Macam-Macam Gaya Renang yang Mudah Dipelajari

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
16420-renang gaya punggung
Daftar Topik

Berenang menjadi salah satu kegiatan olahraga yang mempunyai banyak penggemar. Berenang juga dijadikan sebagai cabang olahraga sampai tingkat internasional. Apabila Anda masih belum bisa melakukan olahraga yang satu ini, maka pastikan untuk mempelajari cara berenang dengan baik dan belajar macam macam gaya renang.

Bagi seorang pemula seperti Anda, maka dibutuhkan pelatihan berenang dengan gaya yang mudah sehingga cepat bisa berenang. Jangan sampai Anda memilih gaya berenang yang sulit saat pertama kali belajar berenang. Lalu gaya berenang apa saja yang bisa dipilih seorang pemula? Yuk, ikuti penjelasannya di bawah ini.

1. Berenang Gaya Bebas


Untuk teknik pertama bagi seorang pemula bisa menggunakan berenang gaya bebas, yang mana gaya ini menekankan pada kebebasan ketika menggunakan kaki dan juga tangan pada saat meluncur dalam air. Berenang dengan menggunakan gaya bebas seperti ini memang masih memiliki aturan ketika pengaplikasiannya, meskipun memiliki nama gaya bebas.

Untuk langkah pertama ketika belajar gaya bebas, pastikan badan berada pada posisi permukaan air. Kemudian pastikan posisi tangan mampu mengayun ke depan yang kemudian gerakan kaki menendang yang hampir menyerupai ketika menggunting. Sedangkan pada teknik pengambilan nafas pada gaya bebas ini, Anda bisa memanfaatkan ketika posisi tangan tengah berada di atas pada saat mengayuh. Anda bisa memposisikan kepala menggeleng ke arah kanan ataupun kiri dan pernafasan diambil melalui mulut.

2. Berenang dengan Gaya Punggung


Untuk macam-macam gaya renang yang kedua merupakan gaya punggung, dimana gaya ini merupakan teknik renang yang memposisikan tubuh terlentang menghadap ke atas sehingga posisi punggung tepat berada dalam air. Untuk gerakan pada bagian tangan dan di kaki sama persis seperti berenang gaya bebas.

Namun terdapat perbedaan dari gaya renang ini dengan gaya bebas, yang mana berada pada arah yang berlawanan dari gerakan kaki dan juga tangannya. Dikarenakan wajah menghadap ke atas maka untuk teknik pengambilan nafas pun jauh lebih mudah karena Anda bisa melakukan kapan saja.

3. Berenang dengan Gaya Dada


Untuk gaya renang yang Berikut ini merupakan gaya renang dada sedangkan untuk istilah internasionalnya adalah breaststroke swim. Mengenai gaya renang dada ini merupakan teknik renang yang hampir menyerupai katak pada saat berenang. Pergerakan yang ditimbulkan dari gaya ini memang terkesan jauh lebih lambat, dan gaya renang ini sangat cocok dilakukan untuk Anda yang suka berenang dengan tempo yang santai.

Teknik ini sendiri memang menitikberatkan pada kekuatan kaki dan juga tangan untuk bisa menggerakkan tubuh maju ke depan. Ketika menggunakan gaya renang dada, ada harus tepat dalam memposisikan dada ke permukaan air. Sedangkan untuk posisi kedua kaki diharuskan menendang ke arah luar, Kemudian untuk tangan harus bergerak lurus ke depan.

Yang selanjutnya tangen nantinya akan dibawa ke samping untuk bisa mendorong tubuh agar maju ke depan. Untuk proses pengambilan nafas Anda bisa melakukan setelah satu kali atau dua kali gerakan tangan dan kaki.

4. Berenang Gaya Kupu-Kupu


Sesuai dengan nama gaya renang tersebut di mana gaya ini memang memiliki gerakan yang sangat mirip dengan kupu-kupu. Awal mula diakuinya gaya renang satu ini terjadi pada tahun 1933, yang mana gaya renang tersebut sudah dipertandingkan di berbagai macam perlombaan renang.

Gaya berenang kupu-kupu ini bisa dikatakan menjadi gaya renang yang terbilang cukup sulit jika dilakukan oleh seorang pemula. Karena memang membutuhkan kekuatan yang sangat besar bagi seorang perenang ketika melakukan gerakan kupu-kupu. Irama kaki dan juga tangan ketika melakukan teknik ini memang sangat penting sehingga mampu mengontrol kecepatan.

5. Berenang Gaya Samping


Gaya yang satu ini menjadi salah satu gaya berenang yang sangat jarang sekali untuk diperlombakan dalam kompetisi internasional ataupun nasional. Sehingga tak heran menjadikan gaya renang ini sangat jarang diketahui oleh para pemula. Namun, perlu Anda ketahui jika gaya berenang ini mengutamakan sisi samping pada bagian tubuh.

6. Berenang Gaya Anjing


Posisi kepala pada saat menggunakan teknik ini harus tepat berada di atas air. Sedangkan untuk posisi tangan dan juga kakinya melakukan gerakan menendang yang hampir sama ketika seekor anjing berenang di air. Itulah mengapa gaya berenang yang satu ini disebut sebagai renang gaya anjing dikarenakan rangkaian gerakan yang dilakukan hampir sama dengan gerakan anjing ketika berenang.

Jika dilihat memang cukup sulit untuk berlatih berenang bagi seorang pemula. Namun, Anda bisa menggunakan jasa instruktur renang yang akan membantu Anda untuk mempelajari macam macam gaya renang yang mudah. Pastikan pula Anda mengkonsumsi makanan yang baik untuk menunjang kekuatan anda ketika belajar berenang.

BACA JUGA!

Merk Kacamata Renang Terbaik dan Murah

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA