9 Makanan Khas Gorontalo yang Menggoyang Lidah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
bilenthango
Daftar Topik

Makanan Khas Gorontalo – Dari segi usia, provinsi Gorontalo masih terbilang muda. Gorontalo resmi memisahkan diri dari Sulawesi Utara pada tahun 2000. Letaknya yang berada di dekat laut membuatnya terkenal dengan beberapa wisata pantainya yang indah. Namun siapa sangka, wilayah yang disebut dengan Serambi Madinah ini juga memiliki banyak makanan khas yang menggoda. Berikut beberapa makanan khas Gorontalo terunik yang berhasil dirangkum Blog elevenia.

Makanan Khas Gorontalo

Beberapa makanan khas Gorontalo terkenal akan rasa pedasnya yang mantap. Namun ada juga loh, beberapa panganan manis yang siap menggoyang lidah. Ini dia daftar lengkapnya:

1. Binthe biluhuta, Makanan Khas Gorontalo yang Paling Terkenal

binthe-biluhuta

Secara bahasa, nama hidangan ini terdiri dari dua kata, binthe dan biluhuta. Dalam bahasa Gorontalo, kata binthe berarti jagung. Sedangkan kata biluhuta sendiri memiliki makna ‘disiram’. Sajian satu ini juga akrab disebut milu siram oleh masyarakat setempat.

Jagung merupakan salah satu bahan makanan yang melimpah di Gorontalo. Karenanya, masyarakat Gorontalo lazim mengkonsumsi jagung sebagai pengganti nasi. Adapun jenis jagung yang dipilih untuk membuat hidangan ini ialah jagung pulut, yang merupakan varietas khas Gorontalo. Jagung ini berwarna putih dan memiliki rasa gurih mirip seperti ketan.

Binthe biluhuta biasa disajikan dengan kuah rempah. Yang uniknya, dalam kuahnya juga ada tambahan topping potongan cakalang dan parutan kelapa kering. Hidangan ini cocok disajikan saat suasa hujan. Untuk sensasi rasa yang lebih segar, binthe biluhuta juga biasa diberi perasan jeruk nipis.

2. Ayam Iloni

ayam-iloni

Selain makanan berbahan dasar ikannya yang terkenal, Gorontalo juga punya sajian ayam yang sedap. Dari sisi tampilan, ayam iloni mirip seperti ikan bakar. Namun, hidangan ini disajikan dengan sensasi bumbu yang berbeda. Warna kuningnya berasal dari tambahan kunyit pada bumbunya.

Tambahan santan juga menjadi keunikan dari menu ini. Menariknya, santan dicampurkan dengan bumbu lain sebelum proses pembakaran. Saat gigitan pertama sensasi gurih dan pedasnya yang khas memanjakan lidah. Hidangan ini biasa disajikan bersama nasi panas dan cocok untuk disantap di berbagai suasana.

3. Bilenthango

bilenthango

Hidangan yang satu ini tidak kalah unik dari Gorontalo. Masyarakat Gorontalo juga biasa menyebutnya dengan ikan bala rica. Berbahan dasar ikan mujair, ikan ini memiliki cita rasa yang pedas dari bumbunya. Yang menarik, sebelum dimasak ikan mujair dibelah dua dan dibentangkan. Sehingga terlihat lebar saat disajikan.

Cara memasaknya juga terbilang unik. Ikan mujair yang sudah dibumbui dimasak diatas daun pisang yang sudah dioleskan dengan minyak diatas penggorengan. Sehingga minyaknya tidak langsung mengenai permukaan ikan. Untuk rasa pedas yang lebih sedap, kamu bisa menambahkan sambal dabu-dabu sebagai pelengkap.

4. Ilabulo,  Cemilan Khas Gorontalo Berbahan Dasar Sagu

ilabulo

Selain jagung, masyarakat Gorontalo juga mengkonsumsi sagu sebagai pengganti nasi. Terbuat dari sagu, hidangan ini terbilang unik. Dari luar, hidangan ini tampak seperti pepes. Begitu dibuka, wangi harumnya langsung menyeruak. Aroma unik tersebut berasal dari bungkus daun pisang yang digunakan.

Ilabulo memiliki cita rasa yang gurih dan pedas. Begitu melahapnya, lidah kamu akan dimanjakan dengan isiannya yang berlimpah. Seperti hati ampela, lemak ayam dan potongan telur. Hal itu yang menjadikannya sangat cocok untuk makanan selingan untuk mengganjal perut.

Salah satu kedai ilabulo yang paling terkenal ialah Warung Ilabulo Diponegoro yang terletak di Jl. Diponegoro, Kota Gorontalo. Setiap harinya kedai ini selalu ramai dikunjungi pelanggan. Jika berkunjung ke kota Gorontalo, pastikan untuk mampir demi mencicipi sensasi makanan ini secara langsung, ya.

5. Lalampa

lalampa

Dari luar, makanan ini akan mengingatkanmu pada lemper yang lazim dijajakan di Pulau Jawa. Tapi jangan terkecoh, karena makanan ini punya isian yang terbilang unik. Yaitu ikan cakalang atau ikan tuna suwir yang dimasak dengan bumbu cabai. Ada juga yang menambahkannya dengan bihun. Proses pengolahan lalampa juga berbeda, yaitu dimasak dengan cara dibakar.

Cita rasa lalampa yang gurih dan pedas akan membuatmu rindu untuk menyantapnya lagi. Rasanya yang gurih membuatnya menjadi salah satu makanan favorit di Gorontalo. Selain di Gorontalo, lalampa juga disajikan di daerah lain. Seperti di wilayah Sulawesi Utara.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Lebaran di Indonesia

6. Jepa

jepa

Mirip seperti ilabulo, Jepa juga salah satu makanan khas Gorontalo yang terbuat dari sagu. Dalam pembuatannya, Jepa menggunakan ikan nike. Ikan jenis ini lazim ditemukan di perairan Gorontalo dan Sulawesi Utara. Bentuknya yang kecil sekilas mirip dengan ikan teri.Dari segi rasa, jepa memilki cita rasa gurih dan pedas seperti makanan khas Gorontalo lain pada umumnya.

Keunikan lain dari makanan ini terletak pada cara memasaknya. Adonan yang berbahan dasar campuran bumbu, sagu dan ikan nike dibentuk menjadi pipih di atas daun pisang. Kemudian kembali ditutup dengan daun pisang dan dibakar. Selama proses pembakaran, adonan sagu ditekan menggunakan wajan untuk menjaga bentuk adonan tetap pipih.

7. Perkedel Nike

perkedel-nike

Selain untuk membuat jepa, masyarakat Gorontalo juga mengkreasikan ikan nike dalam membuat perkedel. Adapun jenis tepung yang biasa digunakan ialah campuran tepung terigu dan tepung maizena ataupun tepung beras. Biasanya, hidangan ini dijadikan seperti lauk makanan sehari-hari. Cita rasanya yang gurih membuatnya cocok untuk disajikan dengan nasi panas. Selain sebagai lauk, perkedel ini juga cocok dijadikan sebagai cemilan di waktu santai keluarga.

8. Kue Kerawang, Kue Kering Cantik Khas Gorontalo

kue-kerawang

Saat melihatnya, kamu pasti akan tergoda dengan bentuk dan warnanya yang cantik. Kue kering tradisional yang satu ini biasa disajikan masyarakat Gorontalo saat bulan puasa ataupun lebaran. Hal yang menjadi inspirasi untuk kue ini ialah motif karawo, seni tekstil khas Gorontalo. Konon, seni karawo sendiri sudah diajarkan secara turun temurun sejak abad 17.

Umumnya, kue ini dibuat oleh para wanita.Motifnya yang cantik membuat kue ini punya nilai jual yang cukup tinggi. Pasalnya, setoples kue kerawang bisa dibanderol dengan harga Rp. 300.000,-. Motif kue kerawang masih dikerjakan secara tradisional menggunakan tangan. Untuk mempercantik, biasanya icing gula yang digunakan dibagi menjadi 5 warna. Yaitu putih, kuning, hijau, merah dan biru.

9. Duduli

duduli

Merupakan dodol tradisional khas Gorontalo. Yang membedakannya dengan dodol lain ialah duduli dibungkus dengan daun woka.  Di Gorontalo, tanaman woka sendiri cukup banyak dijumpai. Duduli terbuat dari beberapa bahan, yaitu ketan, santan dan gula merah. Campuran bahan tersebut menciptakan cita rasa yang manis dan sedikit gurih. Jajanan ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh tradisional bagi mereka yang berkunjung ke Gorontalo.

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP