Macam-macam Warna Softlens, Jangan Bingung Memilih

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Double eyelid
Daftar Topik

Macam-macam warna softlens. Kamu ingin memberikan efek yang berbeda pada mata kamu? Salah satu cara cepatnya adalah menggunakan softlens warna. Sudah banyak sekali macam-macam warna softlens yang dijual di luar sana. Kamu bisa mencocokkan warna softlens dengan bentuk wajah dan warna kulit kamu. Kamu yang sudah akrab dengan penggunaan softlens, tentu sudah sering mendengar beberapa nama seperti X2, Ice, FreshKon, EOS, dan lain sebagainya. Dengan adanya macam-macam warna softlens, tentu akan membingungkan kamu bagaimana cara memilih warna softlens yang sesuai dengan wajah kamu. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli dan menggunakan softlens.

Softlens warna

Tips Memilih Softlens Warna

 Softlens dengan macam-macam warna kini sudah digunakan banyak orang untuk melengkapi gaya dan fashion. Akan tetapi, selain kamu harus memperhatikan desain, kamu juga wajib memastikan bahwa softlens tersebut aman untuk digunakan. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar mempperhatikan hal-hal dibawah ini sebelum membeli dan memilih softlens warna.

1. Perhatikan masa berlaku pemakaian softlens

Softlens tidak bisa digunakan untuk jangka panjang, sehingga kamu harus memperhatikan masa berlaku pemakaiannya. Pada umumnya, masa berlaku pemakaian softlens adalah satu hari, dua minggu, satu bulan, dan 6 bulan. Buat kamu yang tidak terlalu sering menggunakan softlens, atau hanya untuk kegiatan tertentu, maka lebih baik kamu pilih yang masa berlaku satu hari saja, Hal tersebut karena softlens dengan masa satu hari ini lebih higienis, sehingga aman bagi Kesehatan mata. 

Double eyelid

Jika kamu ingin membeli softlens dengan masa berlaku 2 minggu atau lebig, maka kamu perlu memperhatikan perawatannya. Kamu harus membersihkan softlens tersebut dengan baik pada setiap penggunaannya. Selain itu, masa berlaku softlens juga berpengaruh pada harga. Semakin lama masa berlakunya, maka hanganya semakin murah. 

2. Perhatikan curve dan kadar air

  • Kamu harus menyesuaikan base curve softlens dengan mata kamu. Hal tersebut karena setiap softlens memiliki base curve yang mengikuti curve bola mata. Setiap mata juga memiliki base curve yang berbeda dan hanya bisa dicari tahu oleh ophthalmologist. Jadi alangkah baiknya jika kamu mengukur dahulu base curve kamu sebelum membeli softlens. Softlens berwarna biasanya memiliki base curve dengan ukuran 8.6 sampai 8.8 milimeter. Penting bagi kamu untuk menyesuaikan base curve terlebih dahulu agar tidak menimbulkan ketidaknyamanan. 
  • Selain itu kamu juga perlu menngecek kadar air dan sesuaikan kondisi mata. Kadar air yang ada di dalam softlens adalah indicator kemampuan softlens dalam menyimpan air. Nah, apabila mata kamu butuh kadar air tinggi, maka pilihlah softlens dengan kadar air 50% ke atas. Dan bergitupun sebaliknya, pilihlah softlens dengan kadar air kurang dari 50% jika mata kamu tidak membutuhkan kadar air tinggi. Jika kamu baru ingin mencoba memakai softlens, maka pilihlah yang kadar air tinggi. Karena softlens dengan kadar tinggi akan lebih mudah untuk digunakan dan tidak cepat kering. 

monolid

3. Cek keamanan dan izin produk

Di Indonesia, softlens tergolong ke dalam alat Kesehatan. Berdasarkan Undang-undang, setiap alat Kesehatan dan produk farmasi yang beredar di Indonesia, maka harus memiliki izin edar. Oleh karena itu, softlens yang beredar di pasaran harus memiliki izin yang jelas. Kamu bisa mengecek perizinan produk softlens pada situs resmi Kementerian Kesehatan RI. Jika kamu tidak menemukan produk softlens tersebut, maka lebih baik untuk tidak menggunakannya.

4. Cara pilih desain softlens yang sesuai dengan kamu

macam macam Softlens warna

Untuk bisa tampil sempurna dengan softlens warna, jangan lupa juga perhatikan warna, diameter, dan ketebalan dari softlens-nya. Simak beberapa tips di bawah ini agar kamu bisa memilih softlens yang sesuai dengan diri kamu

  • Kamu harus menyesuaikan warna softlesn dengan image yang akan kamu tampilkan. Jika kamu suka dengan gaya natural, maka kamu bisa memilih softlens dengan warna coklat yang menyerupai warna asli mata kamu. Softlens dengan warna coklat ini, merupakan yang paling sering dan sesuai digunakan untuk kegiatan sehari-hari seperti pergi ke kantor dan sekolah. Untuk kamu yang ingin terlihat seperti mata orang eropa, maka kamu bisa pilih warna hijau atau biru. 
  • Perhatikan ukuran diameter dan diameter warna sotflens sebelum membeli. Kamu bisa menemukan keterangan mengenai ukuran diameter softlens pada setiap kemasannya. Pada kemasan, terdapat dua keterangan ukuran, yaitu keterangan diameter lensa dengan kode DIA dan ukuran diameter warna. Kedua ukuran tersebut memiliki fungsi masing-masing, yaitu diameter lensa akan mempengaruhi kenyamanan dalam penggunaan softlens. Sementara itu, diameter warna akan menentukan kesan yang tampak pada mata kamu. Kamu bisa memilih softlens dengan diameter 14 mm, jika kamu ingin softlens yang tidak terlalu ngepas di mata. Atau dengan softlens dengan diameter 14.2 mm yang akan memberikan kesan natural, atau diameter 14.5 mm untuk kesan tegas pada mata. 
  • Kamu juga harus menyesuaikan ketebalan softlens dengan jenis kelopak mata kamu. Pada softlens, terdapat dua tipe warna pinggiran, yaitu warna terlihat blur dan warna terlihat tegas. Di Indonesia, ada tipe mata tang kecil dengan lipatan mata single (monolid) dan ada pula yang memiliki bentuk mata besar dengan lipatan mata double (double eyelid). Jika kamu memiliki tipe mata monolid, maka kamu bisa gunakan softlens dengan warna pinggiran yang tegas. Dan jika kamu memiliki mata yang double eyelid, maka gunakanlah softlens dengan warna pinggiran blur. 

macam macam Softlens warna

Dengan pintar dan teliti memilih softlens yang hendak digunakan, kamu akan terhindar dari salah ukuran, salah warna, dan iritasi pada mata. Oleh karena itu, penting banget buat kamu mencari tahu dahulu seluk beluk tentang softlens sebelum menggunakannya ya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

7 Rekomendasi Bedak yang Tahan Lama

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA