19 Macam Power Tools dan Fungsinya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
taffware-professional-spray-gun-nozzle-hvlp-airbrush-1.0mm-h-2000-blue-312
Daftar Topik

Macam power tools. Pernah mendengar istilah power tools? Power tools/peralatan bertenaga adalah peralatan yang dioperasikan tidak dengan tenaga manusia tetapi dioperasikan dengan menggunakan listrik, pneumatic (tekanan udara) dan hidrolik (tekanan fluida) untuk membantu pekerjaan elektromekanik. Peralatan ini tidak bisa berfungsi jika tidak terkoneksi dengan listrik dan harus sesuai dengan pemilihan kebutuhan. Berikut adalah macam-macam power tools dan fungsinya.

Macam-macam power tools

1. Portable Electric Drill (Bor Listrik Portabel)

Portable Electric Drill macam power tools

Bor listrik portable atau disebut juga bor tangan memiliki spesifikasi berdasarkan ukuran chuck, ukuran motor (hp), dan kecepatan (rpm). Portable drill umumnya berbentuk pistol besar, dengan drill cover terbuat dari plastik atau logam. Bor listrik portabel atau sering diesebut bor tangan merupakan power tool yang berfungsi untuk membuat lubang.

2. Portable Air Drill (Bor Angin Portabel)
Portable Air Drill macam power tools

Portable air drill atau bor angin portabel power tool yang digunakan untuk membuat lubang, sama dengan bor listrik yaitu untuk melubangi benda kerja. Untuk dapat menggunakan bor angin ini juga diperlukan mata bor yang dipasangkan di bagian chucknya.

3. Blow Gun
Blow gun macam power tools

Fungsi alat ini untuk membersihkan debu dan kotoran yang posisinya sulit di jangkau oleh tangan. Cara kerja alat ini adalah dengan meniupkan udara yang bertekanan tinggi yang terdapat pada kompresor ke benda kerja yang ingin di bersihkan terutama yang sulit dijangkau oleh tangan.

4. Nail Gun

Nail gun macam power tools

Nail gun biasa digunakan untuk memasang paku pada dinding. Dengan nail gun memudahkan pekerjaan serta keamanan lebih safety lagi. 

5. Air Stapler

Air Stapler macam power tools

Air stapler ini biasa digunakan untuk menempelkan wallpaper pada dinding rumah, tapi perhatikan juga bagaimana caranya menggunakannya. Permukaan dinding harus rata, hal ini untuk menghindari cedera orang menggunakan alat ini.

6. Air Sander

Air Sander

Air sander digunakan untuk meratakan permukaan bidang datar, umumnya diesebut dengan nama amlpas. Air Sander adalah sebuah alat yang digunakan untuk mempermudah dalam meratakan permukaan yang ingin cat.

7. Spray Gun

Saat ini sudah banyak orang yang melakukan pengecatan dengan spray gun. Hasil akhir dalam pengecatan dengan menggunakan spray gun lebih sempurna jika dibandingkan dengan pengecatan biasa. Bidang yang paling sering menggunakan spray gun  adalah bidang otomotif. Hal ini untuk menghasilkan cat yang paling baik bagi kendaraan.

8. Sandblaster

Sandblaster banyak digunakan untuk membersihkan permukaan yang akan dicat. Dengan sandblaster, debu, karat dan cat lama akan terangkat dengan mudah. Penggunaan sandblaster dapat digabungkan dengan sabun dan air untuk mempermudah proses pembersihan.

9. Caulking Gun

Caulking Gun

Dengan caulking gun, pekerjaan untuk melekatkan suatu bagian pada bagian lain lebih cepat dan lebih mudah. Keunggulan dari caulking gun ini adalah mampu digunakan pada semua jenis permukaan.

10. Air Ratchet Wrench

Air Ratchet Wrench

Alat ini digunakan untuk mengencangkan baut dengan cepat. Dengan bantuan alat ini, proses pengencangan baut akan lebih mudah, dan tidak menghabiskan banyak tenaga.

11. Air Chisel

Air Chisel

Air chisel memiliki fungsi yang sama seperti Jack Hammer (tool pelubang beton), meskipun cycling rate (putarannya) lebih cepat. Cara menggunakannya temparkan bor kearah benda kerja sebelum menarik trigger (tombol). Gunakan attachment yang benar untuk pekerjaan yang dilakukan.

12. Portable Power Grinder (Gerinda Listrik Portabel)

Portable Power Grinder

Portable power grinder (Gerinda listrik portable) juga dikenal dengan sebutan gerinda tangan. Gerinda tangan umumnya menggunakan tenaga listrik sebagai sumber penggeraknya. Gerinda tangan berfungsi untuk menggerinda hasil pengelasan, menghaluskan permukaan dan membersihkan karat pada material tertentu.

13. Air Impact Wrench

Air impact wrench

Air Impact Wrench (Portable Impact Wrench) digunakan untuk memengendorkan baut / mur dengan sangat cepat, sedangkan yang berukuran besar digunakan juga untuk mengendorkan baut/mur yang sangat kencang. Portable impact wrench tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran untuk penggunaan yang berbeda. Dua jenis utama adalah pistol dan tuas.

14. Electric Impact Wrench (Portable Impact Wrench)

Electric Impact Wrench

Fungsi electric impact wrench sama seperti air impact wrench, yang membedakan hanya sumber metode penggeraknya. Electrik Impact wrench yang menggunakan daya listrik terbagi lagi menjadi dua macam, yaitu sumber arus listrik AC dan DC.

15. Abrasive Cut Off Saw (Gerinda Potong)

Abrasive Cut Off Saw

Abrasive cut off saw memotong material dengan cara memutar abrasive wheel (mata pemotong) yang tipis. Material yang sering dipotong menggunakan alat ini adalah kaca, keramik dan bahan logam lain (tetapi bukan aluminium, zinc atau logam lunak lainnya), material dapat dipotong sesuai dengan toleransi yang diizinkan. Pemotongan abrasive dibagi menjadi dua bagian, kering dan basah.

16. Bench Grinder (Gerinda Bangku)

Bench Grinder

Mesin gerinda jenis ini dipasang pada meja kerja dan dibaut. Mesin ini memiliki dua batu gerinda pada kedua ujungnya dan umumnya digunakan untuk mengasah benda-benda berukuran kecil, seperti mata bor, pahat tangan, pahat bubut, kapak, pisau, golok dan sebagainya.

17. Jigsaw (Mesin Gergaji)

Jigsaw

Jigsaw atau mesin gergaji adalah mesin gergaji yang pergerakan mata gergajinya naik turun, dan biasa digunakan untuk memotong kayu, terutama untuk membentuk potongan yang berlekuk-lekuk.

18. Hydrolic Pressure Machine (Mesin Press Hidrolik)

Hydrolic Pressure Machine

Mesin press hidrolik pada bengkel otomotif banyak digunakan untuk keperluan membuka dan memasang bearing. Dapat juga digunakan untuk menekan per daun dan pekerjaan lainnya yang membutuhkan tenaga penekan yang besar. Tenaga tekan yang dihasilkan mesin ini mulai dari 10 ton, 15 ton, 30 ton dan atau bahkan ada yang sampai 100 ton.

19. Bench Drill (Bor Duduk)

Bench Drill

Bench drill adalah mesin bor berukuran kecil yang sangat bermanfaat, terdiri dari berbagai model dan kecepatan, dilengkapi dengan drill chuck atau morse taper No 1 atau 2 untuk pemasangan drill atau cutting tool. Tujuan pengeboran adalah untuk membuang logam sebanyak mungkin dalam waktu tertentu tanpa harus menajamkan drill terlalu sering.

Berikut tadi macam-macam power tools beserta gambar dan fungsi dari alatnya masing-masing. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kamu.

Baca juga:

Harga Helm Full Face Terbaru Berkualitas

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA