Makanan Khas Suku Asmat yang Paling Enak dan Terkenal

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Daftar Topik

Indonesia bagian Timur memang terkenal dengan alamnya yang indah dan masih alami. Di provinsi Papua, terdapat Suku Asmat yang menjadi suku dengan populasi penduduk terbesar di Papua. Selain memiliki kekayaan alam, terdapat juga makanan khas dari Suku Asmat yang bisa kamu coba.

Sebagian banyak orang mungkin menganggap makanan khas Suku Asmat hanya terbuat dari sagu dengan rasa yang kurang. Jangan salah sebelum merasakan sendiri. Banyak makanan khas Suku Asmat yang paling enak dan terkenal yang patut untuk dicoba. Berikut ini ulasan lengkapnya.

Sekilas Mengenai Keunikan Makanan Suku Asmat

Perlu kita ketahui bahwa Suku Asmat yang ada di Papua terbagi menjadi dua yaitu suku yang tinggal di pedalaman dan di pesisir pantai. Dari keduanya memiliki kehidupan yang berbeda, baik dari segi bahasa, struktur sosial hingga kehidupan secara keseluruhan. Kebanyakan Suku Asmat yang tinggal di pesisir pantai yaitu sebagai nelayan. Selain itu, Suku Asmat juga terkenal akan ukiran kayunya yang unik dan bagus.

Makanan pokok dari Suku Asmat adalah sagu. Selain itu, terdapat juga makanan lain yang menjadi makanan khas yang enak dan terkenal. Jika kamu bermaksud pergi ke daerah ini untuk menghabiskan waktu liburan, penting bagimu untuk mengetahui makanan-makanan khasnya.

Makanan Khas Suku Asmat

1. Papeda

Papeda merupakan makanan  khas Suku Asmat dengan bahan dasar tepung sagu. Pada umumnya, rasa dari makanan ini memang tawar. Namun, agar lebih nikmat lagi, bisa dinikmati dengan makanan lain seperti ikan bakar dan kuah bening. Biasanya, masyarakat Papua mengkonsmsi makanan ini dengan tambahan sambal. Sehingga cara menghidangkan Papeda ini sangat beragam. Bahkan, bisa juga dikonsumsi dengan cara yang unik yaitu menggunakan alat bernama gata-gata. Alat ini terbuat dari bambu yang biasa digunakan untuk menggulung papeda pada piring.

2. Aunu Senebre

Makanan khas yang selanjutnya yaitu Aunu Senebre. Makanan ini sangat sangat mudah ditemukan di Papua, karena memang sudah menjadi makanan  tradisional. Aunu Senebre merupakan makanan yang terbuat dari nasi dan ikan teri yang digoreng.

Setelah itu, dicampur dengan irisan daun talas dan parutan kelapa sehingga terasa lebih nikmat. Setelah itu, campuran bahan-bahan tersebut dikukus. Biasanya, masyuarakat Papua memakan makanan  ini didampingi dengan sepiring papeda atau umbi-umbian.

3. Sate Ulat Sagu

Makanan khas Suku Asmat dan termasuk kuliner terekstrim yaitu sate ulat sagu. Meski bagi sebagian banyak orang ulat sagu sangat menjijikan, namun ulat sagu yang dikonsumsi ini bisa menambah kadar kolesterol yang rendah. Bagi masyarakat Papua, sate ulat sagu sudah menjadi makanan khas , karena memang mudah ditemukan.

Sekali-kali kamu perlu mencoba makanan khas yang satu ini. Karena rasanya nikmat dengan rasa manis dan asin. Uniknya lagi, tekstur dari ulat ini keras diluar dan lunak didalamnya.

Banyak manfaat dari mengkonsumsi ulat sagu ini yaitu memiliki protein yang tinggi, asam aspartat, asam glutamat, tirosin, lisin, dan methionin. Sangat mudah mudah sekali menemukan makanan ini, karena banyak yang menjualnya dalam keadaan mentah atau yang sudah matang.

Baca Juga: 8 MAKANAN KHAS SUMATERA UTARA TERPOPULER

4. Ikan Bungkus

Makanan khas Suku Asmat yang selanjutnya yaitu ikan bungkus. Sesuai dengan namanya, ikan ini dibungkus seperti halnya ikan pepes yang kita ketahui. Namun, uniknya ikan bungkus ini dibungkus dengan daunt alas, sehingga rasanya lebih enak dan nikmat.

Ikan bungkus yang ada di daerah ini tidak ditentukan, melainkan sesuai dengan selera masing-masing dalam membuatnya. Yang menambah nikmat ikan bungkus ini yaitu bumbu berupa rempah-rempah serta tambahan garam secukupnya. Jika ikan pepes biasanya di kukus, ikan bungkus ini dibakar diatas api kecil hingga matang.

5. Sagu Lempeng

Makanan khas suku Asmat yang paling enak kali ini yaitu Sagu Lempeng. Makanan ini dibuat dari tepung sagu yang dicetak menggunakan besi. Setelah itu, sagu ini dipanggang. Sagu Lempeng ini bisa bertahan lama karena melalui proses pemanasan tersebut. Meski sagu lempeng ini berbentuk batangan panjang dan berawarna coklat, rasanya tetap enak.

Namun, untuk testrurnya memang keras, sehingga bisa sedikit menyiksa gigi. Selain di Suku Asmat, kamu bisa menemukan makanan Sagu Lempeng ini diseluruh Provinsi Papua. Karena makanan ini sudah menjadi makanan tradisional masyarakat Papua.

Itulah makanan khas suku Asmat yang paling enak terkenal yang patut untuk kamu coba. Kebanyakan makanan khas dari daerah ini memang berbahan sagu, sehingga sangat baik untuk kesehatan dan daya tahan.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA