Komponen Kopling Mobil Manual yang Wajib Kamu Ketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
pedal kopling komponen kopling
Daftar Topik

Komponen kopling. Tahukah kamu apa itu kopling? Dan tahukah kamu apa saja komponen kopling yang terpasang di dalam kendaraan mobil manual kamu? Kopling merupakan salah satu komponen yang terdapat pada mobil manual, yang berada diantara mesin dan transmisi. Kopling yang akan mengurangi putaran mesin ketika dilakukan perpindahan gigi transmisi, sehingga gigi transmisi bisa masuk dengan mudah. 

Meskipun hal tersebut terdengar sepele, akan tetapi kamu perlu mengetahui apa saja komponen yang terdapat dalam kopling beserta dengan masing-masing fungsinya. Hal ini juga bisa berguna jika suatu saat kamu mendapat masalah yang tidak terduga ketika sedang berkendara, maka kamu bisa mengatasinya. Kopling pada umumnya harus bisa melakukan hal-hal di bawah ini, seperti

  • Kopling bisa menghubungkan putaran mesin ke transmisi
  • Kopling dapat memindahkan tenaga dari mesin ke transmisi
  • Kopling juga harus bisa memutuskan hubungan daya mesin yang dioperasikan

Komponen Kopling Mobil Manual Beserta Fungsinya

Pada mobil yang bertransmisi manual, keberadaan kopling memang sangat penting. Kopling sendiri akan membantu sistem transmisi dalam beroperasi dan menjaga perputaran mesin mobil. Hal tersebut dikarenakan kopling merupakan sebuah rangkaian mekanis yang tersusun atas beberapa komponen yang saling terhubung satu dengan yang lainnya. Berikut ini merupakan komponen-komponen kopling dan fungsinya, agar kamu tahu bagaimana cara kerja kopling.

1. Pedal Kopling (Clutch Pedal)

pedal kopling komponen kopling

Pedal kopling terletak di bagian kaki sebelah kiri dan akan diinjak dengan menggunakan kaki kiri secara bertahap. Pedal kopling ini berfungsi untuk mengatur jarak kopling dengan flywheel atau roda gila. Selain itu juga berfungsi untuk meneruskan atau memutuskan antara mesin ke sistem penggerak. Pedal ini adalah komponen input yang nantinya akan di terjemahkan menjadi pengendalian kopling. Cara kerjanya sama seperti pengungkit. Pada bagian pangkal pedal, terdapat engsel yang terhubung dengan push rod, yang akan menghubungkan pedal dengan piston master silinder kopling. 

2. Master Kopling Atas

master kopling atas komponen kopling

Master kopling atas ini berfungsi untuk meneruskan tekanan secara perlahan dari pedal kopling ke master kopling bawah melalui fluida atau cairan khusus. Dalam master kopling ini juga terdapat karet yang berfungsi agar mencegah kebocoran dan menampung minyak kopling di dalamnya. Apabila terjadi kebocoran minyak kopling, maka akan menyebabkan mesin menjadi panas dan gigi persneling susah untuk masuk karena minyaknya yang berkurang. 

3. Master Kopling Bawah

master kopling bawah

Master Kopling Bawah ini memiliki fungsi untuk menerima tekanan dari master kopling atas. Setelah sampai di master kopling bawah, barulah tekanan bisa diteruskan menuju release fork atau garpu pembebas yang fungsinya sebagai media pendorong. Yang perlu kamu perhatikan adalah ketika master kopling bawah mengalami kerusakan, maka mobil tidak bisa masuk gigi. Cara satu-satunya untuk mengembalikan fungsinya kembali adalah menunggu mesinnya hingga dingin terlebih dahulu. 

4. Actuator Cylinder

actuator cylinder

Fungsi dari actuator cylinder adalah untuk mengubah tekanan hidrolik kembali menjadi tanaga mekanis. Komponen ini ada dua jenis, yaitu actuator cylinder tipe luar dan tipe dalam. 

5. Hydrolic Clutch Pipe

hydrolic clutch pipe

Komponen ini berbentuk pipa yang memiliki fungsi untuk mengalirkan tekanan hidrolik. Pada umumnya komponen ini terbuat dari material high pressure flexible, agar bisa menahan tekanan tinggi hidrolik yang mengalir di dalam pipa. 

6. Garpu Pembebas (Release Fork)

Garpu pembebas

Garpu pembebas merupakan sebuah alat yang menjadi penghubung dari release kopling dengan release bearing, yang akan bergerak maju dan mundur. Komponen ini juga yang akan menekan cover clutch dan membebaskan putaran mesin ketika kamu menginjak pedal kopling. Garpu pembebas memiliki cara kerja sama dengan pedal kopling, yaitu prinsip pengungkit. 

7. Release Bearing

release bearing komponen kopling

Release bearing merupakan sebuah bantalan tertutup dengan tipe pelumas permanen yang tidak dapat dibuka dan dibersihkan, dan bagian dalamnya tidak dapat diberi pelumas bahkan dibongkar. Fungsi dari komponen ini adalah untuk meneruskan dorongan dari release fork menuju ke pegas diagfragma pada saat kopling diinjak oleh pengemudi. 

8. Cover Clutch

cover clutch

Cover clutch merupakan komponen kopling yang berfungsi sebagai dudukan dari plat kopling yang kemudian menekan plat kopling ke flywheel untuk meneruskan tenaga dari mesin. Cover clutch ada 2 macam, yaitu cover clutch dengan pegas oil dan cover clutch dengan pegas diagfragma. Cover clutch dengan pegas oil terdiri atas pressure plate yang biasanya terbuat dari leburan baja yang diratakan untuk menekan plat kopling. Sedangkan cover clutch dengan pegas diafragma berfungsi untuk memberikan tekanan pada plat kopling dan juga roda penerus. 

9. Plat Kopling

plat kopling komponen kopling

Komponen kopling yang selanjutnya adalah plat kopling. Plat kopling merupakan sebuah komponen yang berfungsi untuk menerima putaran mesin sehingga dapat diteruskan ke transmisi. Plat kopling yang berfungsi dengan optimal harus mampu mentransfer putaran mesin dengan halus. Karena hal tersebut, plat kopling selalu terbuat dari material yang cukup kuat, seperti baja, dan dilapisi dengan bantalan kampas. Plat kopling terletak di antara plat penekan dan roda gila. Ketika kopling digunakan, maka plat kopling ini akan terhimpit plat penekan dan roda gila, dan putaran mesin akan otomatis terhubung. 

Nahh sekarang kamu sudah tahu kan kalau ternyata komponen kopling manual itu sangat kompleks. Seluruh komponen di atas akan bekerja dalam sebuah sistem yang terkoordinasi sehingga sistem transmisi dapat dilakukan dengan halus dan mulus. Itu pula yang mengakibatkan apabila salah satu komponen ada yang rusak, akan mengganggu sistem secara keseluruhan. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Baca juga:

Inilah Warna Kabel Kiprok Beserta Fungsinya

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP