Makanan Khas Sunda yang Menggugah Selera

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Nasi-Tutug-Oncom-Komplit[1]
Daftar Topik

Sunda merupakan salah satu suku yang ada di Indonesia dan terletak di bagian barat Pulau Jawa. Di setiap daerah di Indonesia pasti memiliki makanan khas tersendiri, begitu pula dengan sunda. Ketika berbicara mengenai makanan khas sunda, kamu pasti akan berfikir tentang rasanya yang manis. Padahal, makanan khas sunda tidak hanya memiliki rasa yang manis, tapi juga ada yang lain seperti asin, gurih, asam, dan pedas.

Makanan khas sunda ternyata telah banyak digemari oleh semua kalangan masyarakat di seluruh Indonesia, terutama para masyarakat yang tinggal di Pulau Jawa. Sebagian besar makanan khas sunda terbuat dari bahan dasar sayuran. Berikut merupakan makanan khas sunda yang akan menggugah selera makanmu.

Makanan Khas Sunda

Nasi Timbel, Makanan Khas Sunda

Nasi timbel merupakan salah satu makanan khas sunda yang paling dikenal di tanah air karena cita rasanya yang kuat dan unik. Nasi timbel memiliki banyak versi sehingga banyak pula orang yang terkadang merasa bingung ingin mencoba yang mana.

Pada zaman dulu, nasi timbel adalah hidangan yang disajikan untuk para petani yang sedang beristirahat. Akan tetapi, sekarang ini nasi timbel bisa disajikan untuk semua orang. Nasi timbel ini disajikan dengan cara dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Akan tetapi ada juga yang langsung menyajikannya di atas piring seperti di warung-warung.

Selain nasi, ada pula lauk yang disajikan bersamaan dengan nasi timbel seperti ikan asin, pepes ikan, ampela, ayam goreng, tawes dan japuh. Tidak lupa dengan tambahan lalapan untuk menambah cita rasa serta sambal untuk menambah nilai tradisional.

Nasi Liwet, Masakan Khas Sunda

Makanan khas sunda yang selanjutnya adalah nasi liwet. Selain nasi timbel, nasi liwet juga merupakan makanan khas sunda yang sudah terkenal di Indonesia dan sudah banyak pula penjualnya di kota-kota besar di Indonesia.

Nasi liwet sendiri terdiri dari dua versi. Versi yang pertama merupakan nasi liwet yang berasal dari Solo, sedangkan versi yang kedua berasal dari Sunda. Perbedaan diantara keduanya adalah nasi liwet solo dibuat dengan santan dan disajikan bersama labu siam yang juga dimasak dengan santan. Sedangkan nasi liwet sunda tidak menggunakan santan dalam proses memasaknya.

Nasi liwet sunda memiliki cita rasa yang gurih meskipun tidak menggunakan santan. Rasa gurih tersebut diperoleh dari hasil penggunaan bumbu-bumbu rempah khas Indonesia seperti cabai rawit, batang serai, bawang merah, bawang putih, jambal roti, daun kemangi dan daun salam. Pada umumnya, nasi liwet ini disajikan dengan ikan asin sebagai menu yang melengkapinya. Beberapa orang menyantap nasi liwet ini dengan tambahan sayur asem, ikan bagar maupun gorengan tahu dan tempe.

Nasi Tutug Oncom, Kuliner Khas Sunda Asli

Nasi tutuk 0ncom atau yang lebih dikenal di sunda sebagai sangu tutug oncom merupakan sajian nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau oncom bakar. Nasi tutug oncom ini akan lebih nikmat apabila disajikan dalam keadaan hangat. Di kota-kota besar di Indonesia, sudah banyak warung makan khusus yang menyajikan nasi tutug oncom ini dengan berbagai variasi lauk pauk.

Sebenarnya, nasi tutug oncom ini berasal dari Tasikmalaya. Dinamakan tutug karena dalam Bahasa Sunda tutug berarti menumbuk. Nasi tutug oncom ini biasanya disajikan dengan berbagai jenis lauk pauk seperti tahu goreng, tempe goreng, ayam goreng, lalapan dan sambal terasi.

Karedok

Karedok merupakan salah satu makanan khas sunda yang mirip dengan gado-gado. Karedok sering kali disebut sebagai makanan khas betawi karena keberadaan penjual karedok yang banyak di Ibu Kota. Karedok menyajikan berbagai jenis sayuran yang dilengkapi dengan saus kacang tanah dengan tingkat kepedasan yang bisa menggugah selera.

Sayuran yang biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan karedok yaitu timun, toge, kacang-kacangan, terong hijau kecil, kubis, basil dan beberapa jenis sayuran lagi yang bisa ditambahkan sesuai selera pembuatnya. Biasanya karedok ini disajikan dengan nasi hangat, tempe, tahu dan kerupuk.

Lotek

Lotek dan Keredok adalah makanan khas Sunda yang juga mirip dengan gado-gado milik Jakarta. Tetapi jika berdasarkan tampilan dan bahan pembuatannya, Lotek lebih cenderung mirip dengan pecel Khas Jawa. Di Sunda, Lotek menjadi makanan yang digemari oleh banyak masyarakat di berbagai kalangan. Jika kamu berlibur ke Jawa Barat, jangan lupa untuk mencoba makanan yang satu ini.

Pada dasarnya, lotek dibuat dengan menggunakan bahan dasar sayuran seperti kangkung, kembang kol dan toge. Cara pembuatannya adalah mencacah sayuran yang telah disiapkan, lalu menyiraminya dengan bumbu kacang yang ditambahkan dengan kentang rebus dan kencur yang telah ditumbuk sehingga akan membuat rasanya menjadi unik. Biasanya lotek disajikan dengan potongan lontong dan menu pelengkap lainnya seperti kerupuk udang.

Itulah daftar makanan khas sunda yang wajib kamu rasakan kelezatannya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP