Macam Macam Pasta, Yuk Ketahui Perbedaannya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
macam pasta
Daftar Topik

Macam macam pasta. Negara Italia mempunyai makanan pokok sama seperti negara kita, namun bukan berupa nasi melainkan pasta. Siapa sih yang tidak mengenal pasta? Hampir semua orang tahu dan menyukainya. Pasta merupakan makanan pokok dari negara Italia yang mendunia. Hidangan yang satu ini begitu mudah ditemukan di kafe atau restoran pada tiap-tiap negara, bahkan termasuk Indonesia. Hal ini dikarenakan pasta cocok di lidah siapapun. Selain itu, pasta memang cukup mudah dimasak. Beberapa hidangan pasta yang terkenal di Indonesia antara lain spaghetti, macaroni, dan lasagna. Namun, sebenarnya sampai saat ini banyak sekali variasi pasta dengan bentuk dan ukuran yang berbeda. Bahkan, di negara asalnya, satu nama atau jenis di satu daerah belum tentu sama dengan daerah lainnya.

Macam macam pasta

Makanan olahan pasta biasanya terbuat dari bahan- bahan campuran tepung terigu, garam, telur, olive oil(minyak sayur), kemudian dibuat menjadi bentuk-bentuk atau lembaran-lembaran yang beraneka ragam. Cara memasaknya bisa direbus ataupun dipanggang. Meskipun cara memasak dan bahan-bahannya sama, setiap pasta mempunyai kualitas unik sendiri dan juga nama yang berbeda-beda. Berikut macam-macam pasta perlu kamu ketahui, yuk cari tahu bedanya!

  • Spaghetti

1. spagheti

Pasta satu ini sangat populer di seluruh dunia, bahkan di negara kita sendiri. Umumnya, pasta ini disebut dengan nama Mie Italia. Jika dilihat, bentuknya hampir sama dengan mie instan tapi dengan diameter yang lebih besar. Hidangan pasta ini yang banyak disukai orang adalah spageti ala bolognese, dimana spaghetti dicampur dengan saus daging cincang kemudian ditaburi keju parmesan parut.

  • Angel Hair

2. angel hair

Angel Hair memiliki nama Italia yaitu Cappeli D’Angelo. Bentukan dari pasta ini sangat mirip dengan spaghetti, namun lebih tipis dan tidak sekenyal spaghetti. Oleh karena itu, Angel Hair termasuk dalam kelompok pasta Capellini(jenis pasta yang tipis). Pasta ini memiliki diameter antara 0,85 – 0,92 milimeter. Angel Hair dapat dimasak dalam kurun waktu yang cukup singkat, hal ini disebabkan karena ketipisan dari pasta tersebut. Hidangan pasta ini biasanya disajikan dengan sayur-sayuran dan campuran daging serta ditambahi dengan saus. Berilah saus yang ringan agar mudah untuk menyelimuti pastanya dan tidak membuat pasta berjatuhan saat diangkat dengan garpu. 

  • Bucatini

3. bucatini

Kata Bucatini berasal dari bahasa Italia yaitu “buco” yang artinya lubang. Sedangkan, ”bucato” memiliki arti menusuk. Pasta ini berbentuk seperti mie mie panjang seperti spaghetti, namun lebih tebal lagi. Dan juga, pasta ini memiliki ciri khas yaitu terdapat lubang pada bagian tengahnya. Bucatini memiliki diameter 3 mm dan panjang sekitar 25-30 cm. Karena ketebalan yang dimiliki oleh pasta ini, waktu memasaknya pun lebih lama sekitar 9 menit.

  • Macaroni

4. macaroni

Selain spaghetti yang populer, ada lagi jenis pasta yang tidak kalah populernya yaitu Macaroni. Macaroni mempunyai bentuk yang lurus atau melengkung dengan lubang dibagian tengahnya. Hidangan pasta ini biasanya disajikan dengan cara dipanggang dengan keju atau dijadikan isian dalam sup. Makaroni dan saus keju adalah sebuah perpaduan yang sangat cocok, karena bagian dalam pasta ini yang berlubang dapat memenuhi saus krim dengan keju leleh yang dipasang.

  • Cavatappi

5. cavatappii

Serupa tapi tak sama. Ya begitu kira-kira kalimat yang tepat untuk pasta ini, karena bentukannya yang hampir sama dengan makaroni. Namun, pasta ini memiliki bentuk yang spesifik dan berbeda dari macaroni yaitu berbentuk tabung heliks yang mempunyai garis di tekstur pastanya. Hidangan seperti sup, salad, dan casserole biasanya menggunakan pasta ini di dalamnya.

  • Conchiglie

6. conchiglie

Dalam bahasa Italia kata Conchiglia memili arti kerang laut. Benar saja, conchiglie adalah jenis pasta yang bentukannya terlihat seperti cangkang kerang dan mempunyai rasa yang lembut. Bagian luar pasta ini bergerigi, sedangkan bagian dalamnya halus sehingga ketika diaduk, bagian dalamnya akan terisi oleh saus, serta bagian punggungnya memungkinkan saus melekat ke luar juga. Saus yang digunakan pada conchiglie biasanya saus bayam, saus tomat merah, dan saus kaldu. Pasta ini juga sering disajikan pada hidangan sup dan salad. Selain itu, conchiglie juga diproduksi dengan berbagai macam warna seperti hitam yang berasal dari tinta cumi, merah berasal dari ekstrak tomat, dan hijau berasal dari bayam.

  • Lasagna

7. lasagna

Lasagna merupakan pasta yang juga populer di dunia. Bentukan dari pasta ini yaitu berupa lembaran tipis dengan ukuran panjang sekitar 27 cm dan lebar 5 cm yang kemudian diberi isi dan disusun hingga 7 lapis. Isian dari lasagna biasanya berupa daging, sayur-sayuran, makanan laut, dan lain lain. Setelah diberi isian, pasta ini dimasak dengan cara dipanggang di oven sampai matang. 

  • Farfalle

8. farfalle

Kupu-Kupu merupakan artian kata farfalle dalam bahasa Italia. Beberapa orang menyebut pasta ini dengan “pasta dasi kupu-kupu”. Ya benar sekali, farfalle mepunyai bentuk sama seperti dasi kupu-kupu tuxedo pria dengan tepi yang bergerigi. Keunggulan dari bentuk pasta ini yaitu banyaknya sudut yang akan terkena oleh saus maupun keju sehingga rasanya semakin nikmat. Semua jenis saus cocok disajikan pada pasta ini, namun yang paling cocok adalah saus krim dan saus tomat.

  • Ravioli

9. raviolii

Italia juga mempunyai pasta yang bentuknya hampir sama dengan pastel dari negara kita, Indonesia. Sehingga, bisa dikatakan bahwa ravioli ini merupakan pangsit ala Italia. Umumnya, pasta ini berbentuk bujur sagkar, tapi kadang juga dibuat dalam bentuk setengah lingkaran dan lingkaran. Ravioli merupakan jenis pasta yang memiliki isian dan harus ditutup rapat sebelum kemudian dimasak dengan cara direbus. Isian dari pasta ini biasanya berupa keju ricotta dan bayam. Pasta ini disajikan dengan saus krim yang kental atau kaldu.

  • Fusili

10. fusili

Pasta jenis ini mempunyai bentuk spiral seperti pembuka botol. Campuran bahan-bahan seperti daging ayam, daging sapi, sayur-sayuran dapat disajikan dengan pasta ini. Ketika potongan-potongan daging dan sayur menjadi satu di antara pasta ini, akan membuat tampilannya menjadi lebih menarik. Fusili cocok hampir dengan semua saus. Selain pasta, fusili juga dapat dijadikan campuran sup, atau digoreng dengan taburan serbuk cabai.

  • Penne

11. penne

Sesuai dengan namanya, penne merupakan pasta Italia yang bentuknya menyerupai pena. Pasta ini berbentuk tabung kecil yang dipotong secara diagonal sehingga berlubang ditengahnya, dan pada bagian ujungnya runcing serta memiliki panjang sekitar 4 cm. Penne dapat disajikan dengan semua jenis saus dan juga dengan daging maupun sayuran.

 

Sekarang kita sudah tidak akan kebingungan lagi dalam membeda-bedakan berbagai macam macam spaghetti. Semoga bermanfaat ya!

Baca juga:

3 Menu Khas Lebaran yang Wajib Ada

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP