4 Jenis Lem Tahan Air Sesuai Kebutuhanmu

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
1. lem epoksi
Daftar Topik

Lem tahan airApa saja yang perlu dipertimbangkan untuk memilih jenis lem yang tepat? Tentu saja daya rekatnya. Namun ada hal lain yang perlu diperhatikan yaitu ketahanan lem saat terpapar air. Apalagi jika benda yang kita rekatkan merupakan sebuah wadah yang kerap bersentuhan dengan air. Contohnya, freezer kulkas, mangkuk plastik, ember air, dan wadah plastik lainnya.

Lem tahan air

Kali ini kita akan membahas empat rekomendasi lem plastik tahan air sesuai dengan kebutuhanmu.

1. Lem Epoksi

Lem ini biasanya digunakan untuk merekatkan bahan plastik yang keras dan sulit merekat. Lem epoksi memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap air. Oleh karena itu lem epoksi harus digunakan dengan sangat berhati-hati dan tidak disarankan untuk merekatkan benda dengan permukaan tipis. Keunggulan lem epoksi yang menggumpal setelah kering memungkinkan lem epoksi untuk menjadi pengisi celah maupun bagian retak. Meskipun demikian, lem epoksi juga memiliki kelemahan yaitu penggunaannya yang kurang praktis. Lem epoksi akan dapat digunakan secara optimal jika dicampurkan dengan komponen lain. Jika tidak dicampurkan dengan komponen lain penggunaan lem epoksi rentan gagal.

2. Lem Cyanoacrylate

lem tahan air - 2. Lem Cyanoacrylate

Lem Cyanoacrylate juga dikenal sebagai super glue, power glue atau krazy glue. Nama cyanoacrylate berasal dari nama bahan yang digunakan sebagai penyusunnya. Super glue memang tidak memiliki ketahanan air sebaik epoksi, namun jenis lem ini lebih murah dan mudah diaplikasikan. Lem super glue biasanya digunakan untuk merekatkan benda berbahan plastik seperti pipa, beberapa alat elektronik, dan mainan berbahan plastik. Akan tetapi jenis lem ini juga dapat digunakan untuk merekatkan benda-benda lain yang berbahan kayu, karet, logam, kulit, bahkan keramik. 

3. Lem EVA

Nama lem EVA bukan berasal dari nama penciptanya atau nama penemunya. Sama seperti lem cyanoacrylate, nama EVA merupakan singkatan dari bahan penyusunnya yaitu ethylene vunyl acetate. Lem ini tidak memiliki ketahanan air yang tinggi, sehingga biasanya hanya digunakan untuk merekatkan lapisan dengan bahan HPL (High Pressure Laminate) dan PVC (polyvinyl chloride). Akan tetapi, lem EVA memiliki ketahanan terhadap kelembapan yang cukup baik. Selain itu lem EVA juga memiliki kelebihan lain, yaitu kuat, tahan lama, aman digunakan, cepat kering, mudah diaplikasikan, daya sebar luas, hemat, meresap dengan baik, dan murah. Lem EVA memiliki fungsi yang cukup beragam namun yang paling sering ditemukan adalah lem EVA yang berfungsi sebagai bahan adesif. Dalam kegiatan sehari-hari lem ini dapat digunakan untuk merekatkan benda berbahan HPL ke furnitur, benda berbahan HPL ke dinding, benda berbahan LPL (Low pressure laminate), sol sepatu, dan berbagai benda lainnya yang sulit direkatkan dengan menggunakan lem kayu.

4. Glue Stick

lem tahan air - glue stick

Glue stick merupakan istilah lain dari lem hot melt atau lem tembak. Tentunya istilah ini terdengar lebih familiar, kan? Karena memang jenis lem ini dapat kita temukan dengan mudah di toko-toko peralatan kerajinan tangan. Dibandingkan dengan jenis-jenis lem sebelumnya yang sudah kita bahas, lem tembak memiliki ketahanan terhadap air yang paling lemah. Seperti istilah yang sudah kita ketahui bersama, ada harga ada kualitas. Kalau bicara soal harga, lem tembak memang memiliki harga yang paling terjangkau disbanding jenis lem plastik yang lainnya. Pada umumnya, lem tembak sering digunakan untuk membuat kerajinan tangan, aneka aksesoris, produk percetakan, produk kesehatan, produk kemasan, dan beberapa hasil industri lainnya.

Semua tinggal kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Harga dari lem-lem ini cukup variatif. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga dari lem yang akan kamu beli seperti kualitas, kemasan, toko yang menjual, dan merk. Namun biasanya jenis lem yang harganya cukup mahal adalah lem epoksi. Hal ini mungkin disebabkan oleh ketahanannya terhadap air yang sangat baik. Untuk jenis lem lain biasanya relatif murah dan terjangkau bahkan dapat ditemukan dengan mudah. Kamu nggak perlu bingung lagi untuk menentukan lem plastik apa yang harus kamu gunakan.

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP