Keutamaan Doa Kafaratul Majelis Sehingga Wajib Dibaca

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
282-berdoa
Daftar Topik

Umumnya dalam setiap majelis selalu terdapat suatu bacaan yang menjadi pokok dalam majelis tersebut. Terdapat suatu doa penutup yang selalu diucapkan dalam berbagai majelis. Penggunaan doa penutup tersebut ternyata memiliki banyak sekali keutamaan nya. Doa tersebut dinamakan doa kafaratul majelis. Bagi yang masih belum terlalu tahu, berikut ini merupakan bacaan dari doa kafaratul majelis.

Fadhilah dan Keutamaan 

Pembacaan doa tersebut memiliki berbagai manfaat. Berikut ini keutamaan serta manfaat yang diperoleh dari pembacaan doa tersebut.

1. Agar Ilmu yang Diperoleh dari Majelis Menjadi Bermanfaat

Setiap majelis atau pembelajaran pasti yang menjadi pembahasan utama adalah perihal ilmu. Ilmu memang memiliki kedudukan yang terpenting. Oleh karena itu, setiap aspek kehidupan, menggunakan ilmu merupakan hal utama. Setiap orang pasti menginginkan ilmu yang diperolehnya bermanfaat. Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang selalu melekat dan mampu memberikan solusi dari setiap permasalahan kehidupan.

Pembacaan doa kafaratul majelis merupakan suatu dzikir yang digunakan untuk menutup kegiatan pembelajaran atau majelis. Penutupan ini merupakan tanda bahwa majelis telah berakhir. Oleh karena itu, setiap orang akan berdoa terlebih dahulu sebelum meninggalkan majlis. Doa tersebut bertujuan agar ilmu yang dipelajari dalam majelis menjadi bermanfaat untuk diri sendiri atau untuk orang lain.

2. Agar Dosa-dosanya Menjadi Terhapus

Selain berhubungan dengan ilmu, doa ini juga bertujuan untuk menghapuskan dosa yang dilakukan oleh setiap orang muslim. Dapat dilihat dari permulaan adanya doa ini. Doa ini di ucapkan langsung oleh Rasul setelah beliau menyelesaikan majelisnya. Rasul menjelaskan bahwa doa ini mampu memberikan penghapusan dosa, selama apa yang terjadi dalam suatu majlis.

Dengan demikian, doa ini disebut dengan doa kafaratul majelis. Doa penghapus dosa dalam suatu majelis. Umumnya dalam pembelajaran pasti terdapat kesalahan, entah ucapan atau perbuatan yang tidak disengaja. Dengan demikian pembacaan doa ini, mampu digunakan sebagian penebus atas segala kesalahan yang tidak sengaja.

3. Salah Satu Bentuk Ibadah yang Mulia

Setiap manusia memiliki kelebihan dan kelemahan. Ilmu merupakan samudera yang luas. Meskipun telah belajar puluhan tahun, tidak akan mungkin menguasai seluruh ilmu. Perbandingan nya adalah hanya setetes dari lautan ilmu. Manusia tidak selayaknya tidak menyombongkan diri dari setiap keberhasilan ilmu yang diperoleh. Pembacaan doa kafaratul majelis merupakan bentuk penghormatan manusia terhadap ilmu.

Oleh karena itu, pembacaan doa ini termasuk ke dalam ibadah yang mulia. Bahkan Rasul juga selalu mencontohkan bahwa setelah selesai mengadakan suatu majelis, rasul juga selalu membaca doa. Tentu saja bagi kaum muslimin pembacaan doa ini merupakan wujud rasa bahwa ilmu yang dimiliki hanyalah sedikit dan tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan ilmu Allah.

4. Agar Hati Menjadi Lebih Tenang

Terkadang dalam suatu majelis terdapat peristiwa yang jarang terjadi. Peristiwa tersebut meliputi berbagai perdebatan dan perselisihan pendapat. Terlebih lagi jika terdapat pembahasan suatu hukum tertentu yang menimbulkan banyak perbedaan. Tentunya hal tersebut sering membuat anggota majelis bertentangan.

Pembacaan doa kafaratul majelis ini dimaksudkan agar hati menjadi lebih tenang. Karena pada dasarnya setiap orang pasti memiliki pendapat yang baik menurut pandangan mereka. Oleh karena itu, doa ini mampu membuat hati menjadi lebih tenang. Hati yang tenang akan membuat pikiran turut menjadi tenang. Dengan demikian tidak akan terjadi perselisihan yang mampu merenggangkan lingkar persahabatan.

5. Mendapatkan Rahmat dari Allah

Rahmat merupakan sesuatu yang diharapkan setiap orang. Setiap kaum muslim pasti berlomba dan berjuang sekuat tenaga agar mendapatkan rahmat dari Allah. Allah sendiri telah menurunkan banyak rahmat kepada orang yang dikehendakinya. Dalam suatu majelis ilmu, setiap orang selalu mengharapkan rahmat Allah agar ilmu yang dimilikinya menjadi bermanfaat.

Pembacaan doa kafaratul majelis merupakan suatu ungkapan pengharapan rahmat kepada Allah dari seluruh umat manusia. Seseorang yang telah turut membahas perihal ilmu dalam suatu majelis akan mendapatkan berbagai keutamaan. Seperti turunnya rahmat Allah. Apabila hal tersebut terjadi, maka akan hilang sikap buruk dan sifat buruk yang ada dalam diri manusia.

6. Selalu Merasa Dekat dengan Allah

Setiap makhluk pasti ingin selalu dekat dengan sang kholik. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan selalu memanjatkan doa. Antara makhluk dengan sang pencipta dihubungkan dengan doa. Dengan demikian, setiap orang akan selalu memanjatkan doa.

Doa kafaratul majelis merupakan doa yang dibaca saat seseorang telah menyelesaikan suatu majelis ilmu tertentu. Pembacaan doa ini bukan hanya sebagai pertanda bahwa majelis telah selesai.

Namun, doa ini juga sebagai bentuk penghormatan terhadap ilmu. Pembacaan doa ini memiliki banyak keutamaan yang pasti nya diharapkan oleh setiap kaum muslim. Bacaan doa ini yang pendek membuat mudah untuk dihafalkan. Kemudahan tersebut, membuat banyak orang yang selalu mengamalkan doa ini.

BACA JUGA!

Kisah Nabi Isa Sang Khalifah Bumi

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP