Macam-Macam Irama Lagu Bacaan Al Quran

0
28920 Alquran

Macam-Macam Irama Lagu Bacaan Al Quran – Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam. Sehingga sebagai seorang muslim, sudah sepatutnya kita menjadi Al-Qur’an sebagai kebutuhan sehari-hari untuk dibaca. Bahkan, membaca Al-Qur’an memiliki banyak keutamaan. Bahkan, kini banyak sekali irama lagu bacaan Al-Qur’an yang dilantunkan, sehingga semakin menyenangkan ketika mendengarkannya.

Adapun beberapa irama lagu bacaan Al-Qur’an pada umumnya Shoba, Bayyati, Rost, Hijaz, Nahawand, Jiharka dan Sika. Nah, untuk mengetahui bagaimana macam-macam irama lagu bacaan Al-Qur’an, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Irama Lagu Bacaan Al-Qur’an

1. Bayyati



Bayyati menjadi salah satu irama lagu bacaan Al-Qur’an yang paling banyak digunakan, karena memiliki irama lagu yang bergerak lambat. Pada jenis irama ini ada empat tingkatan nada. Bayyati Husaini nawa, Bayyati aali nawa dan Bayyati asli qoror. Bayyati asli jawab dan bayatti asli jawabku jawab.

2. Shoba



Jika Anda ingin mencari irama lagu bacaan Al-Qur’an yang bergerak ringan dan cepat, Shoba adalah jawabannya. Pasalnya irama lagu ini memiliki karakter yang halus, lembut dan bernuansa penuh kesedihan. Sehingga bagi setiap pendengarnya mampu meningkatkan emosi.

Ada empat tingkatan nada pada irama lagu Shoba. Diantaranya Shoba mahur, Shoba mangkal ajam, Shoba bastanjar dan Shoba awal Maqom atau Shoba ashli.

3. Nahawand



Jenis irama lagu Nahawand ini cocok sekali dilantunkan ayat-ayat Al-Qur’an yang bernuansa kesedihan, pasalnya irama lagu ini memang lembut dan halus dan biasanya irama lagu Nahawand ini diawali dengan nada yang terletak antara jawab dan nawa.

Ada beberapa tingkatan nada pada irama lagu Nahawand. Diantaranya sebagai berikut:

  • Nahawand usaq
  • Nahawand nakriz
  • Nahawand jawab.
  • Nahawand awal maqom
  • Nahawand murakkab, dan

4. Hijaz



Irama lagu bacaan Al-Qur’an yang selanjutnya yaitu Hijaz, yang mana irama lagu ini bergerak dengan lambat dan penuh hikmat. Karakter dari irama lagu ini yaitu terkesan indah, khas ketimuran dan asli mendasar dan biasanya lagu ini akan digunakan setelah lagu nahawand. Hal tersebut memang seringkali dilakukan oleh qori’, karena jika tidak akan menimbulkan nada yang sumbang.

Ada 4 tingkatan nada pada irama lagu Hijaz, diantaranya sebagai berikut:

  • Hijaz ashli.
  • Hijaz kard.
  • Hijaz kurd.
  • Hijaz kard-kurd.

5. Rost



Irama lagu bacaan Al-Qur’an dengan gerakan yang cepat, ringan dan lincah yaitu Rost. Biasanya irama lagu ini digunakan untuk mengumandangkan adzan, sehingga menghasilkan nada-nada yang indah untuk di dengar.

Ada empat tingkatan nada irama lagu Rost. Diantaranya yaitu:

  • Rost awal maqom
  • Rost alan nawa
  • Rost syabir
  • Rost zanjiran.

6. Sika



Irama lagu bacaan Al Quran Sika memiliki karakteristik tersendiri. Seperti halnya mudah dikenali, gerakannya lambat dan khidmat, merakyat dan ketimuran. Sehingga tak heran jika banyak sekali orang yang menggunakan lagu ini untuk membaca Al-Qur’an.

Ada beberapa jenis irama lagu sika, diantaranya sebagai berikut:

  • Sika ashli atau awal maqom
  • Sika turky
  • Sika raml
  • Sika iraki.

7. Jiharka



Irama lagu bacaan Al-Qur’an yang terakhir yaitu Jiharka. Lagu ini paling banyak digunakan, dan istilahnya juga sudah tidak asing lagi, pasalnya jenis irama lagu ini memiliki karakteristik yang berirama Ramli atau minor. Selain itu, irama ini juga terkesan sangat manis saat di dengar.

Irama lagu ini tidak asing lagi, karena biasanya sering dilantunkan ketika takbiran di hari raya. Baik itu hari raya idul Fitri atau hari raya idul adha. Biasanya untuk memulai lagu Jiharkah ini sama dengan awal lagu sikah. Setelahnya irama dianjurkan dengan suara minor yang lurus serta nada yang sedikit lebih tinggi di bagian akhirnya. Gerakan-gerakan irama yang sama sebelumnya masih tetap dijaga. Ada dua tingkatan dari irama lagu Jiharkah yaitu  jiharka awal maqom dan jiharka maqom jawab.

Keutamaan Membaca Al Qur’an dengan Irama Lagu


28920 AlquranMungkin ada sebagian orang yang mempertahankan apa hukum dari membaca Al-Qur’an menggunakan irama lagu? Sebenarnya hukumnya boleh, karena bisa memperindah bacaan Al-Qur’an.

Hal tersebut sudah dijelaskan dalam sebuah hadis bahwa Rasulullah shallallhu ‘alaihi wasallam pun menganjurkan hal tersebut, berikut ini  terjemah dari haditsnya:

Dari al Barra ra, Rasulullah shallallhu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Hiasilah Al Qur’an dengan suara indahmu. Karena suara yang indah menjadikan bacaan Al Qur’an menjadi lebih bagus.” (HR. Al Hakim).

Meski begitu, membaca Al-Qur’an dengan irama lagu boleh saja dilakukan. Dengan catatan jangan sampai mengubah dan merusak makna dari Al-Qur’an itu sendiri.

Irama lagu bacaan Al-Qur’an memang sangat beragam. Yang setiap irama lagu tersebut memiliki karakteristik tersendiri, sehingga bisa disesuaikan dengan ayat yang akan dibaca. Apapun irama lagu yang digunakan, jangan sampai mengubah dan merusak makna dari Al-Qur’an itu sendiri.

BACA JUGA!

Keutamaan dan Pengertian Iman Kepada Kitab Allah

Update Terbaru elevenia:

Kenalan sama eMart: