Solusi Jika Laptop Tidak Bisa Sleep atau Mode Tidur

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Mode Tidur
Daftar Topik

Laptop tidak bisa sleep. Pernah kamu mengalami laptop tidak bisa sleep atau mode tidur? Apa yang kamu lakukan jika menemukan situasi seperti itu? Sebenarnya kendala pada pada laptop atau pc adalah hal wajar, jadi kamu sebaiknya jangan terlalu panik menghadapinya.

Dalam sebuah laptop tentu terdapat banyak sekali perangkat keras dan mesin yang mendukung agar sebuah computer bisa berfungsi dengan normal. Tidak terkecuali pada setiap versi windows yang ada, contohnya adalah pada windows 10. Terkadang masalah muncul karena perangkat keras, kadang juga karena drivernya, dan atau juga sesuatu yang tidak dikonfigurasi dengan benar pada sistem operasi. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika computer windows 10 kamu bermasalah tidak bisa sleep atau mode tidur.

Laptop windows 10

Solusi Laptop Tidak Bisa Sleep pada Windows 10

Windows 10 pada dasarnya masih terbilang baru, sehingga memang masih ada beberapa masalah pada mesin tertentu. atau mungkin karena driver belum sepenuhnya mendukung windows 10. Mode tidur bisa menyimpan layar monitor kamu dari burn-in dan mencegah laptop kamu untuk penggunaan baterai tidak perlu. Komputer yang tidak bisa melakukan mode tidur bisa menyebabkan massalah besar, karena beberapa alasan. Kamu bisa mencoba beberapa metode di bawah ini sebagai solusi untuk mengatasi komputer windows 10 yang tidak bisa masuk ke mode tidur.

1. Pengaturan Mode Tidur

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum memperbaiki mode tidur kamu adalah dengan mengecek terlebih dahulu dan memastikan semua pengaturan computer kamu sudah benar. Hal tersebut sering terjadi jika komputer yang kamu gunakan sering juga digunakan oleh orang lain, sehingga kamu tidak tahu bila ada yang menukar pengaturan pada mode tidur kamu. Untuk memeriksa pengaturan ini, kamu bisa membuka pilihan Data pada Panel Kontrol dan klik Pilih kapan untuk mematikan tampilan. Periksa dan atur semuanya agar sesuai dengan yang diinginkan. 

2. Cek Driver Komputer 

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah memeriksa driver pada komputer kamu. Terkait dengan masalah mode tidur, yang paling penting untuk diperiksa adalah driver chipset, driver BIOS, dan juga driver jaringan. Ini juga bisa memberikan informasi mengenai apakah kamu sudah menggunakan versi terbaru dari windows 10 pada komputer kamu.

3. Periksa Permintaan Daya

Perlu kamu ketahui bahwa beberapa software yang kamu install di computer kamu bisa menganggu mode tidur dengan mengirimkan permintaan daya yang membuat sistem tetap menyala. Untuk bisa melihat log semua permintaan data, kamu bisa membuka prompt perintah yang ditinggikan. Kamu bisa mengklik kanan ikon Start dan pilih Command Prompt (Admin). Setelah itu akan muncul jendela, dan kamu bisa memasukkan perintah: powercfg-requests

Mode Tidur

Setelah memasukkan perintah di atas, maka akan tampil daftar semua permintaan daya aktif. Semua kategori harus kosong, dan jika tidak maka kamu harus membuat tentang apa yang mendorong permintaan daya. Ini yang bisa menjadi salah satu alasan kenapa komputer kamu gagal masuk ke mode tidur. Apabila komputer kamu secara tiba-tiba terbangun, kamu bisa menggunakan perintah berikut ini untuk memeriksa apa yang membangunkan sistem ada computer kamu tersebut:

powercfg-lastwake

4. Operasikan Utilitas Internal

Windows 10 telah dilengkapi dengan banyak utilitas pemecah masalah khusus konteks, dan hal tersebut bisa membangunkan komputer kamu dari mode tidur. Kamu bisa membuka Control Panel dan pilih bagian Troubleshooting. Kemudian kamu bisa pilih Lihat Semua untuk bisa melihat daftar semua pemecah masalah yang terinstal pada komputer kamu. Kamu bisa langsung mencari utilitas yang memiliki label Pemeliharaan Daya dan Sistem. Setelah itu kamu bisa menjalankan keduanya dan mulai memeriksa apakah mode tidur sudah mulai berfungsi. 

5. Nyalakan Komputer dalam Safe Mode

Tahukah kamu, masalah pada mode tidur sering terjadi karena komplikasi selama proses startup. Jika kamu mau memeriksa apakah ini yang terjadi pada komputer kamu, kamu bisa menyalakan kembali komputer pada Mode Aman Windows 10 dan setelahnya kamu bisa melihat apakah perangkat kamu bisa sleep. Apabila bisa, maka kamu harus melakukan boot bersih untuk mengetahui apa yang tidak beres.

Untuk melakukan boot bersih pada Windows 10 kamu, coba buka aplikasi Konfigurasi Sistem. Kamu bisa buka tab Service kemudian berikan centang pada kotak berlabel Sembunyikan Semua Layanan Microsoft, kemudian klik Nonaktifkan Semua. Dengan begini, kamu sudah memastikan bahwa hanya layanan esensial yang akan berjalan. 

Selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah buka tab Startup dan pilih Open Task Manager. Kemudian kamu bisa me-nonaktif-kan setiap item yang ditetapkan untuk diluncurkan saat Startup. Langkah terakhir adalah kamu bisa tutup Task Manager, kemudian pilih OK pada jendela System Configuration, lalu restart sistem kamu.

Mengatasi Laptop tidak bisa sleep windows 10

6. Mengembalikan Pada Pengaturan Bawaan Sistem

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan pada computer yang sering tidur secara acak adalah dengan mengembalikan pengaturan daya standarnya. Kamu bisa membuka bagian Daya & Tidur pada Pengaturan, dan pilih Pengaturan Daya Tambahan. Kamu bisa memilih pilihan kembali ke default untuk mengembalikan pengaturan seperti sedia kala. Hal tersebut akan memperbaiki masalah dengan rencana daya kamu, dan membuat kamu bebas untuk menyesuaikan pengaturan tanpa mempengaruhi mode tidur. 

Cara-cara di atas bisa kamu lakukan untuk mencari tahu kenapa laptop tidak bisa sleep, dan sekaligus cara memperbaikinya. Ada baiknya jika kamu mencari tahu terlebih dahulu masalah apa yang terjadi pada perangkat kamu. Dengan demikian kamu akan lebih muda untuk memperbaikinya. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Baca juga:

Cara Aktivasi Windows 10 Pro Tanpa Product Key

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP