Kulit Sedang Breakout atau Purging? Ini Perbedaannya!

0
11820 Breakout Vs Purging Wowkeren
Source: WowKeren

Kulit Sedang Breakout atau Purging? Ini Perbedaannya! – Merawat kulit selain kewajiban, juga sudah menjadi trend sendiri bagi dunia kecantikan saat ini. Banyaknya produk-produk yang keluar, dengan berbagai macam manfaat dan varian, membuat para pecintanya semakin tergiur mencoba.

Apalagi jika memang pada dasarnya belum menemukan produk yang cocok dengan kulit. Skincare di Indonesia sendiri juga semakin inovatif dan bervariatif. Mengingat sekarang banyak produk perawatan kulit dari luar negeri mulai merambah Indonesia. Tak tanggung-tanggung, bahkan diantaranya sudah berani menempuh BPOM dan sertifikasi Halal. Atau bahkan memilih Brand Ambassador untuk Indonesia.

Breakout atau purging adalah dua hal yang sangat lumrah terjadi ketika kamu mencoba salah satu produk baru. Ini terjadi karena kulit akan berusaha mengenali setiap zat masuk ke dalamnya. Saraf reseptor ini kemudian akan mengirimkan sinyal ke otak, bagaimana si zat ini akan direspon.

Penyebab Breakout dan Purging

Breakout


11820 Breakout Quora
Source: Quora

Breakout sendiri merupakan kondisi dimana kulit mengeluarkan respon atau reaksi berupa jerawat atau iritasi, terhadap zat yang masuk ke dalam kulit. Sebenarnya ketika kamu mengalami breakout, bisa jadi kulitmu bukan tidak cocok dengan semua ingredients didalamnya, melainkan bisa juga hanya beberapanya atau bahkan satu saja.

Dan kamu akan menyadari hal ini setelah beberapa kali melakukan testing, atau mencoba produk yang berbeda namun memiliki salah satu zat tersebut. Contohnya, ketika kamu tidak cocok dengan Vitamin C, pada saat pertama kali mengalami breakout, mungkin kamu menduga bahwa kamu tidak cocok dengan produk tersebut. Hanya sebatas itu. Dan kamu harus segera merelakan skincare barumu, karena memang kamu tidak cocok.

Namun, ketika kamu menggunakan produk yang mengandung Vitamin C dari merek lain, dan muncul reaksi yang sama, kemungkinan besar kamu baru menyadari bahwa kamu tidak cocok dengan skincare yang mengandung Vitamin C. Testing semacam ini perlu pengalaman beberapa kali untuk kemudian bisa disimpulkan. Hal ini juga hampir mirip dengan reaksi alergi kulit terhadap makanan yang kadang menimbulkan reaksi gatal-gatal pada tubuh.

Bedanya adalah, untuk skincare, reaksi ketidakcocokan ini akan muncul bisa dalam kurun waktu kurun waktu 24 jam. Bahkan bisa satu jam setelahnya. Reaksi tidak cocok juga bisa dalam bentuk sensasi panas terbakar pada kulit. Namun jika alergi makanan, terkadang dibutuhkan waktu yang bersifat akumulatif, seperti over protein hewani dan sejenisnya.

Purging


11820 Purging Beautynesia
Source: Beautynesia

Sementara untuk purging, purging disebabkan oleh reaksi kulit yang disebabkan oleh zat-zat yang sifatnya mempercepat skin turnover. Atau bisa juga disebut dengan regenerasi kulit. Zat-zat ini meliputi jenis-jenis chemical peeling, Vitamin C, atau yang bersifat Acid.

Dalam hal ini, biasanya yang terkandung dalam skincare adalah AHA, BHA, PHA, Salicylic Acid, Glycolic Acid, Retinol/ Retinoid, dan juga Vitamin C. Dikarenakan produk-produk tersebut merangsang proses regenerasi kulit lebih untuk bisa lebih cepat, maka microcomedone, atau benih-benih komedo yang ada didalam pori-pori, dipaksa untuk matang lebih cepat.

Yap!. Si microcomedone ini lah yang akan berubah menjadi jerawat, apabila dibiarkan dan tidak terjadi purging. Peristiwa purging ini hampir mirip dengan hal yang biasa disebut “detox kulit” yang sebenarnya tidak ada. Karena pada dasarnya tubuh memiliki organ tersendiri untung membuang racun-dari dalam tubuh. Dan bisa dibilang, ini hanya trik marketing biasa.

Kembali soal microcomedone, karena mereka dipaksa naik ke permukaan kulit lebih cepat, maka biasanya bentuknya masih seperti jerawat pasir atau bruntusan, dan cenderung di daerah yang sering berminyak atau berjerawat.

Perbedaan Breakout dengan Purging


11820 Purging Vs Breakout Datariau
Source: DataRiau

Untuk membedakan antara breakout dengan purging memang susah-susah gampang, apalagi jika memang baru pertama kali mengenal skincare dan ingin mencoba. Berikut ini, perbedaannya :

Breakout

Purging

Muncul dalam waktu singkat 1×24 jam Kemunculannya tidak selalu dalam kurun waktu 1×24 jam. Bisa jadi 2-3 hari setelah pemakaian pertama baru muncul
Berbentuk jerawat yang kemudian meradang Bisa jadi berbentuk jerawat meradang, tetapi seringnya adalah jerawat pasir atau bruntusan
Memiliki kemungkinan untuk muncul di bagian wajah yang jarang atau hampir tidak pernah berjerawat. Muncul di bagian wajah yang sering berjerawat
Merupakan reaksi alergi (negatif) Merupakan reaksi adaptasi kulit terhadap produk
Berlangsung lama, semakin parah Berlangsung 2-3 minggu, kulit semakin membaik

Cara Mengatasi Breakout dan Purging


11820 Purging Shineskin
Source: SHINESKIN

Keduanya, baik breakout maupun purging memiliki cara masing-masing untuk mengatasinya. Ini juga tergantung pada setiap individu. Karena breakout dapat menyebabkan iritasi, maka sebaiknya segera hentikan pemakaian ketika gejalanya muncul. Karena apabila pemakaian dilanjutkan, maka akan menyebabkan iritasi yang lebih parah.

Iritasi yang parah, selain menambah jumlah jerawat, juga dapat mengakibatkan sensasi perih dan terbakar pada kulit. Setelah itu, atasi kulit yang iritasi dengan skincare yang sebelumnya sudah kamu gunakan dan cocok untuk kulitmu. Pilihlah satu diantaranya yang bersifat calming, dan dapat merangsang proses penyembuhan kulit.

Sedangkan untuk purging, sebenarnya tidak apa-apa jika dilanjutkan. Tetapi jika kamu merasa tidak nyaman, kamu dapat zmenghentikan pemakaian skincare barumu dan kembali ke skincare yang sebelumnya.

Kesimpulan

Mempelajari reaksi kulit memang susah-susah gampang dan butuh ketelitian. Ada baiknya kalian melakukan testing pada kulit leher bagian bawah telinga untuk tahu apakah produk tersebut membuat breakout atau purging. Cobalah produk barumu dengan dosis bertingkat secara perlahan.

Sekian penjelasan mengenai perbedaan breakout dan purging. Informasi lebih lengkap mengenai kesehatan dan kecantikan kulit, kamu bisa mengunjungi Syarah.id. Semoga bermanfaat!

BACA JUGA!

7 Buah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat