Makanan Khas Kendari yang Menggoyang Lidah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Daftar Topik

Indonesia memang terdiri dari berbagai provinsi. Yang mana setiap provinsi memiliki ciri khas masing-masing. Salah satu ciri khas yang dimiliki setiap daerah yaitu makanan khasnya. Makanan khas setiap provinsi yang ada di Indonesia memang sangat lezat, bahkan wisatawan mancanegara sangat menyukai makanan khas Indonesia. Nah, pada ulasan kali ini akan dibahas mengenai makanan khas Kendari yang cukup banyak dengan cita rasa yang enak. Selengkapnya berikut ini ulasannya.

Sekilas Mengenai Daerah Kendari

Mungkin sebagian dari kita masih bingung dimana itu Kendari. Kendari merupakan ibukota Sulawesi Tenggara. Selain memiliki tempat Wisata yang sangat mempesona, Kendari juga memiliki beberapa makanan khas yang siap menggoyang lidah siapa saja yang memakannya. Sehingga tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke daerah ini, ketagihan dengan makanan-makanan khasnya.

Nah, bagi kamu yang ingin berlibur ke daerah Kendari, tak perlu bingung mencari makanan. Karena di daerah ini terdapat banyak makanan khasnya yang siap memanjakan mulut kamu.

Daftar Makanan Khas Kendari yang Super Nikmat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa terdapat banyak Wisata kuliner di Kendari. Dengan kata lain, kuliner yang ada di daerah ini cukup beragam. Bagi kamu yang belum pernah ke Kendari dan berkeinginan untuk kesana, berikut ini daftar makanan khas Kendari yang wajib kamu ketahui:

  • Lapa-lapa

Makanan yang sangat khas dari Kendari yaitu Lapa-lapa. Makanan ini banyak dijual ketika bulan ramadhan. Hal ini dikarenakan Lapa-lapa memiliki rasa yang gurih dan cocok untuk menemani buka puasa. Makanan ini merupakan kuliner asli dari Buton. Agar semakin nikmat, biasanya masyarakat mengkonsumsi Lapa-lapa dengann hidangan lain.

  • Kabuto Khas Kendari

Kabuto menjadi rekomendasi makanan khas Kendari yang selanjutnya. Kabuto merupakan ubi yang dikeringkan. Setelah itu dimasak hingga menjadi kenyal. Lebih nikmat lagi jika Kabuto ini dikonsumsi bersamaan dengan ikan atau puran kelapa. Namun, Kabuto ini tidak dijual secara matang. Sehingga kamu bisa membelinya dalam keadaan kering. Kabuto sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh, karena mudah dibawa dan bisa tahan lama.

  • Sate Gogos Pokea

Sate Pokea sudah ada sejak tahun 1980-an hingga sekarang. Jika sate pada umumnya terbuat dari daging, namun sate ini terbuat dari kerang. Selain bisa dimakan langsung, kamu bisa memakan sate ini dengan nasi hangat serta sambal agar lebih nikmat. Sate ini memiliki rasa yang gurih serta lezat, sehingga makanan ini bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh.

Baca Juga: 8 MAKANAN KHAS SUMATERA UTARA TERPOPULER

  • Sinonggi

Makanan khas Kendari yang selanjutnya yaitu Sinonggi. Makanan ini berasal dari duku Tolaki. Makanan ini terbuat dari sagu yang dicampur dengan kuah bumbu rempah. Dengan bahan tersebut, Sinonggi memiliki rasa yang gurih serta tekstur kenyal dari sagunya. Dijamin pertama kali kamu mencicipi makanan ini bisa ketagihan.

  • Kasoami

Makanan khas Kendari yang terbuat dari ubi memang banyak, seperti halnya Kasoami. Yang mana ubi ini dimasak hingga bertekstur kenyal dengan bumbu lezat. Selain bisa dinikmati langsung, Kasoami ini bisa kamu nikmati dengan makanan lain seperti lauk ikan asin. Maka dari itu, ketika kamu berkunjung ke Kendari, jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan ini.

  • Karasi

Karasi merupakan makanan khas dari Kendari yang hampir mirip dengan kue rambut atau kue jala. Kue ini memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang lembut. Agar lebih nikmat lagi, kamu bisa menyantap kue ini ditemani dengan kopi atau teh hangat.

Kue ini menjadi makanan yang paling mudah ditemui, karena masih banyak yang memproduksi kue ini. Bahkan, kamu bisa menjumpai kue ini didaerah lain yang masih ada di Provinsi Sulawesi Tenggara.

  • Ikan dole

Kendari merupakan daerah yang dekat dengan perikanan, sehingga tak heran jika ada makanan khas Kendari yang terbuat dari ikan tenggiri. Makanan khas ini dibuat dari ikan Tenggiri yang dihaluskan degan dicampur kelapa, lalu digoreng hingga kering. Makanan ini mudah untuk ditemui di Kendari.

  • Olahan mete

Selain makanan yang terbuat dari ikan dan ubi, ada juga makanan khas Kendari yang terbuat dari mete. Olahan mete ini biasanya digunakan untuk membuat berbagai makanan seperti bolu kukus, brownies dan meta goreng. Selain bisa dimakan langsung, olahan mete ini juga bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Demikianlah makanan khas Kendari yang siap untuk menggoyang lidah kamu. Dengan cita rasa yang nikmat, makanan-makanan tersebut sangat sayang jika tidak kamu coba. Selain itu, harga makanan-makanan ini juga cukup terjangkau.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA