Macam-Macam Kunci Gitar Lengkap yang Harus Dipahami Bagi Pemula

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Macam-Macam-Kunci-Gitar-Lengkap-Yang-Harus-Dipahami-Bagi-Pemula[1]
Daftar Topik

Gitar merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik senarnya, dan juga alat musik berdawai. Gitar biasanya dipetik menggunakan jari maupun dengan menggunakan plektrum. Gitar memanglah sebuah alat musik yang tidak asing dan mudah dijumpai di kehidupan sehari-hari. alat musik ini terdiri atas bagian tubuh pokok dan juga bagian leher gitar sebagai tempat senar yang berjumlah 6 senar di dekat kan.

Jenis-Jenis Gitar

Menurut perkembangan jaman, gitar juga berevolusi. Karena sekarang ini juga ada gitar yang modern. Secara tradisional, gitar terbuat dari berbagai jenis kayu, dan senarnya dari nilon maupun baja. Sedangkan gitar modern badannya terbuat dari bahan material polikarbonat. Untuk penggolongan atau pengelompokan jenis gitar, dapat dibedakan menjadi 2 yaitu gitar akustik dan gitar elektrik.

Gitar akustik adalah gitar yang memiliki lubang pada badan gitar. Karena adanya lubang pada badan gitar, jadi tidak perlu diberi penguatan elektrik karena bunyi yang dihasilkan sudah cukup keras. Berbeda dengan gitar akustik, gitar elektrik memang sudah dirancang supaya bunyi yang dihasilkan bisa diperkuat secara elektrik, jadi apabila bunyi dari gitar tidak diperkuat secara elektrik maka bunyi yang dihasilkan akan lemah.

Macam-macam Kunci Gitar

Apabila Anda adalah seorang pemula dan ingin belajar memainkan gitar dengan baik, maka Anda juga harus mengetahui macam kunci gitar lengkap. Jadi apabila Anda bermain gitar jika tidak mengetahui kunci dengan baik maka permainan Anda akan tidak karuan. Berikut ini ada informasi mengenai macam-macam kunci gitar lengkap yang harus dipahami bagi pemula.

Mayor

Kunci mayor mungkin merupakan kunci yang sering Anda dengarkan dan sudah umum di masyarakat. Dan mungkin Anda juga pernah mendengar atau bahkan mengetahui kunci C mayor, D mayor, dan yang lainnya.untuk mempelajari kunci gitar mayor, Anda bisa dengan cara dasar terlebih dahulu. Misalnya, Anda mencoba memraktekkan sebuah chord A mayor. Dimulai dengan mengambil nada dasar, karena Anda akan mencoba kunci A maka nada dasarnya juga A. Chord yang termasuk chord mayor termasuk A mayor atau yang lain yang dasarnya mayor pasti terbentuk pola not 1 3 5 atau do, mi, sol, dengan do = kunci dasar tersebut. Angka-angka tersebut bisa dibilang mewakili not dan dapat memudahkan Anda memainkan kunci-kunci tertentu.

Minor

Selain kunci mayor, pasti Anda juga sering mendengar yang namanya kunci minor. Karena memang pada dasarnya kedua jenis kunci ini banyak dikenal di masyarakat. Meskipun begitu, kunci mayor dankunci minor itu berbeda. Pada kunci minor ada sedikit perubahan pada satu not pada pola mayor yang sebelumnya. Misalnya adalah chord A mayor yang berbeda dengan A minor. Perubahan terletak pada senar C# pada chord A mayor, yang berubah menjadi senar C pada chord A minor. Pola not pada chord minor adalah 1 3b 5 dengan do = kunci dasar tersebut. Perbedaan utama dari kunci chord mayor dan kunci chord minor adalah pada satu not yang memiliki letak berbeda yaitu not ke 3 yang diturunkan setengah nada.

Augmented

Kunci gitar augmented, mungkin bagi Anda yang tidak mengetahui tentang gitar dan tentang musik, mungin Anda kurang mengenal apa itu kunci gitar augmented, apalagi jika Anda masih pemula. Kunci gitar ini memiliki satu not yang berbeda dengan kunci gitar mayor, jadi tidak terlalu jauh, sama halnya dengan kunci gitar minor. Kunci gitar augmented memiliki pola pembentuk not chord 1 3 5# dengan do = kunci dasar. Not kelima dinaikkan menjadi setengah nada sehingga menjadi #5. Sehingga akan menghasilkan suara yang berbeda yaitu lebih tegang.

Diminished

Jenis unci gitar yag terakhir adalah kunci gitar diminished. Memang dibandingkan ketiga jenis kunci gitar di atas, kunci gitar diminishedlah yang paling asing agi Anda pemula yang sedang belajar bermain gitar. Berbeda dengan kunci gitar minor dan augmented, kunci gitar diminished memiliki 2 not nada yang berbeda dengan kunci gitar mayor. Sedangkan pola pembentuk diminished adalah 1 3b 5b dengan do = nada dasarnya.

Kesimpulannya, dari keempat jenis kunci gitar di atas, apabila Anda sedang belajar memainkan gitar sebagai seorang pemula, akan lebih baik apabila Anda mencoba kunci gitar yang paling mudah terlebih dahulu. Dengan begitu Anda bisa melanjutkan ke tahap yang selanjutnya. Itulah macam-macam kunci gitar lengkap. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP