Macam-Macam Reklame, Tujuan, dan Sifatnya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
reklame penerangan
Daftar Topik

Macam-macam reklameApakah kamu pernah memperhatikan papan besar yang berisikan iklan atau seruan di pinggir jalan? Tahukah kamu apakah itu sebenarnya? Itu biasa disebut dengan reklame. Tahukah kamu apa saja macam-macam reklame yang ada di sekitar kamu? Reklame yang dipasang untuk mengiklankan produk tentu saja berbeda dengan reklame penyuluhan seperti yang dipasang oleh pemerintah. 

Agar kamu semakin tahu perbedaannya, simak penjelasan macam-macam reklame di bawah ini. Selain membahas macam-macam reklame, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu ap aitu reklame.

Pengertian Reklame

Berdasarkan buku Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), reklame merupakan papan informasi yang berguna untuk meyebarluaskan informasi kepada masyarakat mengenai barang dagangan, dengan menggunakan kata dan gambar yang menarik minat pasar. Sementara itu, pengertian lainnya, reklame adalah papan pengumuman publik, yang biasanya dalam bentuk cetak, video dan audio.

Papan reklame biasa digunakan mempromosikan suatu barang atau jasa dan hal lainnya. Berdasarkan hal tersebut, maka ada beberapa jenis reklame yang dibedakan berdasarkan tujuan dan fungsinya. Ada yang disebut reklame komersial dan non komersial. Untuk tahu perbedaanya, simak penjelasannya di bawah ini.

Jenis-jenis Reklame

Terdapat beberapa macam jenis reklame yang digunakan untuk menyampaikan pesan. Di bawah ini 7 jenis reklame yang sering kamu temui:

1. Brosur

macam-macam reklame Brosur

Brosur merupakan reklame yang didesain pada selembar kertas dengan mengandung informasi yang lebih rinci dan jelas. Reklame jenis ini biasanya disampaikan dengan cara disebarluaskan secara langsung agar dibaca dan dipahami oleh para terget pembaca. 

2. Spanduk

Spanduk merupakan reklame yang dibuat secara ringkas, padat, dan jelas dengan media kain atau sejenisnya, yang dibentangkan pada dua tiang di tempat ramai dan strategis. 

3. Baliho

macam-macam reklame

Baliho adalah reklame yang berisikan gambar atau tulisan yang menarik serta informatif dengan ukuran yang cukup besar. Baliho biasanya dipasang di tempat umum yang ramai dan strategis dan menggunakan tiang besar, kuat, dan semi permanen. 

Baca Juga: Jenis Iklan: Mengenal Berdasarkan Isi, Media, dan Tujuannya

4. Poster

Poster merupakan reklame yang berupa selebaran kertas dan berisikan gambar dan tulisan. Reklame cetak yang satu ini dibuat semenarik mungkin agar menarik perhatian targetnya. 

5. Banner

macam-macam reklame banner

Banner merupakan jenis reklame yang bentuk dan isinya sama dengan baliho dan billboard, namun dalam ukuran yang lebih kecil. Banner biasanya diletakkan di dalam atau depan ruangan menggunakan penyangga.

6. Billboard

macam-macam reklame Billboard

Billboard merupakan jenis reklame yang berisi gambar atau tulisan yang menarik dan informatif dengan ukuran yang besar, mirip baliho. Hanya saja reklame ini diletakkan pada atap dinding toko atau instansi tertentu dengan sifat permanen. 

7. Leaflet

macam-macam reklame leaflet

Leaflet adalah reklame yang berupa lembaran kecil yang dilipat dan berisi informasi lengkap dan rinci. 

Reklame berdasarkan Sifatnya

Jika dilihat dari sifatnyanya, jenis-jenis reklame dibagi menjadi dua yakni reklame komersial dan non komersial. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

1. Reklame komersial mempunyai tujuan utama untuk mempromosikan produk atau sebagai alat promosi produk, barang, jasa dan lainnya. Pada intinya, kegunaan papan reklame komersial adalah untuk bisnis, dimana terjadi pertukaran barang dan jasa dengan uang.

Dengan begitu, reklame komersial adalah salah satu bagian dari jaringan perputaran ekonomi di berbagai belahan dunia. 

2. Reklame non komersial ini merupakan kebalikan dari reklame komersial. Reklame non komersial bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pada berbagai persoalan lingkungan. Pada umumnya reklame non komersial ini digunakan oleh Lembaga swadaya masyarakat (LSM), Pemerintah dan Komunitas. 

Reklame non komersial umumnya berupa iklan layanan masyarakat, peringatan mengenai wabah penyakit, anjuran hidup sehat, dan lain sebagainya. 

Reklame Berdasarkan Tujuannya

Selain dua jenis reklame di atas, masih terdapat jenis-jenis reklame dilihat dari tujuannya, terbagi tiga menjadi:

1. Reklame peringatan

Reklame peringatan ini memiliki tujuan untuk memberi peringatan kepada masyarakat luas. Pada umunya, sifatnya akan non komersial, karena berisikan seperti tentang peringatan untuk selalu taat berlalu lintas dan peringatan agar tidak lupa membayar pajak tepat waktu.

2. Reklame ajakan

Seperti namanya, reklame ajakan bertujuan untuk mengajak masyarakat luas untuk melakukan perbuatan baik atau sesuatu yang berarti untuk lingkungan. Sebagai contoh adalah ajakan untuk berdonasi kepada korban bencana alam, ajakan untuk menjaga kebersihan lingkungan, ajakan untuk lebih peka terhadap isu Kesehatan lingkungan, ajakan untuk tidak lupa memakai masker dan ajakan untuk mengikuti protokol kesehatan. 

3. Reklame penerangan atau penjelasan

Dan selanjutnya adalah reklame penerangan yang memiliki tujuan untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat luas atau suatu permasalahan. Sebagai contoh reklame yang berisi penjelasan tentang suatu wabah penyakit dan bagaimana cara agar masyarakat luas bisa mencegah hal tersebut terjadi terhadap mereka. 

Reklame berdasarkan Jenis Media

Reklame berdasarkan media yang digunakannya terbagi atas tiga jenis, antara lain adalah:

1. Reklame visual

Reklame jenis ini dapat dilihat secara visual dan sering berada di lingkungan masyarakat, seperti tepi jalan. Contoh bentuknya adalah poster dan baliho. 

2. Reklame audio

Reklame jenis ini hanya dapat kamu dengar dan seringnya berupa iklan di radio. Atau sekarang juga bisa muncul di podcast.

3. Reklame audio visual

Reklame yang satu ini menggabungkan kekuatan audio dan visual, sehingga masyarakat luas tidak hanya bisa melihat gambar dan huruf, tapi juga bisa mendengar suara. Reklame jenis ini juga biasanya ditampilkan dalam bentuk videotron, televisi, youtube dan lain-lain, pada setiap media yang mengandung audio visual. 

Itulah macam-macam reklame yang bisa kamu jumpai di pinggir jalan. Mungkin yang paling sering kamu lihat atau jumpai adalah yang bersifat komersial dan berbentuk visual. Reklame memang salah satu cara ampuh dan lazim digunakan sebagai sarana promosi dari barang dan jasa yang ditawarkan produsen barang dan jasa. Tidak heran jika menjamurnya reklame di sekitar lingkungan kita sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat ya. 

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP