Langkah Ampuh untuk Mengatasi WiFi Lemot Sinyal Penuh

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Langkah Ampuh untuk Mengatasi WiFi Lemot Sinyal Penuh
Daftar Topik

Langkah Ampuh untuk Mengatasi WiFi Lemot Sinyal Penuh

WiFi saat ini merupakan salah satu kebutuhan utama masyarakat di era modern. WiFi juga merupakan salah satu penunjang aktivitas utama sehari-hari masyarakat. Maka tak salah jika internet kini pun menjadi salah satu bagian dari kehidupan sehari-hari. Dan WiFi merupakan salah satu koneksi internet tersebut.

Koneksi internet yang baik tentu akan sangat membantu kita dalam mengerjakan berbagai kegiatan atau aktivitas sehari-hari. Berbeda hal nya jika koneksi internet buruk tentu hal ini akan menghambat berbagai aktivitas. Begitupun koneksi internet dari WiFi jika melambat tentu kita sebagai pengguna akan merasa sangat terganggu.

Tak jarang, banyak diantara kita yang menganggap bahwasanya jika sinyal penuh maka koeksi interne WiFi akan lancar. Padahal nyatanya ada beberapa kasus WiFi lemot sinyal penuh. Kok bisa? Tentu hal ini bisa terjadi karena kecepatan koneksi internet dari WiFi disebabkan oleh beberapa hal. Nah, sebelu membahas pada pokok inti tentang WiFi lemot namun sinya masih penuh, simak sedikit penjelasan berikut terlebih dahulu.

Wireless Fidelity (WiFi)

Wireless Fidelity atau yang biasa kita sebut dengan WiFi merupakan sebuah tehnologi yang memanfaatkan perangkat atau peralatan elektronik sebagai media bertukar data menggunakan gelombang radio atau secara nirkabel melalui sebuah jaringan komputer dengan kecepatan tinggi. Gelombang radio inilah yang dimksud sebagai koneksi internet.

Cara kerja Wif secara nirkabel ini kemudian memungkinkan kita terhubung dengan berbagai perangkat lain dalam satu jaringan. Selain itu dalam jaringan ini juga memungkinkan untuk terhubungnya koneksi internet tanpa harus adanya kabel sebagai sambungan.

Cara kerja WiFi pun memiliki kesamaan dengan kabel LAN atau Lan Area Network. Namun prinsip kerja keduanya jelas terdapat perbedaan yaitu media perantaranya. Jika kabel LAN memiliki kabel sebagai media perantaranya, WiFi menggunakan gelombang radio sebagai media perantaranya. Maka dari itu untuk menghubungkan perangkat ke internet dibutuhkan yang namanya router.

Dengan router inilah yang memungkinkan perangkat kita terhubung dengan internet. Router merupakan salah satu kunci lancar tidaknya koneksi internet pada WiFi. Tanpa adanya penghubung atau router ini, perangkat akan kesulitan mengakses internet. Walaupun perlu diakui, perangkat masih bisa berhubungan dengan perangkat lain yang masih satu jaringan walau tanpa router sekalipun. Namun sambungan ini hanya bisa mengambil data dari laptop lain tidak dengan terkoneksi internet.

Langkah Ampuh untuk Mengatasi WiFi Lemot Sinyal Penuh

Baca Juga: CARA MENGETAHUI PAKET SPEEDY YANG DIAMBIL

WiFi Lemot Namun Sinyal Penuh

Tidak dapat terhubung atau terkoneksi internet dengan perangkat, sesungguhnya dipengaruhi oleh beberapa hal. Tak hanya karena router bisa jadi perihal lain seperti jumlah pengguna internet pada jaringan yang sama melebihi kapasitas. Atau dalam waktu yang bersamaan pengguna yang mengakses terlampau banyak dan berebutan. Di samping itu, adanya limited atau pembatasan kecepatan internet per user, umumnya banyak terjadi di kantor atau sekolah. Juga bisa disebabkan oleh gangguan dari provider internet.

Nah, lalu bagaimana jika WiFi lemot namun sinyal ternyata penuh? Tentu akan sangat membingungkan karena WiFi lemot sinyal penuh. Menjadi penting, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengecek router tentunya atau mengecek perangkat (PC) kita yang merupakan kunci utama kerja WiFi. Adapun cara lainnya adalah sebagaimana berikut:

  1. Mengubah pengaturan Bandwitdth

Tips ampuh pertama mengatasi WiFi lemot sinyal penuh adalah mengatur bandwidth. Pertama pastikan dulu WiFi dalam posisi on. Apabila koneksi internet WiFi masih lemot, ubahlah frequensi bandwidth pada skala yang lebih besar. Caranya, buka menu Run pada windows, ketik gpedit.msc, dan ikuti langkah selanjutnya.

  1. Menginstal WiFi Switcher

Untuk WiFi switcher dikhususkan bagi Anda pengguna Android. Anda bisa mengunduh terlebih dahulu melalui Playstore. Selesai mengunduh akan muncul notifikasi kemudi pilih izinkan untuk aktivasi. WiFi switcher pun siap digunakan.

  1. Mengganti pengaturan DNS Komputer

Menu ini merupakan pencarian pada perangkat yang menggunakan jaringan TPC atau IP. Cara menggantinya melalui DNS Google, kemudian reset jaringan dan flushing DNS.

  1. Memeriksa posisi antena router

Yang terakhir adalah dengan memeriksa kembali posisi antena router yang merupakan kunci utama kerja WiFi. Posisi antena router juga sangat berpengaruh pada kecepatan koneksi internet, jadi selalu pastikan antena pada posisi yang tepat.

Itulah tips ampuh agar WiFi di rumah Anda tetap stabil. Nah, selain menerapkan tips, juga penting bagi Anda terlebih dahulu mengetahui berbagai penyebab WiFi lemot. Jadi Anda pun dengan mudah mengetahui cara terbaik untuk mengatasinya.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP