Konstipasi Inilah Cara Mengatasinya Dengan Cepat dan Tepat

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Konstipasi merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi pada bagian organ pencernaan. Hal ini dikarenakan kondisi tubuh yang mengalami konstipasi ini akan mengalami susah buang air besar. Konstipasi bukan merupakan hal yang asing, karena tidak sedikit pula orang yang mengalaminya. Konstipasi disebabkan karena seseorang kurang menjaga kesehatan pencernaannya dengan baik. Masalah pencernaan ini bisa dialami oleh semua orang dari berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Konstipasi terjadi apabila kita sudah melakukan buang air besar selama lebih dari dua hari atau bahkan hingga satu minggu. Hal ini dikarenakan seharusnya buang air besar dilakukan setiap hari jika kita makan secara teratur setiap harinya. Konstipasi yang terjadi dalam jangka panjang atau sering dialami merupakan hal yang tidak baik, karena akan terjadi penumpukan kotoran di dalam perut.

Konstipasi? Inilah Cara Mengatasinya Dengan Cepat dan Tepat

Penyebab Konstipasi

Setiap orang yang mengalami konstipasi, biasanya memiliki penyebab yang berbeda. Hal ini dikarenakan ada penyebab dan faktor risiko yang bisa menyebabkan terjadinya konstipasi pada seseorang. Oleh karena itu, berikut ini beberapa penyebab konstipasi:

  • Pola makan, hal ini merupakan penyebab yang paling sering dialami oleh sebagian besar orang yang mengalami konstipasi. Jika kamu memakan makanan yang mengandung sedikit serat dan terlalu banyak serat dalam keseharianmu, maka bisa saja hal tersebut merupakan penyebab konstipasi yang kamu alami. Karena yang dibutuhkan oleh tubuh adalah serat harian yang mampu melancarkan sistem pencernaan.
  • Kurang olahraga, gaya hidup yang kurang sehat karena jarangnya berolah raga juga bisa menyebabkan seseorang mengalami konstipasi. Karena, kurangnya berolahraga bisa membuat organ tubuh akan mengalami penurunan fungsi yang dampaknya akan menimbulkan konstipasi.
  • Kurang minum, hal ini dikarenakan kurangnya cairan yang bisa menyebabkan mengeringnya feses yang akhirnya sulit untuk dikeluarkan oleh tubuh.
  • Menahan buang air besar, hal ini merupakan hal yang paling sering diabaikan oleh banyak orang karena alasan yang sepele, yakni malas ke toilet. Dampak dari hal tersebut adalah bisa menyebabkan konstipasi sehingga susah buang air besar bisa terjadi dalam jangka yang panjang.
  • Obesitas, ternyata obesitas juga dapat menyebabkan terjadinya konstipasi. Hal ini dikarenakan makanan yang dimakan oleh orang yang menderita obesitas tidak dijaga dengan baik.
  • Stress, salah satu gangguan kesehatan ini bisa membuatmu terkena konstipasi karena hal ini dapat menyebabkan turunnya fungsi organ tubuh.

Cara Mengatasi Konstipasi

Konstipasi ditandai dengan tidak buang air besar selama berhari hari, karena tidak ada rasa keinginan untuk buang air besar atau ketika akan buang ari besar feses tidak mau keluar. Keadaan seperti itu terjadi karena dalam waktu yang lama tubuh tidak mengeluarkannya sehingga lama kelamaan menumpuk. Oleh karena itu akan semakin banyak feses atau kotoran di dalam tubuh yang tidak terbuang pada saat konstipasi.

Konstipasi merupakan salah satu masalah pencernaan yang tidak baik bagi kesehatan rektum. Hal ini terjadi karena feses yang besar dan keras akan menekan pembuluh darah rektum yang bisa menyebabkan penyakit lainnya seperti ambeien. Oleh karena itu, sebaiknya kamu segera melakukan cara yang bisa membuatmu mengatasi konstipasi agar kamu tidak akan mengalami penyakit yang lainnya seperti di bawah ini:

Minum air putih

Cara untuk mengatasi konstipasi yang satu ini terbilang sangat mudah, karena kamu hanya perlu meminum air putih. Dengan meminum air putih, maka akan mengatasi susah buang air besar yang kamu alami. Hal ini dikarenakan air putih akan mendorong feses yang keras dan sulit untuk dibuang. Oleh karena itu, minumlah air putih dengan jumlah yang cukup agar kamu tidak mengalami konstipasi.

Banyak makan buah dan sayur

Cara mengatasi konstipasi yang selanjutnya adalah dengan memperbaiki asupan makanan. Makanlah makanan yang sehat untuk membantu mengatasi suasah buang air besar yang sedang kamu alami. Memakan makanan yang mengandung serat juga bisa membantu pencernaan menjadi sehat dan mampu mengeluarkan feses yang terjebak di dalam tubuh dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, cara mudah untuk mengatasi konstipasi yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat yang cukup.

Olahraga

Olahraga dapat membantu mengembalikan fungsi tubuh yang terhambat karena aliran darah yang kurang atau karena berat badan yang berlebihan. Selain itu, cara untuk mengatasi konstipasi juga bisa dilakukan dengan berolahraga secara teratur.

Tidak stress

Salah satu penyebab terjadinya konstipasi adalah karena stress. Oleh karena itu cara mengatasinya pun dengan tidak stress. Kelolalah stress dengan baik agar tidak menghambat proses buang air besar. Alihkan rasa stress yang kamu alami dengan kegiatan yang positif agar tubuh tetap sehat.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi konstipasi secara cepat dan aman. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA