Kisah Nabi Isa Sang Khalifah Bumi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
20320-kisah nabi isa 2-min
Daftar Topik

Kisah seorang nabi merupakan sesuatu yang harus kita fahami supaya kita bisa mengetahui bagaimana perjuangan seorang nabi dalam memperjuangkan agama Allah SWT seperti kisah Nabi Isa AS. Salah satu kisah yang sangat inspiratif dari seorang nabi untuk diketahui yaitu kisah dari nabi Isa AS. Nabi Isa AS merupakan putra dari Maryam dan tidak memiliki ayah, yang artinya bahwa nabi Isa AS lahir atas kehedak dari Allah SWT.

Kisah yang dimiliki nabi Isa AS sangat banyak, mulai dari kisah kelahirannya, perjuangannya dalam berdakwah, mukjizat yang diterima dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya kisah dari nabi Isa AS yang bisa diambil hikmahnya, semoga kita bisa menerapkan hikmahnya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, maka usaha kita dalam mempelajari kisah para nabi tidak akan sia-sia.

Kisah Kelahiran Nabi Isa AS


Nabi Isa AS merupakan seorang putra dari ibunya yaitu Maryam. Maryam mengandung Nabi Isa AS tanpa adanya seorang suami. Jadi kelahiran Nabi Isa AS merupakan atas kehendak dari Allah SWT. Maryam melahirkan Nabi Isa AS di pangkal pohon kurma. Pada saat melahirkan, Bunda Maryam memiliki perasaan yang gelisah karena adanya banyak komentar tentang kelahiran Nabi Isa.

Untuk menghibur sang Bunda, Nabi Isa AS sejak kecil sudah diberikan mukjizat dari Allah SWT untuk bisa berbicara. Dengan mukjizat yang dimilikinya, membuat semua masyarakat sekitar terheran-heran dengan Nabi Isa AS. Untuk melindungi Nabi Isa AS dari orang-orang yang ingin membunuhnya, membuat sang Bunda melakukan perjalanan untuk pindah ke Mesir. Setelah dua belas tahun di Mesir kemudian pindah ke negeri syam, dan di daerah inilah Nabi Isa diangkat menjadi Rasul Allah.

Mukjizat yang Diterima Nabi Isa AS


1. Dapat berbicara ketika bayi

Salah satu kisah Nabi Isa yang selalu diingat yaitu pada saat Nabi Isa lahir ke dunia. Nabi Isa diberikan mukjizat oleh Allah SWT yaitu kemampuan berbicara. Padahal usia Nabi Isa pada saat itu masih bayi, jadi membuat masyarakat sekitar kaget dengan kemampuan yang dimilikinya. Dengan kemampuan tersebut, Nabi Isa AS juga bisa memberikan kekuatan kepada ibunya yang sedang mendapat celaan dari masyarakat sekitar tentang kelahiran Nabi Isa.

2. Dapat menghidupkan yang mati

Salah satu mukjizat lain yang diterima Nabi Isa yaitu dapat menghidupkan yang mati. Suatu ketika Nabi Isa pernah membuat burung dari tanah liat, kemudian atas kehendak Allah burung tersebut bisa hidup dan terbang. Selain itu, Nabi Isa juga bisa menghidupkan orang yang sudah mati sesuai dengan kehendak Allah SWT.

3. Dapat menyembuhkan berbagai penyakit

Mukjizat lainnya yang diterima Nabi Isa dari Allah SWT yaitu kemampuan yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Seperti yang dikisahkan, Nabi Isa pernah menyembuhkan penyakit yang diderita oleh umatnya yaitu penyakit kusta. Selain itu, Nabi Isa juga bisa menyembuhkan penyakit buta yang dialami seseorang sejak lahir.

Cara Berdakwah Nabi Isa AS


Nabi Isa AS mendapatkan perintah dari Allah SWT untuk berdakwah kepada bani Israil. Allah SWT menurunkan kitab kepada Nabi Isa yaitu kitab injil. Ketika kaumnya menjadi semakin kafir dan ingkar, maka Nabi Isa AS meninggalkan kaumnya dan pergi ke Baitul Maqdis. Di Baitul Maqdis, Nabi Isa AS difitnah oleh para pendeta Yahudi. Hal ini dilakukan oleh pendeta Yahudi karena tidak menyukai kedatangan Nabi Isa AS. Setelah itu, para pendeta mendatangi persembunyian Nabi Isa untuk mengadili dan menghukum Nabi Isa. Tetapi atas izin Allah SWT, Nabi Isa telah selamat dari pembunuhan tersebut dan digantikan oleh orang lain.

Pelajaran dari Kisah Nabi Isa AS


1. Sungguh mulia wanita yang bisa menjaga kehormatannya

Dari kisah Nabi Isa AS, kita dapat mengambil hikmah bahwa ibunya Nabi Isa AS yaitu bunda Maryam merupakan seorang wanita yang menjaga kehormatannya. Dari hal itulah bunda Maryam mendapatkan kemuliaan dari Allah SWT dan memberikannya seorang putra.

2. Memperjuangkan agama Allah SWT dengan gigih

Dalam berdakwah, Nabi Isa AS merupakan sosok yang sangat gigih demi memperjuangkan agama Allah. Nabi Isa berdakwah dihadapan kaumnya dengan banyak cobaan yang dia hadapi, tetapi Nabi Isa tetap gigih dalam menyampaikan perintah Allah.

3. Tidak ada kemustahilan bagi Allah SWT

Nabi Isa AS mendapat banyak mukjizat dari Allah SWT seperti dapat berbicara ketika masih bayi dan mukjizat lainnya. Hal ini sudah membuktikan bahwa tidak ada kemustahilan bagi Allah SWT.

Kisah para nabi merupakan kisah yang sangat inspiratif untuk diketahui salah satunya kisah Nabi Isa. Siapapun bisa saja mengajarkan kisah para nabi kepada keluarga atau kerabat dekat. Tetapi jangan sampai lupa, sebelum mengajarkan tentang hikmah dari kisah para nabi kita juga harus menerapkan terlebih dahulu dalam kehidupan sehari-hari kita. Dengan begitu, maka kita akan lebih mudah untuk mengajarkannya kepada orang lain.

BACA JUGA! 

Ini Arti Masya Allah yang Harus Diketahui

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP