Kreasi Serta Cara Membuat Amplop Lucu untuk Lebaran

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Ketika lebaran tiba memang identik dengan pembagian amplop. Bahkan pembagian amplop ini sudah menjadi tradisi hingga saat ini. Jika kamu memiliki banyak saudara khususnya anak-anak kecil, akan lebih menarik lagi jika kamu memberi amplop dengan berbagai karakter yang lucu. Untuk mengurangi pengeluaran, kamu bisa membuat sendiri amplop lucu menggunakan kertas hvs, kertas kado, kertas lipat dan lain sebagainya.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat amplop berbagai karakter sangat banyak. Bahkan agar lebih menariknya lagi, kamu bisa mendesain amplop dari word atau coreldraw. Nah, jika kamu termasuk salah satu orang yang ingin membuat amplop yang unik, lucu, menarik dan berbeda dengan yang lainnya. Simak ulasannya berikut ini mengenai bahan-bahan yang dibutuhkan serta cara membuat amplop dari berbagai kertas.

Bahan dan Alat-alat  yang Diperlukan


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa dalam membuat amplop lucu dan menarik untuk lebaran bahan-bahan yang dibutuhkan sangat mudah didapatkan, sebagaimana berikut ini:

  • Gunting
  • Lem
  • Kertas (HVS, kertas kado, kertas lipat dan lain-lain)
  • Double tape
  • Cutter
  • Penggaris

Cara Membuat Amplop Lebaran Unik


Setelah mengetahui bahan dan alat-alat yang dibutuhkan, memasuki pokok pembahasan yaitu cara membuat amplop lebaran unik dan menarik. Sebenarnya cara membuat amplop lebaran ini cukup mudah. Untuk itu, langsung saja berikut ini cara membuat amplop lebaran unik.

  • Amplop Lebaran Sederhana

Untuk membuat amplop lebaran yang sederhana, bahan yang dibutuhkan sangat mudah, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Namun kali ini kertas yang digunakan yaitu kertas HVS.

Setelah bahan-bahan yang dibutuhkan sudah siap semua, langsung saja mengikuti langkah-langkah dalam membuatnya seperti berikut ini:

  1. Agar amplop lebih menarik, langkah pertama yaitu membuat desain pada kertas HVS sesuai keinginan lalu print.
  2. Langkah selanjutnya yaitu gunting kertas sesuai desain yang telah dibuat. Setelah itu lipat menjadi sebuah amplop atau sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Agar hasil lebih maksimal, pastikan pinggiran kertas kertas tersebut digunting dengan rapi.
  3. Agar amplop tidak mudah terbuka,  rekatkan dengan lem atau double tip dan amplop sudah bisa digunakan lagi.
  • Amplop Berbahan Dasar Kertas Kado


Menggunakan amplop dari kertas kado sangatlah mudah. Yang perlu kamu lakukan yaitu membuat pola di atas kertas kado. Setelah itu gunting sesuai dengan pola tersebut. Jika sudah, lalu lipat dan dan beri lem atau double tip agar amplop bisa menempel dengan sempurna. Cara ini terbilang yang paling mudah, karena kertas kado harganya sangat terjangkau.

  • Amplop Lebaran Unik dengan Kertas Origami

Bagi kamu yang suka bermain kertas origami, tidak ada salahnya kamu memanfaatkannya untuk membuat amplop lebaran. Karena sayang sekali jika kamu memiliki stok kertas origami banyak dan tidak terpakai, memanfaatkan kertas ini untuk membuat amplop dengan berbentuk persegi.

Membuat amplop dari kertas origami ini sangat mudah, karena bentuknya yang sudah persegi. Sehingga kamu tinggal melipat bagian sisi-sisinya. Setelah itu tinggal rekatkan dengan lem atau double tip.

  • Amplop Lebaran Lucu dari Kain Flanel


Selain menggunakan kertas kado kertas HVS dan kertas origami, kamu juga bisa membuat amplop lebaran dari bahan kain flanel, amplop dengan bahan ini memang masih jarang digunakan. Sehingga akan memberikan kesan menarik dan unik.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat amplop kain flanel ini sangat sederhana seperti kain flanel, jarum pentul dan benang untuk menjahit. Sedangkan untuk cara membuatnya juga sangat mudah. Pertama tentukan desain yang kamu inginkan. Lalu bentuk laporan dan jahit pada setiap sisi-sisinya kecuali pada bagian penutup amplopnya.

  • Amplop Lebaran dari Kertas A4

Kertas lain yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat amplop yaitu kertas A4. Yang mana amplop dengan bahan ini sangat mudah untuk dibuat. Agar amplop semakin menarik, gunakan kertas A4 yang berwarna. Bahkan kamu bisa memanfaatkan kertas kertas A4 yang tidak terpakai di rumah.

Cara membuat amplop dari kertas A4 ini sangat mudah, hampir sama dengan kertas-kertas lainnya yaitu melipat bagian setiap sudut kertas tersebut. Sehingga bisa membentuk seperti amplop. Setelah itu tinggal merekatkan setiap sisi menggunakan lem atau double tip dan tunggu hingga kering untuk bisa digunakan.

  • Membuat Amplop Menggunakan Microsoft Word


Agar lebih mudah dan lebih menarik lagi dalam membuat amplop lebaran, kamu bisa membuat desain amplop di Microsoft Word, yang memang tersedia beragam template Amplop yang bisa digunakan. Setelah sudah, kamu bisa print desain tersebut lalu gunting sesuai bentuk desain. Langkah yang terakhir tinggal tambahkan lem atau double tip.

  • Membuat Amplop Menggunakan Corel Draw

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk membuat amplop lebaran yang unik yaitu menggunakan desain Corel Draw. Dengan software ini kamu bisa membuat desain amplop yang unik dan lucu. Caranya hampir sama seperti menggunakan Microsoft Word. Kamu tinggal print desainnya, lalu gunting dan dan rekatkan dengan lem atau double tip.

Itulah kreasi dan cara mudah dalam membuat amplop lucu untuk lebaran. Dengan adanya cara-cara ini, kamu bisa memanfaatkan barang-barang bekas di sekitarmu yang sudah tidak digunakan lagi, agar lebih bermanfaat. Semoga ulasan ini ini bermanfaat dan menambah kreativitasmu.

BACA JUGA!

Ucapan Hari Raya ‘Idul Fitri yang Benar Sesuai Sunnah

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA