9 Jenis Latihan Fisik Basket yang Bagus

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Power Lunge
Daftar Topik

Latihan fisik basket. Basket merupakan salah satu olahraga yang membutuhkan kecepatan dan kegesitan dalam bergerak. Tidak jarang para pemain basket dituntut untuk melakukan gerakan berputar cepat, maupun gerakan lain secara mendadak untuk mengecoh ataupun mengelabui lawan dalam permainan. Tubuh para pemain dituntut luwes dan ringan untuk berlari dan melompat. Selain itu stamina dan ketahanan juga menjadi faktor penting yang menentukan keunggulan para pemain basket. Stamina dan kelincahan tentu saja tidak serta-merta dapat diperoleh dengan mudah, melainkan butuh latihan khusus dan intens untuk mencapai itu semua. Para pemain basket profesional tentunya sangat menjaga kebugaran tubuhnya dengan melakukan berbagai latihan fisik yang mendukung untuk mencapai itu semua.

Ring Basket

Latihan Fisik Basket

Latihan fisik yang dimaksud disini merupakan sebuah usaha untuk mengembangkan aktivitas jasmani secara sistematik yang ditingkatkan secara progresif agar tercapainya kemampuan fisik yang optimal dan tingkat kebugaran yang maksimal. Latihan fisik tersebut sangat penting untuk mendukung kemampuan pemain basket dalam menerapkan teknik dasar yang telah dikuasai. Apa saja sih latihan fisik yang dapat dilakukan untuk mencapai ketahanan tersebut? Berikut kami paparkan informasinya untuk teman-teman semua.

1. Pull up

pull up

Kegiatan yang satu ini sangat baik untuk melatih pergelangan tangan, lengan, punggung, hingga pundak para pemain basket terutama dalam melakukan jump shoot. Caranya bergelantunganlah pada tiang horizontal dengan tangan mengarah kebawah atau keatas, lalu tarik bahu ke atas dan ke bawah agar tubuh terangkat .

2. Glute Bridge

Glute bridge

Latihan ini bermanfaat dalam menjaga keseimbangan tubuh para pemain basket. Otot gluteus menjadi sasaran utama latihan ini, yaitu yang terletak di area bokong. Caranya adalah dengan berbaring telentang dengan tangan di sisi tubuh dan kaki ditekuk. Kemudian angkat bokong perlahan setinggi yang ada bisa sambil tangan tetap di sisi tubuh untuk menahan tubuh. Lakukan sebanyak 10 hingga 20 kali setiap latihan ya.

3. Goblet Squat

Goblet Squat

Caranya adalah pegang kettlebell dengan kedua tangan dan letakkan di depan dada, lalu ambil posisi jongkok dan angkat pinggul ke belakang dan ke bawah dimana tumit tetap menjadi tumpuan badan dan jari-jari kaki tidak terangkat. Lakukan sampai bagian siku menyentuh lutut lalu berdiri kembali mengencangkan otot panggul. Gerakan ini baik dilakukan 10 kali tiap latihan.

4. Front Squat

Front Squat

Latihan ini dilakukan dengan mengangkat dada ke atas dan punggung dijaga tetap rata. Selagi itu siku diangkat ke atas untuk menjaga agar bar tetap di pundak ketika tubuh bergerak turun. Pinggul didorong ke belakang seperti posisi ingin duduk. Tumit menjadi tumpuan, hingga paha sejajar dengan lantai.

5. Romanian Deadlift

Romanian Deadlift

Untuk melakukannya buka kaki selebar bahu, tumpukan berat badan pada setengah bagian kaki belakang, dan kedua tangan memegang dumbbell pada kedua sisi. Selanjutnya gerakkan pinggul ke belakang sambil menurunkan dumble sejauh mungkin dengan posisi punggung dan tubuh tetap tegak dan lurus. Tahan beberapa detik, lalu kembali ke posisi awal alias berdiri. Gerakan ini terasa maksimal jika diulang 10 kali.

6. Barbell Curl and Press

Barbell Curl and Press

Latihan yang satu ini bermanfaat dalam melatih ketahanan otot bahu. Caranya adalah buka kaki selebar bahu, dengan posisi tegak, lalu angkat barbel bawa ke depan dada sambil menekuk lengan. Barbell press adalah mengangkat barbell ke atas kepala dengan posisi tangan yang lurus dan posisi badan yang tegap.

7. Lateral Bound

Lateral Bound

Untuk melakukan gerakan ini ambil posisi berdiri secara seimbang, tumpukan berat badan pada kaki kanan sambil kaki kiri juga menapak lantai, kemudian squat sedikit dengan kaki kanan sambil bersiap meluncur melompat ke kaki kiri sejauh yang kamu bisa. Kemudian meregangkan pergelangan kaki, lutut dan juga pinggul lalu mendarat menggunakan kaki kiri sambil tetap menjaga keseimbangan. Lakukan hal yang sama dengan kaki kanan. Hasil maksimal dapat kamu peroleh dengan melakukan 10 kali pengulangan.

8. Power Lunge

Power Lunge

Latihan fisik yang ini sangat bermanfaat saat melakukan rebound. Caranya langkahkan satu kaki ke bagian depan, lalu tekuk kaki satunya lagi di belakang secara bersamaan. Tangan boleh diletakkan di pinggang atau boleh juga diletakkan di depan.

9. Lateral Lunge

Lateral lunge

Jenis gerakan yang ini sangat bermanfaat untuk melatih otot pinggul dan paha. Caranya adalah ambil posisi berdiri, kemudian langkahkan kaki ke kanan sambil tetap menghadap depan. Selanjutnya berjongkok dengan menumpukan berat badan pada kaki kanan sampai tumit, dan kaki kiri lurus ke samping. Tahan selama 2 detik sebelum berdiri kembali. Gerakan ini dapat diulang sebanyak 10 kali untuk hasil yang maksimal.

Itulah beberapa gerakan latihan fisik basket yang dapat memberikan banyak manfaat untuk meningkatkan kapasitas seorang pemain basket. Gerakan-gerakan tersebut jelas memberikan manfaat positif bagi para pemain basket. Beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan diantaranya adalah :

  1. Tubuh dapat bergerak dengan lebih aktif, dan kemampuan untuk menanggapi respon juga meningkat.
  2. Fleksibilitas, kekuatan, performa, kecepatan akan semakin meningkat.
  3. Sistem sirkulasi darah dan kinerja jantung akan semakin baik.
  4. Jika tubuh mengalami kelelahan yang cukup parah, maka masa recovery  yang dibutuhkan akan semakin singkat.
  5. Efektivitas dan efisiensi gerak akan semakin baik.

Wow, sekarang semakin nyata ya, manfaat dari latihan fisik basket yang teratur dan disiplin bagi tubuh atletismu, jadi tetap semangat untuk berlatih dan meraih impianmu di cabang olahraga yang kamu senangi. Ingat, kerja keras pasti akan terbayar dengan hasil yang sepadan pula.

Baca juga:

5 Teknik Dasar Bulutangkis

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP