Macam Macam Hand Tools Harus Dimiliki

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Kunci
Daftar Topik

Macam macam hand tools. Banyak sekali pesawat sederhana yang sehari-hari kita jumpai untuk memudahkan kita dalam mengerjakan sesuatu. Pesawat sederhana ini didesign sedemikian rupa sehingga kita mudah menggunakannya bahkan tanpa perlu menggunakan listrik. Pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai beberapa jenis hand tools yang sering kali digunakan dalam kehidupan sehari-hari termasuk didalamnya berbagai jenis kunci untuk membuka baut, dll. Bagi kamu yang belum tau apa itu hand tools, hand tools adalah alat bantu kerja yang bisa digunakan secara langsung oleh tangan tanpa bantuan daya lain.

Kamu pengguna kendaraan bermotor, tentunya kerap kali membutuhkan beberapa macam hand tools untuk urusan otomotif nih, misalkan beberapa jenis kunci (wrench) yang tentunya punya fungsi masing-masing. Tak hanya itu, hand tools juga mencakup alat-alat lain seperti berbagai jenis tang (plier), obeng (screwdriver), dll. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak artikel ini sampai habis ya!

Macam macam hand tools

  • Kunci (Wrench)

Kunci

Hand tools yang pertama adalah kunci yang digunakan untuk mengencangkan suatu baut pada mur-nya ataupun sebaliknya. Kunci ini sendiri biasanya akan dilapisi oleh lapisan logam lain seperti krom maupun nikel untuk membuat alat tersebut menjadi lebih tahan lama dan tahan karat serta tidak mudah aus. Bahan dari kunci ini sendiri biasanya adalah baja.

1. Kunci Pas (Open end wrench)

Kunci jenis pertama adalah kunci pas. Kamu biasanya menggunakan ini untuk mengendurkan mur. Tapi ada catatan penting yang perlu kamu perhatikan saat menggunakan kunci ini, yaitu jangan gunakan kunci jenis ini untuk membuka baut yang masih terpasang sangat kencang. Hal ini karena gengaman dari kunci pas ini tidaklah terlalu kuat, sehingga melakukan demikian akan membuat kunci mudah aus.

2. Kunci Ring (Offset Ring Wrench)

5d60cfc895904

Jenis kunci selanjutnya yang fungsinya sama dengan kunci sebelumnya adalah kunci ring. Bentuknya yang melingkar dan design khusus, menjadikan kunci ini sangat tepat untuk mengendurkan baut dan mur dari posisi yang masih kencang. Kunci jenis ini juga tentunya memiliki ukuran yang bervariasi yang tentunya menyesuaikan ukuran dari mur dan baut yang ingin dilepas. 

3. Kunci Pas-Ring/ kunci kombinasi (combination wrench)

macam macam hand tools kunci pas

Kunci selanjutnya yang juga berguna sekali adalah kunci kombinasi dari dua jenis sebelumnya yang telah disebutkan. Dengan kombinasi ini, kamu bisa mendapatkan dua fungsi dalam satu genggaman. Kombinasi dari keunggulan jenis kunci yang disebutkan sebelumnya, menjadikan alat ini terbilang paling praktis dibandingkan yang sebelumnya.

4. Kunci Roda (wheel brace)

macam macam hand tools kunci roda

Jenis kunci selanjutnya yang umum dijumpai adalah kunci roda. Kunci jenis ini sangat umum kamu lihat deh pokoknya. Sesuai dengan namanya, kunci ini memang dikhususkan untuk membuka baut pada roda. Kunci ini biasanya memiliki empat cabang dengan ukuran masing-masing yang berbeda. Dengan empat cabang ini, kamu bisa membuka mur roda dengan lebih mudah. 

  • Kunci Socket (Socket Wrench)

macam macam hand tools kunci ring

Hand tools selanjutnya yang umum digunakan adalah socket wrench nih. Socket wrench ini memiliki fungsi yang sebenarnya mirip dengan kunci biasa. Alat ini juga berguna untuk mengencangkan dan mengendurkan mur dan baut. Namun yang menjadi perbedaan dari alat sebelumnya adalah alat ini dikatakan lebih proper dibandingkan yang sebelumnya.

Kunci socket itu sendiri biasanya disimpan dalam suatu kesatuan yang komplit dengan beberapa alat-alat sejenis. Berikut adalah beberapa alat yang tergolong ke dalam kunci socket:

1. Ratchet

Ratchet adalah alat yang digunakan untuk mengencangkan atau mengendurkan baut dan mur tanpa harus mengangkat/ melepaskan kunci socket dari mur/ baut. Hal ini tentunya akan membuat pekerjaan menjadi lebih praktis dan cepat.

2. Batang geser T

Batang geser T

Alat selanjutnya adalah batang T yang berguna untuk mengencangkan baut dan mur dengan memanfaatkan dua tekanan yang berbeda dari kedua gagangnya. Hal ini tentunya akan mempermudah kamu dalam melakukan pengencangan baut atau pelepasan baut.

3. Speed Handle

Alat selanjutnya yang tersedia adalah speed handle dimana memiliki keunikan fungsi dimana dapat menjangkau baut yang letaknya di luar jangkauan tangan kita.

4. Batang Universal (Breaker Bar)

Batang universal ini berguna untuk memperpanjang lengan socket yang kita mau dengan cara menyambungkan batang tersebut dengan socket yang kamu miliki. Hal ini bertujuan untuk memperpanjang lengan socket sehingga memperbesar torsi yang bisa kita hasilkan ketika ingin membuka sebuah baut. Oleh karenanya alat ini berguna untuk membuka baut yang terbilang cukup sulit untuk dibuka dengan socket biasa.

  • Obeng (Screwdriver)

Alat selanjutnya yang paling umum kamu jumpai adalah obeng. Obeng bisa dikatakan sebagai perkakas yang bahkan sangat wajar jika ditemui di rumah pribadi, bahkan jika orang tersebut bukanlah seorang montir atau seseorang yang suka dengan otak atik otomotif. Hal ini karena banyaknya kegunaan dari obeng itu sendiri yang membuatnya menjadi perkakas yang hampir wajib dimiliki oleh setiap rumah.

1. Obeng Min

Salah satu jenis obeng yang sering dijumpai adalah jenis obeng min. Namanya mengindikasikan mata dari obeng ini yang berbentuk strip. Obeng jenis ini tentunya hanya berguna untuk mengencangkan atau melepaskan mur yang kepalanya berbentuk min.

2. Obeng Plus

Sama dengan sebelumnya, obeng jenis ini berfungsi untuk mengencangkan dan melepaskan mur yang kepalanya berbentuk plus.

3. Obeng Bermagnet

Jenis obeng ini memiliki fitur yang menarik dimana terdapat magnet sehingga memudahkan kita untuk memasang mur ataupun melepas mur.

4. Obeng taspen

Fitur utamanya adalah bisa mengecek keteradaan aliran listrik pada benda yang disentuhnya.

  • Tang

mamacam macam hand tools Tangcam macam hand tools

Alat selanjutnya adalah tang yang berguna untuk mencengkram, memotong, dan menjepit sebuah benda. Tang sendiri memiliki beberapa macam jenis dengan fungsi yang berbeda-beda. Beberapa jenis tang yang ada meliputi, tang potong, tang kombinasi, tang cucut, dll.

  • Palu

macam macam hand tools palu

Palu adalah hand tools yang berguna untuk memaku, menempa, dan/atau memberikan tekanan yang besar pada suatu objek. Tentunya kamu sudah sangat familiar dengan hand tools yang satu ini. kamu juga sudah pasti bisa menggunakan alat ini kan. Terdapat beberapa jenis palu, yaitu palu paku, palu karet, palu konde, dll.

 

Itulah dia review dari macam macam hand tools yang paling umum dijumpai di kehidupan sehari-hari. Manakah yang paling mahir dan paling sering kamu gunakan?

Baca juga:

Harga Helm Full Face Terbaru Berkualitas

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP