10 Macam-macam Tahu yang Ada di Indonesia

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
macam macam tahu - Makan Tahu
Daftar Topik

Macam-macam tahuSiapa yang tidak tahu makanan bernama tahu. Tentu kamu sudah mengetahui jenis makanan enak dan sehat yang satu ini. Tidak sulit juga untuk mendapatkan tahu, karena kamu bisa menemukannya di mulai dari warung sayur dekat rumah, hingga supermarket besar di dalam mal. 

Namun, tahukah kamu bahwa tahu itu banyak sekali macamnya. Ternyata tahu memiliki banyak sekali macam dan jenisnya yang tanpa sadar kamu makan. Mau tau apa saja macam macam tahu yang ada di pasaran? Simak artikel ini sampai selesai ya

Sejarah Tahu di Indonesia

Tahu berasal dari China, dan pertama kali dibahas dalam sebuah dokumen tua yang ditulis oleh Li Shihen dari Dinasti Ming. Dokumen inilah yang menjabarkan tentang asal mula tahu di negeri China. Tahu pertama dibuat pada sekitar tahun 164 sebelum Masehi oleh seorang pangeran yang Bernama Liu An. Ia adalah seorang pangeran dari kota Huainan selama Dinasti Han. Huainan merupakan daerah penghasil kacang kedelai dengan jumlah yang melimpah.

Bosan dengan makanan yang itu-itu saja, Liu An memiliki ide untuk membuat makanan baru dari kedelai, karena berlimpahnya kedelai di rumahnya. Ia pun mengeringkan kedelai dan menumbuknya setelah kering. Selanjutnya, Liu An merebus bubuk kedelai yang telah dia tumbuk tadi dengan menambahkan sedikit garam. Tanpa disadarinya, garam yang Liu An taruh pada rebuusan bubuk kedelai tadi menjadi padat. Rasa penasaran pun muncul dan menggerakkan batin Liu An untuk mencicipi hasil masakannya tersebut. 

Tanda disangka, ternyata rasanya enak dan memiliki tekstur yang lembut. Liu An pun memberikan nama Tao-hu untuk masakan yang ia temukan tersebut. Tao memiliki arti kacang kedelai dan Hu memiliki arti hancur menjadi bubur. 

Macam-macam Tahu

macam macam tahu - Makan Tahu

Tahu sebenarnya merupakan salah satu makanan yang memiliki pangaruh dari Tiongkok. Saat di Indonesia, mulailah muncul beragam jenis dengan cita rasa khas masing-masing daerah. Tidak hanya berwarna putih, seperti yang kamu ketahui, ada juga tahu yang berwarna kekuningan dengan beragam tekstur. Apa saja maca-macam Tahu yang ada di Indonesia? Ini dia:

1. Tahu Pong

Tahu pong menjadi salah satu kuliner khas Semarang. Kamu bisa merasakan tekstur luarnya yang kering dan menggelembung, sedangkan bagian dalamnya seperti terdapat rongga. Untuk rasa kamu tidak perlu ragu, karena tahu pong terkenal enaknya. Jangan lupa untuk menikmati tahu pong dengan cabai rawit hijau, untuk menambah sensasi pedas saat menyantapnya.

2. Tahu Takwa atau Tahu Kuning

macam macam tahu - Tahu kuning

Jenis tahu yang selanjutnya adalah tahu Takwa, atau yang lebih dikenal dengan sebutan tahu kuning. tahu Takwa atau tahu kuning ini memiliki tekstur yang padat, berpori halus, serta kenyal. Permukaan tahu Takwa ini cenderung keras jika dibandingkan dengan tahu jenis lainnya. 

3. Tahu Cokelat

macam macam tahu - Tahu Cokelat

Tahu yang satu ini memiliki warna permukaan sesuai dengan warnanya, yaitu cokelat. Tahu cokelat sering kamu temui di penjual gorengan dan bakso. Tekstur luarnya padat dengan warna yang kecokelatan. Untuk masalah rasa, Tahu Cokelat tidak kalah enak dari teman-teman Tahu lainnya. Disajikan dengan digoreng akan semakin menambahkan kenikmatan ketika kamu santap.

4. Tahu Sutera

Jenis tahu yang selanjutnya adalah tahu sutera. Sesuai dengan namanya, tahu Sutera memiliki tekstur yang lembut dibandingkan dengan jenis tahu lain. Tahu sutera dibuat dengan Glucono Delta Lactone (GDL) dalam konsentrasi rendah, yang membuat Tahu ini memiliki tekstur yang sangat lembut. 

5. Tahu Putih

Tahu yang selanjutnya adalah tahu putih. Tahu jenis ini mungkin yang paling sering kamu jumpai di berbagai tempat. Tahu putih memiliki tekstur padat dengan pori-pori besar dan dijual dalam berbagai ukuran. Tahu putih sering disajikan dengan Bakso dan Siomay.

6. Tahu Air

macam macam tahu - Tahu Air

Jenis Tahu selanjutnya adalah tahu air. Tekstur tahu air lembut dan lunak, dan biasanya dijadikan bahan sapo tahu. Tahu air dibuat dari susu kedelai yang dibentuk gumpalan, dan kemudian dipadatkan. 

7. Tahu Susu

Tahu yang satu ini sangat digemari oleh semua orang. Tahu susu dibuat dnegan menggumpalkan susu dengan cuka, dan kemudian cairannya dibuang. Setalah itu, susu yang menggumpal tersebut dipadatkan menjadi tahu dengan cita rasa gurih yang khas. Tahu susu enak dinikmati selagi panas. Apalagi ditambah dengan cocolan sambal rujak yang semakin menambah kenikmatan saat menyantapnya. 

8. Tahu Sumedang

Sesuai dengan namanya, tahu ini berasal dari daerah Sumedang, Jawa Barat. Proses memasak tahu Sumedang ini cukup unik, yaitu dengan menggunakan cuka dan larutan biang yang disimpan selama beberapa lama. Tahu Sumedang memiliki rasa yang khas, oleh karena itu, Tahu ini masih menjadi primadona di kalangan masyarakat pecinta tahu. 

9. Tahu Bandung

Tahu ini berasal dari kota kembang Bandung, Jawa Barat. tahu Bandung memiliki tekstur yang lebih lembut dari Tahu Takwa. Tahu Bandung dibuat dari bahan serba alami, seperti garam, kedelai, kunyit, dan air. Tahu ini nikmat dinikmati selagi hangat bersama dengan keluarga tercinta.

10. Egg Tofu

macam macam tahu -

Tahu ini merupakan tahu yang dikenal dengan sebutan tahu Jepang. Egg tofu dibuat dari telur dan campuran dashi yang dikukus sampai padat, dingin, kemudian disajikan dengan kaldu dashi dan kecap. 

Demikianlah pembahasan tentang macam-macam tahu dan sejarahnya. Beragamnya jenis tahu yang ada di Indonesia, menjadikan makanan yang satu ini hampir menjadi menu andalan di setiap restoran dan rumah makan yang ada. Semoga artikel ini bermanfaat ya

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

4 Kreasi Resep Pepes Tahu

Tahu merupakan bahan makanan yang banyak digemari oleh banyak orang. setiap daerah di Indonesia memiliki

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP