Khasiat Jeruk Nipis untuk Batu Ginjal yang Harus Diketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Khasiat-Jeruk-Nipis-untuk-Batu-Ginjal[1]
Daftar Topik

Penyakit nefrolitiasis atau yang biasa disebut dengan batu ginjal adalah penyakit dalam yang diakibatkan oleh pembentukan materi keras menyerupai yang ada di dalam ginjal. Materi keras tersebut biasanya berasal dari air mineral atau garam yang diproses oleh ginjal. Adapun aliran batu tersebut mengalir sepanjang saluran urine yaitu dari ginjal hingga saluran uretra.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati atau mencegah penyakit yang satu ini. Salah satunya adalah dengan menggunakan khasiat jeruk nipis untuk batu ginjal yang dipercaya ampuh. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai penyakit batu ginjal, simak ulasannya berikut ini.

Penyebab Batu Ginjal


Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penyakit batu ginjal. Contoh yang paling umum adalah karena kekurangan minum air putih atau air mineral. Selain itu, berat badan berlebihan atau obesitas dan efek samping dari operasi saluran pencernaan juga dapat dijadikan sebagai pemicu batu ginjal. Endapan yang dihasilkan oleh ginjal bisa terjadi karena kesalahan pola makan atau hal dasar lainnya.

Pada umumnya, batu ginjal tidak hanya bisa menyerang ginjal saja. Batu ginjal bisa berpindah ke saluran kencing lainnya seperti jalan menuju ureter, atau saluran uretra untuk ekstraksi. Apabila hal tersebut terjadi, maka tidak hanya penyakit batu ginjal saja yang akan di derita namun juga akan menimbulkan iritasi saluran kemih lainnya.

Adapun manusia yang rentan terkena oleh penyakit batu ginjal adalah orang berusia 30-60 tahun. Berdasarkan jenis kelamin, kaum laki-laki mengalami risiko lebih banyak 5% mengidap penyakit batu ginjal di bandingkan dengan perempuan selama hidup mereka.

Pengobatan Batu Ginjal Menggunakan Jeruk Nipis


Fungsi ginjal sebenarnya adalah untuk melakukan penyaringan dan detoksifikasi racun-racun yang ada di dalam tubuh melalui air mineral yang disalurkan ke urin. Penyakit batu ginjal sendiri biasa terjadi karena beberapa faktor seperti kekurangan air minum sehingga jumlah urin sedikit, terlalu lama menahan kencing sehingga warna urin menjadi pekat, dan kelebihan zat kimia yang ada di dalam urin itu sendiri.

Semakin bertambahnya usia, manusia semakin rentan terkena penyakit batu ginjal. Nah, untuk mengatasi hal tersebut saat ini telah ditemukan beraneka khasiat jeruk nipis untuk batu ginjal yang sangat bervariasi pengolahannya. Jeruk nipis dipercaya mampu menghambat pembentukan batu ginjal yang ada di dalam tubuh.

Menurut dokter ahli ginjal, jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat yang dipercaya memiliki khasiat baik untuk penderita batu ginjal. Cara penggunaannya sendiri cukup mudah, hanya melarutkan air perasan jeruk nipis ke dalam satu gelas air hangat dan rutin mengkonsumsinya setiap hari.

Agar tidak bosan, berikut ini ada dua cara mengolah perasan jeruk nipis untuk dijadikan obat dari penyakit batu ginjal.

Olah menjadi Lemon Tea

Salah satu cara mengolah jeruk nipis untuk dijadikan obat dari penyakit batu ginjal adalah dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan daun teh. Campuran kedua bahan tersebut dilarutkan dengan air hangat dan menjadi lemon tea. Kamu bisa mengkonsumsi lemon tea untuk mengobati atau mencegah terjadinya batu ginjal.

Olahan lemon dengan Kecap

Cara lain untuk mengkonsumsi jeruk nipis sebagai obat penyakit batu ginjal adalah mengolahnya bersama kecap. Kamu bisa menyiapkan satu buah jeruk nipis dan meremasnya ke dalam gelas. Lalu tambahkan kecap manis secukupnya. Minum tanpa menggunakan tambahan air. Cara tersebut bisa juga dijadikan sebagai obat pereda batuk.

Honey Lemon

Jeruk nipis sebagai obat penyakit batu ginjal juga bisa diolah menjadi honey lemon. Caranya juga tidak kalah mudah dengan membuat dua bahan di atas. Campurkan air perasan jeruk nipis dengan dua sendok madu. Lalu seduh dengan air hangat dan minumlah secara rutin setiap hari. Campuran air lemon dengan madu dipercaya bisa meningkatkan keasaman urin.

Infused Jeruk Nipis

Cara mengolah jeruk nipis untuk dijadikan sebagai obat penyakit batu ginjal yang terakhir adalah dengan menyulapnya menjadi infused jeruk nipis. Cara mengolahnya adalah dengan merendam potongan jeruk nipis tipis-tipis ke dalam air dan tambahkan air hangat. Pada saat konsumsi jeruk nipis, selalu hindari penggunaan air dingin.

Khasiat jeruk nipis untuk batu ginjal ternyata sangat mudah didapat. Beberapa olahan jeruk nipis di atas bisa kamu jadikan sebagai referensi pengolahan jeruk nipis untuk obat batu ginjal.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP