiliki fungsi untuk meningkatkan kadar trombosit sebab punya struktur molekul yang hampir menyamai hemoglobin manusia. Gandum dapat dikonsumsi sesudah diolah dalam bentuk apapun, namun yang terbaik adalah dengan mengkonsumsi jus dari rumbut gandum murni secara langsung.

Jambu Merah

Jenis jambu yang satu ini sangat disarankan untuk pasien demam berdarah dengan kadar trombosit rendah. Jambu merah terkenal dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan kadar trombosit secara signifikan. Tak hanya itu, jambu merah pun bisa dimanfaatkan untuk keadaan kadar trombosit yang rendah terutama hal ini ditunjang dengan kandungan vitamin C dan antioksidan yang juga terkandung dalam jambu merah.

Itulah beberapa makanan yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan kadar trombosit di dalam tubuh. Bahan makanan di atas lebih baik dimakan dalam keadaan tidak banyak diolah sebab kandungan nutrisinya akan lebih baik dibandingkan dengan bahan makanan yang sudah terlalu lama diolah. Mungkin akan terasa hambar, namun kamu akan mendapatkan nutrisi yang lebih banyak. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP