Makanan Anjing Sederhana yang Menyehatkan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
1012-dog food 1
Daftar Topik

Hewan peliharaan merupakan binatang menggemaskan yang harus dirawat dengan baik. Terlebih jika hewan peliharaan merupakan jenis hewan yang sangat bersahabat dengan manusia. Sebagai majikan yang baik merawatnya dengan kasih sayang tentu menjadi suatu kewajiban. Adapun salah satu hewan yang sering dijadikan sebagai teman dalam kehidupan sehari-hari adalah anjing.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara anjing adalah mengetahui makanan yang dikonsumsi olehnya. Memang saat ini sudah hadir berbagai macam makanan anjing di pasaran akan tetapi biasanya makanan anjing komersial. Akan tetapi terdapat berbagai macam bahan pengawet dan bahan kimia lainnya yang ditambahkan didalamnya.

Agar lebih aman dan anjing lebih sehat maka makanan sehari-hari dapat  dibuat sendiri di rumah. Selain aman makanan yang dibuat sendiri akan lebih sehat dikarenakan dapat ditentukan berbagai macam zat gizi yang cukup untuk anjing. Tidak hanya itu, membuat makanan anjing sendiri dapat dilakukan dengan sederhana. Agar dapat mengetahuinya lebih dalam lagi kamu bisa membaca beberapa ulasannya sebagai berikut  ini.

Mengetahui Nutrisi Anjing


Sebelum mengetahui cara untuk membuat makanan anjing sederhana kamu harus mengetahui terlebih dahulu nutrisi yang dibutuhkan anjing. Perlu diketahui bahwa sistem pencernaan anjing tentu memiliki sistem pencernaan yang berbeda dengan manusia. Oleh karena itu, makanan yang dibuat untuk anjing harus menyesuaikan kebutuhan khususnya.

Seperti yang diketahui bahwa anjing merupakan hewan karnivora sehingga anjing membutuhkan protein dengan jumlah setidaknya setengah dari pola makan sehari-hari. Protein tersebut akan memberikan gizi dan mineral yang dibutuhkan untuk anjing agar menjadi kuat dan sehat.

Kamu dapat menggunakan berbagai jenis daging mulai dari ayam, kalkun, daging sapi, kambing, atau ikan. Selain itu, kamu dapat memberikan protein dengan jenis makanan lain seperti telur dan sayur mayur pada makanan anjing. Kamu juga dapat menyelingi menu makanan anjing dengan jenis makanan lainnya seperti umbi atau sayur hijau sehingga anjing tidak merasa bosan.

Akan tetapi untuk pemberian sayuran sebaiknya jangan terlalu sering. Karena pola makan vegetarian tidak sesuai dengan sistem pencernaan anjing sehingga sulit untuk mencernanya dalam jumlah banyak. Setelah mengetahui nutrisi yang dibutuhkan oleh anjing kamu dapat memutuskan untuk memberi makan dalam bentuk mentah atau matang.

Beberapa orang beranggapan bahwa daging mentah lebih baik diberikan kepada anjing dikarenakan anjing memiliki ketahanan terhadap organisme yang terdapat pada daging mentah. Selain itu ada juga yang beranggapan bahwa daging matang menjadi pilihan yang lebih aman. Kamu dapat memilih mana yang dianggap paling baik dari kedua hal tersebut.

Menyiapkan Makanan Anjing yang Matang


Pada cara pembuatan makanan anjing kali ini akan dijelaskan untuk jenis makanan yang matang. Seperti yang diketahui bahwa makanan yang sudah matang akan lebih aman untuk dikonsumsi bagi siapapun. Dengan demikian kamu tidak perlu khawatir di saat bermain dengan anjing kamu.

Karena makanan yang disajikan akan lebih higienis terutama dari organisme yang terdapat pada makanan mentah. Adapun Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memasak dua setengah cangkir daging apa saja yang kamu pilih yang dapat diolah dengan cara digoreng, direbus, dibakar, ditumis, atau dipanaskan secara menyeluruh.

Kamu juga bisa menambahkan sedikit daging organ beberapa kali dalam 1 minggu untuk dapat memastikan vitamin yang dibutuhkan anjing dapat terpenuhi. Tambahkan sedikit minyak zaitun yang aman dimakan untuk anjing agar daging yang dimasak tidak lengket pada panci.

Selanjutnya siapkan dua cangkir pati matang, dapat berupa nasi putih, oatmeal, atau pasta yang matang. Masak pati tersebut dengan waktu lebih lama dari biasanya yaitu pada selang waktu beberapa menit. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar anjing dapat mudah mencernanya.

Setelah itu masak 1,25 cangkir tumbuh-tumbuhan seperti buah atau sayur segar. Kamu dapat memilih kacang hijau, brokoli, bayam, wortel, kacang polong, berry atau pisang. Olah dengan cara merebusnya kemudian haluskan menggunakan blender hingga lembut agar sayuran dapat dicerna dengan baik.

Setelah itu tambahkan kalsium yang sangat dibutuhkan untuk dapat menguatkan tulang anjing. Nutrisi ini harus benar-benar terkandung dalam makanan anjing. Kamu dapat menambahkannya dengan menyiapkan setengah sendok kulit telur yang sudah dihancurkan atau satu sendok teh tepung tulang yang dapat diperoleh di toko hewan.

Langkah terakhir adalah mencampurkan semua bahan mulai dari, daging, pati, sayur yang dihaluskan, serta suplemen kalsium dalam suatu wadah. Kemudian aduk secara menyeluruh hingga merata setelah itu kamu dapat langsung menyajikannya kepada anjing sesuai dengan porsi yang ditentukan. Untuk sisa makanan yang disajikan simpan pada tempat yang kedap udara dan masukkan ke dalam kulkas agar dapat bertahan lebih lama.

Itulah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk membuat makanan anjing sederhana. Dengan langkah-langkah diatas kamu dapat memberikan nutrisi yang lebih baik dan sehat kepada hewan kesayangan.

BACA JUGA! 5 JENIS ANJING PELIHARAAN YANG MUDAH DIJINAKKAN

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA