10 Komponen Komunikasi, Sudah Tahu?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
efek
Daftar Topik

Komponen Komunikasi – Komunikasi merupakan salah satu proses terpenting dalam kehidupan manusia. Dalam proses melakukan komunikasi terdapat beberapa komponen yang terlibat. Semua komponen tersebut ada agar proses komunikasi dapat berjalan dengan baik dan lancar. Kali ini Blog elevenia akan mengupasnya secara singkat dan padat.

1. Komunikator (Sender)

komunikan

Singkatnya, komunikator merupakan orang yang menyampaikan pesan atau sumber pesan. Untuk menyampaikan pesan dengan baik, komunikator dapat melakukan persiapan. Seperti menentukan bentuk pesan, mengenali lebih lanjut tentang komunikan, tujuan mengirimkan pesan, serta hasil yang diharapkan dari proses komunikasi.

2. Encoding

encoding

Sebelum mengirimkan pesan pada komunikan, komunikator dapat mempersiapkan pesan agar dapat tersampaikan dengan baik. Tentunya perencanaan ini bukan sekedar pesan apa yang akan disampaikan. Tetapi juga gaya bahasa pesan, bentuk pesan hingga saluran yang digunakan dalam menyampaikan pesan.

Baca Juga: Prospek Ilmu Komunikasi yang Menjanjikan

3. Pesan (Message)

pesan

Pesan ialah suatu hal inti yang dipertukarkan selama proses komunikasi berlangsung. Komponen ini merupakan komponen komunikasi yang penting. Mengingat proses komunikasi ada agar pesan dapat disampaikan dengan baik. Adapun bentuk dari pesan sangat beragam. Bisa dalam bentuk tulisan, gambar, video, media audio visual hingga kode.

4. Saluran (Channel)

saluran

Saluran sendiri ialah tempat (perantara) yang digunakan komunikator dalam berkomunikasi dengan komunikan. Sama seperti pesan, saluran juga memiliki banyak bentuk. Mulai dari yang konvensional (langsung) hingga yang melibatkan alat. Salah satu contoh saluran yang konvensional ialah seminar offline. Sedangkan untuk channel yang melibatkan alat contohnya penggunaan media masa maupun media online.

5. Decoding

decoding

Kalau encoding dilakukan komunikator, maka decoding dilakukan oleh komunikan. Secara garis besar, dalam proses encoding komunikan berusaha untuk mencerna dengan baik pesan yang disampaikan komunikator. Bisa dengan menyimak hingga mendengarkan secara aktif.

6. Komunikan (Receiver)

komunikan

Kebalikan dari komunikator, komunikan ialah penerima pesan. Dalam menerima pesan, komunikan menerjemakan pesan untuk menentukan berhasil atau tidaknya proses komunikasi. Komunikasi dikatakan berhasil kalau pesan yang disampaikan oleh komunikator dapat diterjemahkan dengan baik oleh komunikan.

7. Umpan Balik (Feedback)

umpan-balik

Umpan balik juga dapat menentukan kesuksesan komunikasi. Komponen ini bisa saja berupa respon yang diberikan oleh komunikan pada komunikator. Sehingga respon yang sesuai dari komunikan bisa jadi pertanda suksesnya komunikasi.

8. Konteks (Context)

konteks

Konteks adalah situasi saat kita melakukan proses komunikasi. Konteks juga salah satu komponen komunikasi penting. Dengannya kita dapat menentukan gaya komunikasi yang tepat.

Baca Juga: Pengertian Interaksi Sosial Individu dengan Individu

9. Gangguan (Noise)

gangguan

Berbeda dengan komponen komunikasi lainnya, komponen ini justru dapat menghambat proses komunikasi. Gangguan biasanya terjadi dalam proses encoding dan decoding. Bentuk gangguan ini sangat beragam. Mulai dari gangguan fisik hingga gangguan mental, psikologis dan semantik

10. Efek (Effect)

efek

Efek adalah sesuatu yang ditimbulkan sebagai dampak dari proses komunikasi. Jika dampak yang ditimbulkan sesuai dengan diharapkan komunikator, maka komuikasi telah berhasil. Sebaliknya, jika dampak bukan yang diharapkan, maka bisa dikatakan proses komunikasi tersebut gagal.

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP