Keutamaan Membaca Doa Masuk WC dan Keluar WC

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Memang betul jika agama Islam telah mengatur semua aspek yang ada di dalam kehidupan umatnya. Dan hal tersebut termasuk ketika anda ingin masuk dan keluar wc, yang mana terdapat doa yang harus dibaca. Itulah mengapa, terdapat pelajaran mengenai adab pada saat buang hajat dan hal tersebut termasuk ketika membaca doa masuk ataupun keluar dari kamar mandi atau wc.

Nah, berikut ini merupakan doa masuk wc dan keluar wc yang wajib Anda ketahui dan hafalkan sehingga dalam penerapannya pun Anda tidak akan kesulitan.

1. Doa Ketika Masuk ke WC Sesuai dengan Sunnah Rasul


Perlu Anda ketahui jika doa untuk memasuki WC yang sesuai dengan sunnah Rasul memang sangat mudah dan singkat untuk dipraktekkan.

الْحَمْدِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

Artinya: “ya Allah sebetulnya aku berlindung kepada dirimu dari segala kotoran dan juga kejahatan”.

2. Doa Ketika Keluar WC Sesuai Sunnah Rasul


غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

Artinya: “dengan mengharapkan ampunan darimu, segala puji hanya milik Allah yang sudah menghilangkan kotoran dari seluruh badanku dan juga telah mensejahterakan badanku”.

3. Adab yang Benar Masuk dan Keluar WC


Ketika Anda sudah memahami bagaimana doa masuk wc dan doa keluar wc maka akan jauh lebih baik Anda mengetahui bagaimana adab yang betul pada saat di dalam WC.

  • Sebab sebagai umat Islam yang memiliki sikap baik dan juga sopan santun maka adab dalam keseharian adalah perihal yang sangat penting.
  • Yang pertama pada saat Anda memasuki puisi lebih baik membaca basmalah, sehingga pada saat berada di WC anda akan terhindar dari adanya gangguan dari jin kafir ataupun setan.
  • Dan untuk adat yang kedua, untuk membaca doa jauh lebih baik dilakukan ketika hendak memasuki WC.
  • Pada saat Anda akan melangkah memasuki WC lebih baik mendahulukan kaki kiri. sebab WC ataupun kamar mandi menjadi salah satu tempat najis yang menjadi tempat setan.
  • Ketika masuk ke dalam WC ataupun kamar mandi hendaklah menggunakan alas kaki seperti halnya sendal jepit ataupun sandal plastik.
  • Jangan pernah bernyanyi atau pun berbicara dengan keras pada saat di dalam WC ataupun kamar mandi.
  • Dilarang membaca ayat-ayat Alquran atau pun membawa Alquran ke dalam puisi dan juga kamar mandi.
  • Ketika Anda ingin membuang air besar maka diusahakan untuk tidak menghadap kiblat ataupun membelakangi. Pastikan juga membuat WC ataupun kamar mandi yang memiliki arah menyamping.
  • Ketika di kamar mandi tidak boleh mengucapkan salam atau pun menjawab salam.

4. Keutamaan Membaca Doa Masuk WC dan Keluar WC


Tentunya dengan membaca doa hati pun akan jauh lebih mantap dan Berikut ini merupakan keutamaan membaca doa ketika Anda memasuki ataupun keluar wc:

  • Menjadi Ucapan Syukur Kepada Allah SWT

Ketika membaca doa masuk wc dan doa keluar wc, maka hal itu dianggap menjadi rasa syukur Anda dan meminta pertolongan kepada Allah SWT. Kenapa doa tersebut juga diungkapkan sebagai rasa syukur? hal itu dikarenakan kita masih bisa diberikan kesehatan dan juga nikmat dalam membersihkan kotoran yang ada di dalam tubuh kita.

  • Akan Menambah Pahala

Membaca doa sebelum ataupun keluar dari WC tentunya akan menambah pahala. Karena doa tersebut merupakan doa yang memang diajarkan langsung oleh Rasulullah SAW sehingga data tersebut dianggap sunnah.

Pastinya Anda sudah paham betul jika sunnah merupakan perkara yang jika dilaksanakan akan mendapatkan pahala, namun ketika tidak dikerjakan sama sekali tidak mendapatkan dosa. Doa tersebut juga menjadi langkah awal bagi Anda untuk selalu berbuat baik dan mendapatkan banyak pahala.

  • Doa Agar Mendapatkan Perlindungan Kepada Allah

WC ataupun kamar mandi adalah salah satu tempat yang sangat disukai oleh setan dan juga jin. Sehingga ketika Anda membaca doa akan membantu anda untuk terhindar dari gangguan setan atau jin karena memperoleh perlindungan dari Allah SWT.

  • Aurat Tidak Akan Terlihat Oleh Setan yang Ada di Kamar Mandi

Keutamaan dari membaca doa masuk wc dan doa keluar wc adalah setan pun tidak akan bisa melihat aurat kita. Hal ini dikarenakan Allah telah melindungi aurat dari tatapan setan dikarenakan membaca doa tersebut.

Karena setan juga hampir sama dengan manusia yang memiliki nafsu dan memiliki ketertarikan kepada hal yang tidak baik. jadi, doa tersebut salah satu perlindungan diri dari setan.

Doa masuk wc dan doa keluar wc menjadi salah satu doa yang wajib untuk dihafalkan, mengingat kita semua setiap hari menggunakan wc. Nah, semoga saja informasi diatas bisa memberikan Anda manfaat dan tambahan wawasan.

BACA JUGA! 

Konsep Kue Pengantin Elegan yang Paling Populer

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA