Lumpuh Separuh Wajah: Bell’s Palsy

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Lumpuh Separuh Wajah Bell's Palsy
Daftar Topik

Apakah anda pernah merasakan lumpuh sebelah pada wajah, atau ketika tersenyum sulit untuk menarik salah satu dari otot wajah atau tidak maksimal? Bila anda menanyakan hal ini kepada seorang dokter, pastinya ada dua hasil; stroke atau bell’s palsy. Lalu, apakah bell’s palsy itu? Apa bedanya dengan stroke?

Apa itu Bell’s Palsy?

Bell’s Palsy adalah kelumpuhan atau kelemahan otot pada salah satu sisi wajah yang bersifat sementara. Kondisi ini dapat terlihat sebagai wajah seperti melorot sebelah. Bell’s Palsy atau kelumpuhan pada separuh wajah ini disebabkan oleh lumpuhnya syaraf fasialis atau syaraf nomor 7, biasanya karena infeksi virus. Namun beberapa pendapat juga mengatakan, terutama pengobatan dari Timur, bisa terjadi karena terpapar oleh angin dingin seperti AC atau angin malam.

Beda Bell’s Palsy dengan Stroke?

Stroke biasanya tidak menyerang bagian tertentu, tapi bisa hingga separuh anggota tubuh yang mengalami kelumpuhan. Sedang Bell’s Palsy hanya menyerang separuh otot wajah. Dan biasanya, penderita Bell’s Palsy tidak merasakan sakit apa-apa. Bahkan banyak orang yang mengetahui kelumpuhan separuh itu dari orang lain dan tidak langsung sewaktu bangun tidur.

Gejala Bell’s Palsy

Bell’s Palsy memiliki gejala yang berbeda pada sebagian orang, tetapi biasanya disadari saat baru saja bangun tidur. Dan kelumpuhan yang disebabkan oleh Ball’s Palsy pada salah satu sisi wajah bisa dalam bentuk kelumpuhan sebagian atau kelemahan otot ringan dimana masih ada pergerakan otot wajah walau sulit, dan dalam bentuk kelumpuhan total dimana otot wajah tidak bisa bergerak sama sekali.

Bagian wajah yang terpengaruh adalah kelopak mata dan mulut, kedua bagian ini akan sulit digerakkan, dibuka ataupun ditutup. Bell’s Palsy biasanya tidak menyebebkan nyeri di wajah dan terjadi hanya pada otot wajah saja. Apabila ada bagian tubuh lainnya yang mengalami kelumpuhan, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Cara sembuhkan Bell’s Palsy

Pada umumnya,70% penderita penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 2-3 minggu, tapi untuk pemulihan sepenuhnya membutuhkan waktu hingga 10 bulan. Dan apabila ditangani dengan baik, akan lebih cepat dan hasilnya akan jauh lebih baik.

Untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi di saraf wajah, anda bisa menggunakan prednisolone atau prednison yang merupakan kelompok obat kortikosteroid. Untuk mencegah masalah kelopak mata yang tidak bisa menutup, anda memerlukan obat tetes mata dan isolasi untuk membantu menutup mata agar tidak kering.

William
William
Seorang penulis dan pemain kartu Tarot. Suka hilang di antara lamunan dan keanehan yang jamak.
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP