Jalur Kabel Kiprok Honda Grand, Pengertian dan Fungsi Kiprok Motor

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
warna kabel kiprok honda grand
Daftar Topik

Jalur Kabel Kiprok Honda GrandBagi sebagian orang yang sudah terbiasa berkecimpung dalam dunia otomotif, pastinya sudah tak asing lagi dengan onderdil motor yang satu ini. Ya, kabel kiprok memang sangat berkaitan erat dengan sistem kelistrikan sepeda motor. Kabel ini sangat penting pada sepeda motor, karena bisa menjaga kestabilan tegangan arus listrik yang sangat besar dari hasil kerja kumparan spul motor. 

Pengertian, Fungsi dan Jalur Kabel Kiprok Honda Grand

Pengertian Kiprok

kabel kiprok motor (1)

Kiprok atau Regulator ini memiliki ukuran relatif kecil. Bisa dibilang ukurannya seperti bungkus rokok. Meski ukurannya kecil, namun kabel kiprok ini memiliki fungsi yang sangat penting. Karena, jika saja ada kerusakan kecil para kiprok ini, maka akan terjadi permasalahan yang serius dalam sistem kelistrikan motor. Lebih tepatnya, kiprok motor berfungsi untuk penstabil arus listrik dari spul motor ke aki motor.

Fungsi Kiprok Motor

Fungsi kiprok ialah sebagai pembatas tegangan pengisian dari komponen spull, sehingga arus listrik yang akan keluar tetap stabil dan bertegangan 12 V. Selain itu, kiprok juga dapat membuat aliran listrik menjadi searah. Karenanya, arus listrik yang berasal dari spull menjadi arus bolak balik (AC).

Jalur Kabel Kiprok Honda Grand yang Perlu Diketahui

warna kabel kiprok honda grand

Selain itu, warna kabel kiprok sangatlah beragam. Setiap warna kabel, memiliki fungsi yang berbeda-beda. Tak hanya itu, setiap merk sepeda motor juga memiliki susunan warna kabel kiprok yang berbeda-beda. Kesalahan dalam memasang kabel kiprok yang tepat bisa berakibat fatal bagi motor kamu lho.

Nah untuk menghindari hal tersebut kamu harus mengetahui warna kabel kiprok sesuai dengan motor yang kamu miliki. Untuk lebih jelasnya berikut ini warna kabel untuk Honda Grand beserta fungsinya.

1. Kabel Warna Merah

Berasal dari arus positif baterai, dan biasanya melewati fuse (sekring) 10 Ampere. Fungsinya ialah mengubah aliran listrik dari spull, mengubah tegangannya dan dilanjutkan ke aki. Adapun tegangan yang dihasilkan ialah 12 V.

2. Kabel Warna Kuning

Adalah jalur kabel arus penerangan lampu utama dari spull. Kabel ini melewati kiprok dan langsung ke saklar lampu. Ketika lampu menyala, tegangan yang masuk berkisar 12 sampai 14 V.

3. Kabel Warna Putih

Merupakan kabel arus pengisian dari spul yang masuk ke kiprok. Arus yang masuk dibatasi sekitar 14, 5 V. Apabila lebih dari itu, aki dapat saja meledak.

4. Warna Kabel Hijau

Merupakan kabel massa atau ground negatif. Umumnya, kabel ini tidak mengalirkan listrik. Apabila demikian, kamu perlu mengeceknya lebih lanjut.

kiprok (1)

Itulah jalur kabel kiprok Honda Grand, lengkap dengan pengertian dan fungsinya kiprok. Bagi kamu yang memiliki sepeda motor, sangat penting untuk mengetahui warna-warna kabel ini. Karena ketika sepeda motor mengalami kerusakan, kamu bisa mengecek kabelnya. Bagaimana, mudah kan untuk memahami warna dan fungsi dari kabel kiprok? Jadi ketika ada masalah pada kendaraan kamu bisa menguatik-atiknya sendiri tanpa harus ke bengkel. Semoga membantu ya!

Baca juga: Harga Karbu Kotak Berbagai Merk

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP