Jenis Loyang Kue yang Perlu Kamu Ketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
2. cake pans
Daftar Topik

Loyang kue. Sebagai pemula dalam membuat kue, banyak alat-alat dan bahan-bahan kue yang harus dicermati salah satunya yaitu alat yang bernama loyang. Tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan kata loyang, tapi mari kita simak dulu pengertiannya ya. Menurut KBBI, loyang adalah talam yang terbuat dari seng atau alumunium tempat adonan yang dimasak. Pengertian singkatnya loyang merupakan wadah yang digunakan sebagai cetakan adonan kue. Banyak macam-macam jenis loyang, apalagi sekarang di pasaran semakin bertambah jenisnya. Jangan sampai kamu salah dalam memilih loyang kue, karena setiap jenis loyang mempunyai kegunaan atau fungsi yang berbeda. Beda jenis kue beda pula jenis loyang yang akan digunakan. Pastikan terlebih dahulu sebelum membeli loyang kue, sebelum nantinya hanya akan terbengkalai dan tidak terpakai. 

Jenis-jenis loyang dalam pembuatan kue

Tidak bisa sembarangan dalam menggunakan loyang kue, karena beda jenis loyang beda pula kegunaannya. Untuk membuat bermacam-macam kue pastinya membutuhkan lebih dari satu jenis. Jadi, jika kamu ingin mendapatkan hasil terbaik dalam pembuatan kue pertama kamu sebaiknya sesuaikan jenis loyang yang akan dipakai dengan jenis kue yang akan dipanggang. Berikut jenis-jenis loyang yang perlu kamu ketahui sebagai pemula.

  • Baking Dish

1. baking dishh

Baking Dish biasa disebut juga dengan loyang datar atau cookie sheet. Benda ini sangat disarankan untuk kamu sebagai pemula dalam membuat kue, karena dapat mencegah cairan atau adonan yang melebar tumpah saat dipanggang. Jenis yang cocok dengan kegunaan loyang ini yaitu kukis, scones dan lainnya. Bentuknya adalah tipis rata (pipih) dengan bagian pinggir yang berbingkai, dan memiliki tinggi hanya 3 cm yang ditujukan agar hasil dari tekstur kue kering matang secara merata dan juga renyah. Kue kering sendiri berukuran kecil dan pipih sehingga dalam memanggangnya ini tidak membutuhkan loyang yang berukuran tinggi.

Di pasaran ataupun toko perlengkapan kue, biasanya baking dish dijual dengan ukuran 30 cm x 20 cm, tapi kamu pastinya akan menemukan banyak varian lainnya.

  • Cake Pan

2. cake pans

Benda satu ini sangat familiar dikalangan pembuatan kue dan sudah sangat umum digunakan. Jenis kue yang cocok dengan kegunaan loyang ini yaitu kue bolu marmer, kue lapis, dan berbagai macam kue lainnya. Bentukan dari cake pan sangat bermacam-macam, yaitu antara lain bentuk persegi, persegi panjang, bulat, hati, dan lainnya sehingga kamu bisa membuat kue dengan bentuk yang bervariasi pula.

  • Roll Pan

3. roll pans

Jika dicermati, bentukan dan desain roll pan hampir menyerupai baking dish. Tetapi, keduanya mempunyai fungsi yang berbeda. Roll pan digunakan hanya untuk jenis kue bolu gulung. Loyang ini memiliki tinggi yang sudah disesuaikan dengan ketebalan kue bolu gulung pada umumnya yaitu hanya 2,5 cm. Adapula, roll pan yang mempunyai permukan bergerigi. Jenis loyang ini akan membuat hasil dari kue bolu gulung lebih menarik dengan tekstur yang bergelombang.

  • Springform Pan

4. springform pan

Loyang bongkar pasang adalah nama yang lebih dikenal dari Springform Pan. Disebutkan dengan kata-kata “bongkar pasang”, karena loyang ini memiliki kunci di bagian samping yang dapat ditutup dan dilepas sehingga pada saat dipanggang tidak akan tumpah serta pada saat matang pun adonan dapat dikeluarkan dengan mudah. Springform pan memiliki ukuran diameter 20 cm dan tinggi 10 cm. Jenis kue yang menggunakan loyang ini biasanya adalah cheesecake, quiche, tortes, dan lain sebagainya. Penggunaan loyang ini pada pembuatan cheesecake akan membuat adonan yang tidak kokoh seperti kue bolu tetap akan menarik dan juga rapi, karena ketika cheesecake akan disajikan kamu dapat melepaskan bagian tepi loyang secara praktis. 

  • Bundt Pan

5. bundtpans

Bundt pan atau loyang tulban mempunyai ciri khas yaitu bagian lubang di tegah loyang. Loyang tulban juga sering disebut loyang cincin dikarenakan adanya lubang tersebut. Manfaat dari lubang ini yaitu untuk menyebarkan panas secara merata saat memanggang adonan kue. Jadi, ketika cake keluar oven maka tekstur cake baik pada bagian sekitar lubang maupung pinggir akan lembut secara merata. Oleh karena itu, loyang tulban biasa digunakan pada jenis yang bertekstur lembut, berpori, dan tidak sulit dikeluarkan dari loyang contohnya seperti sponge cake, angel food cake, chiffon, dan pound cake. Loyang ini jika dilihat secara sekilas berbeda dari loyang-loyang pada umumnya. Bentukannya bervariasi yaitu seperti bulat polos, bergelombang, dan kincir. Memiliki ukuran dari yang kecil hingga yang besar, tergantung dari tinggi dan lebar kue yang akan dibuat. Serta, terbuat dari bahan-bahan alumunium, stainless steel, dan silicon. 

  • Tart Pan

6. tart pan

Tart pan biasa disebut juga dengan nama loyang kue pie. Sebagai pecinta kue, kamu pasti sudah tidak asing dengan kue pie. Loyang ini mempunyai bentuk yang unik yaitu pada bagian sisinya bergerigi sehingga dapat membuat kerak(lapisan terluar) mengering dan terlihat bagus. Selain itu, bagian bawahnya dapat dilepas-pasang sehingga dapat mengeluarkan adonan kue dengan mudah tanpa merusak tampilan kue. 

  • Muffin Pan

7. muffin pans

Sesuai dengan namanya, ini memang dikhususkan untuk memanggang kue muffin atau cupcake. Ukuran dari muffing pan ini bervariasi, kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan. Biasanya, dalam satu loyang terdiri dari 6 sampai 12 lubang dan per lubang memiliki diameter sebesar 8 cm. Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui dalam penggunaan muffing pan yaitu  berilah alas dengan paper cup sebelum diisi dengan adonan supaya, kue matang dapat dilepas dengan mudah. Kemudian, jika ingin kue mengembang dengan sempurna maka isilah loyang dengan adonan hingga 3/4 penuh.

Nah, sekarang kamu sebagai pemula sudah tau kan bermacam-macam jenis loyang dalam pembuatan kue? Ingat yaa jangan sampai salah pilih, pilihlah sesuai kegunaan agar bermanfaat untuk kedepannya. Semangat untuk pembuatan kue pertamamu!

Baca juga:

10 Jenis Jambu Air yang Dapat Ditemui di Indonesia

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP