Keutamaan Do’a Kafaratul Majlis Sebagai Do’a Penutup Acara

0

Do’a kafaratul majlis merupakan do’a yang biasanya dibacakan pada saat akhir acara. Setiap do’a memang memiliki makna sendiri-sendiri tergantung dengan maknanya. Do’a penutup acara ini memiliki makna sebagai do’a penghapus dosa yang dilakukan ketika dalam acara yang diikuti.

 Do’a Penutup Acara atau Kafaratul Majlis


Do’a tersebut termasuk dalam dzikir kepada Allah SWT. Dengan membaca do’a tersebut setelah selesai acara, maka banyak keutamaan yang bisa didapatkan. Semakin banyak keutamaan dalam sebuah do’a maka semakin baik do’a tersebut untuk terus dibaca. Jadi apabila Anda mengikuti sebuah majlis ilmu, maka jangan lupa untuk membaca do’a ini ketika acara sudah selesai.

1. Iman Semakin Kuat

Salah satu keutamaan apabila membaca do’a kafaratul majlis sebagai do’a penutup acara yaitu dapat menguatkan iman. Iman yang dimiliki seseorang bisa semakin kuat atau semakin lemah tergantung dengan perilaku yang diperbuat. Dengan bergabung dalam majlis ilmu kemudian membaca doa setelah majlis selesai, maka iman kita bisa semakin kuat.

Hal ini sesuai dengan Surat Al Mujadilah ayat 11,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa apabila kita berlapang-lapang dalam majlis ilmu maka Allah akan memberikan kelapangan untuk kita. Arti dari berlapang-lapang dalam majlis ilmu yaitu membuka wawasan berfikir tanpa dibatasi oleh apapun.

2. Menengkan Hati

Dengan membaca doa ini setelah majlis berakhir, maka hati kita bisa merasa tenang. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Surat Ar Ra’du ayat 28.

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa hati kita akan merasa tentram apabila kita terus mengingat Allah SWT. Karena dengan mengingat Allah SWT dapat membuat hati kita merasa tentram, jadi dianjurkan untuk selalu mengingat Allah SWT.

3. Ilmu yang Didapatkan Bisa Bermanfaat


Salah satu tujuan dengan mendatangi majlis ilmu adalah untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat maka kita harus membaca do’a penutup majlis. Dengan begitu, maka kita akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari majlis tersebut.

Sabda Rasullullah SAW yang sesuai dengan hal tersebut,

مَامِنْ قَوْمٍ يَقُوْمُوْنَ مِنْ مَجْلِسٍ لاَ يَذْكُرُوْنَ اللهَ فِيْهِ إِلاَّ قَامُوْا عَنْ مِثْلِ جِيْفَةِ حِمَارٍ وَكَانَ لَهُمْ حَسْرَةً

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa apabila dalam majlis ilmu tidak ada dzikir kepada Allah, maka majlis ilmu tersebut sama seperti bangkai keledai. Selain itu, orang-orang yang mengikuti majlis ilmu tersebut akan mendapatkan penyesalan di hari kiamat.

4. Penghapus Dosa dan Kesalahan

Dalam sebuah majlis biasanya kita telah melakukan berbagi hal bahkan sampai mebuat kita tidak sadar apabila telah melakukan kesalahan. Kesalahan-kesalahan tersebut bisa saja seperti ramai sendiri, mengolok-olok orang, dan sebagainya. Untuk penceramah juga bisa saja melakukan kesalahan pada saat penyampain materi kepada para jama’ah.

Tentunya kesalahan-kesalahan yang terjadi bukan termasuk sesuatu yang disengaja. Tetapi jika memang benar-benar disengaja maka yang melakukan akan mendapatkan dosa besar karena telah merusak majlis ilmu Allah. Kesalahan-kesalahan tersebut dapat dihapus dengan sebuah doa yang diucapkan ketika majlis sudah berakhir yaitu dengan doa kafaratul majlis.

5. Dijauhkan Dari Masalah dan Kesulitan

Jauh dari kesulitan merupakan hal yang diharapkan oleh semua orang. Dengan membaca do’a kafaratul majlis maka kita dapat terhindar dari masalah ataupun kesulitan. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Surat An Naml ayat 62.

أَمَّنْ يُجِيبُ الْمُضْطَرَّ إِذَا دَعَاهُ وَيَكْشِفُ السُّوءَ وَيَجْعَلُكُمْ خُلَفَاءَ الْأَرْضِ ۗ أَإِلَٰهٌ مَعَ اللَّهِ ۚ قَلِيلًا مَا تَذَكَّرُونَ

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa apabila kita hanya sedikit mengingat Allah maka kita  akan berada dalam kesulitan. Jika kita semakin sering mengingat Allah maka kita akan dijauhkan dari kesulitan.

6. Dimudahkan dalam Menjalankan Kebaikan

Dengan membaca do’a penutup majlis juga dapat membuat seseorang dipermudah dalam menjalankan kebaikan. Seperti sabda Rasullullah kepada Aisyah yang menjelaskan bahwa siapa yang berkata baik akan ditutupi dengan kebaikan. Kemudahan tersebut didapat ketika membaca do’a penutup majlis.

Dalam mengisi ataupun menghadiri sebuah acara pastinya Anda tidak akan melewat untuk membaca do’a kafaratul majlis. Do’a ini memang biasanya dibaca secara bersama-sama antara jama’ah dengan orang yang mengisi acara tersebut. Meskipun hukum dalam membaca do’a ini adalah sunnah, tetapi tidak ada salahnya kita membaca do’a ini. Apalagi biasanya kita tanpa sadar melakukan kesalahan dalam majlis, oleh karena itu lebih baik kita membaca do’a ini untuk menghilangkan dosa dalam majlis.

BACA JUGA!

Kisah Nabi Isa Sang Khalifah Bumi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here