8 Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
layar hp tidak bisa disentuh sebagian 3. pijat layar hp
Daftar Topik

Layar hp tidak bisa disentuh sebagianPernah nggak sih kesulitan mengetik dengan keyboard HP karena ada huruf-huruf tertentu yang nggak bisa disentuh? Atau kesulitan bermain game karena sebagian layar tidak berfungsi dengan baik? Kasus ini tidak jarang kita temukan pada HP berlayar sentuh. Layar atau LCD merupakan salah satu bagian HP yang rentan mengalami kerusakan. Meskipun saat ini perkembangan teknologi semakin canggih sehingga menghasilkan berbagai jenis perangkat pelindung LCD, tidak menutup kemungkinan terjadinya kerusakan layar HP.

Kerusakan ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu, benturan saat HP terjatuh yang bisa membuat layar sentuh menjadi tidak berfungsi secara tiba-tiba. Apalagi jika terkena layarnya langsung, terkena air yang biasanya masuk ke bagian tertentu pada layar sehingga mengakibatkan layar tidak bisa bekerja sebagian, umur HP yang memang sudah usang, tertekan benda berat, penggunaan charger bukan bawaan. Arus listrik yang dihasilkan oleh charger ini seringkali tidak stabil sehingga mengakibatkan layar menjadi panas. Namun selama HP masih dapat berfungsi dengan baik meskipun retak akibat jatuh, kamu tidak perlu terburu-buru untuk mengganti layar.

Layar hp tidak bisa disentuh sebagian

Kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa penyebab kerusakan layar HP-mu. Kamu juga bisa mencoba beberapa alternative cara untuk mengatasi layar HP-mu yang sebagian tidak bisa disentuh.

1. Restart Ponsel

layar hp tidak bisa disentuh sebagian 1. restart hp

Langkah pertama dan paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi layar HP tidak dapat disentuh sebagian adalah dengan melakukan start ulang. Caranya adalah dengan menekan tombol power pada HP selama beberapa detik, lalu akan muncul pilihan restart. Dengan menyentuh pilihan restart HP-mu akan mati dalam beberapa saat dan hidup kembali. Prosedur ini merupakan siklus daya yang dapat menghapus semua bug atau gangguan yang telah terjadi pada sistem operasi. Selain itu, tujuan lain dari langkah ini adalah untuk mendinginkan perangkat. Seringkali ketika ponsel sudah dipakai terlalu lama dan menjadi panas, permukaan layar pada ponsel tidak dapat berfungsi dengan baik. Dalam kebanyakan kasus, langkah yang ini mampu menyelesaikan masalah yang terjadi pada sebagian layar

2. Aktifkan Menu Pointer Location

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan jika layar hp tidak dapat disentuh sebagian adalah dengan mengecek touchscreen apakah memang benar-benar rusak atau hanya kurang sensitif saja dengan cara mengaktifkan pointer location. Yang perlu kamu perhatikan adalah merek ponsel yang berbeda, maka cara mengaktifkan menu pointer location-nya juga akan berbeda. Setelah diaktifkan kamu perlu melihat layar HP-mu. Jika layar HP kamu baik-baik saja, maka akan muncul garis. Jika garis ini tidak muncul, berarti layar HP kamu memang benar-benar rusak.

3. Pijat Layar

layar hp tidak bisa disentuh sebagian 3. pijat layar hp

Jika layar HP tidak dapat disentuh sebagian akibat sering terjatuh, maka cara ini sangat wajib untuk kamu coba. Memijat atau menekan layar HP berfungsi untuk dapat mengencangkan bagian layar HP yang mungkin sudah longgar karena sering jatuh. Caranya pun cukup mudah, langkah pertama adalah dengan menekan bagian layar dan juga casing. Setelah itu, gunakan ibu jari untuk menekan pada bagian layar yang tiba-tiba rusak. Langkah terakhir adalah dengan menggunakan jari telunjuk. Gunakan jari telunjuk untuk menekan casing bagian belakang hp.

4. Cek Posisi LCD

layar hp tidak bisa disentuh sebagian 4. cek posisi lcd

Jika sebelumnya ponsel kamu mengalami masalah karena terjatuh, selain dengan memijat layar kamu juga perlu mengecek posisi LCD. Kalau takut membuka LCD sendiri karena tidak memiliki pengalaman, kamu bisa membawanya ke tempat servis HP.

5. Cek dan Bersihkan Pemakaian RAM Android

layar hp tidak bisa disentuh sebagian 5. cek dan bersihkan ram

Masalah sistem atau software juga dapat mempengaruhi penggunaan touchscreen atau layar HP kamu. Salah satunya adalah RAM yang sudah terlalu penuh. Ketika RAM terlalu penuh, respons sistem akan berkurang sehingga bisa memunculkan suatu bug tertentu. Salah satu dampaknya adalah bagian layar tertentu tiba-tiba tidak berfungsi. Kamu bisa mengecek kondisi RAM dengan cara membuka menu setelan, lalu masuk ke menu memori, kamu bisa mengecek pemakaian RAM di sana dan membersihkannya. Alternatif lainnya kamu bisa juga menggunakan aplikasi cleaner atau melakukan force stop pada aplikasi yang tidak diperlukan melalui setelan HP.

6. Ganti Charger 

Apakah layar HP kamu tidak berfungsi sebagian terjadi saat HP sedang di cas? Kalau iya, bisa jadi charger-nya yang bermasalah. Charger memang bisa berpengaruh menghilangkan respon tertentu dari HP. Untuk cara mengatasinya, direkomendasikan untuk mengganti charger HP. Lebih baik kamu menggunakan charger yang original, karena masalah touchscreen ini hanya gejala jangka pendeknya saja. Jika terus menerus menggunakan charger yang tidak sesuai, baterai HP bisa rusak, HP sering mati sendiri, bahkan tidak bisa menyala lagi.

7. Ubah Resolusi Layar

Resolusi layar HP saat ini relatif beragam, namun paling tidak sudah mengusung layar HD atau Full HD. Resolusi ini biasanya sudah disesuaikan dengan ukuran layar. Nah, kamu bisa mengakali kerusakan sebagian layar dengan mengubah resolusinya menjadi lebih kecil. Dengan begitu, kamu bisa menghindari bagian touchscreen yang tidak berfungsi. Caranya begini, buka setelan di HP-mu, masuk ke menu tentang ponsel lalu ketuk Nomor Bentukan beberapa kali, setelah itu ketuk tombol kembali, kemudian masuk ke Opsi Pengembangan, cari opsi Smallest Width (Lebar Terkecil), ubah nilainya menjadi lebih rendah dari sebelumnya sesuai kebutuhan. Tampilan layar HP nantinya akan sedikit berubah namun masih tetap dapat digunakan untuk kegiatan-kegiatan ringan. 

8. Gunakan Mouse

Mouse juga bisa dipakai di HP seperti saat kamu menggunakannya pada laptop, lho. Ketika HP menggunakan mouse, maka nanti akan muncul sebuah cursorCursor ini bisa kamu pakai untuk menyentuh bagian-bagian layar yang tidak bisa disentuh karena rusak. Alat yang dibutuhkan hanya mouse dan sebuah kabel OTG. Keduanya bisa dibeli di toko komputer dengan harga yang terjangkau.

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP