Keutamaan dari Puasa Ayyamul Bidh yang Wajib Diketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
17320-puasa religi masjid mesjid senja sore
Daftar Topik

Islam merupakan agama yang telah banyak memberikan pilihan pahala dengan mudah yaitu dengan menjalankan amalan ibadah yang niat hanya karena Allah SWT. Mulai dari amalan yang wajib hingga yang sunnah, seperti sholat, haji hingga puasa. Sedangkan dalam ibadah puasa sendiri banyak macamnya, misalnya puasa ayyamul bidh.

Kali ini kami akan membahas tentang puasa ayyamul bidh serta keutamaan nya. Namun sebelum melaksanakan puasa tersebut, tentunya kita harus tahu terlebih dahulu manfaat yang ada di dalamnya. Tentu setiap amalan ibadah yang dilakukan oleh seorang muslim punya manfaat dan keutamaan sendiri. Secara umum memang setiap ibadah yang dilakukan akan memberikan manfaat untuk fisik dan psikis kita.

1. Detoksifikasi Tubuh


Puasa ayyamul bidh memiliki manfaat dan keutamaan yang pertama yaitu sebagai detoksifikasi tubuh. Selama tubuh dibawa puasa memang secara alami akan melakukan proses detoksifikasi atau pembuangan racun-racun dari dalam tubuh yakni melalui urin, keringat dan juga saat buang air besar. Jika racun-racun di dalam tubuh terbuang, maka tubuh akan menjadi lebih sehat.

2. Mengurangi Lemak


Selain bisa mendetoksifikasi tubuh, puasa ayyamul bidh juga bisa mengurangi kadar lemak berlebih di dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan ketika sedang berpuasa, maka energi yang ada di dalam tubuh adalah hasil dari pembakaran sisa-sisa glukosa di dalam tubuh. Selanjutnya jika glukosa tersebut telah habis, maka tubuh secara otomatis akan menggantinya dengan lemak yang banyak tersimpan di dalam otot tubuh.

Nah, proses pembakaran lemak itulah yang kemudian akan menghasilkan energi untuk tubuh sehingga selama seharian berpuasa tidak merasa lemas. Jadi puasa ayyamul bidh bukan hanya akan memperoleh pahala saja, melainkan juga sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan berlebih.

3. Meningkatkan System Kekebalan Tubuh


Sistem imunitas atau kekebalan di dalam tubuh kita juga akan semakin meningkat jika kita sedang berpuasa. Akan tetapi tak hanya semerta-merta berpuasa saja, tentunya harus diimbangi juga dengan mengkonsumsi asupan makanan yang memiliki gizi tinggi. Mulai dari mengonsumsi sayur, buah dan lain sebagainya.

4. Mengurangi Berbagai Resiko Penyakit


Berpuasa juga sangat baik untuk bisa mengurangi berbagai macam risiko penyakit, seperti di bawah ini:

  • Darah tinggi

Puasa bisa mengurangi resiko darah tinggi yang dikarenakan produksi hormon di dalam tubuh akan jauh lebih bisa terkontrol saat berpuasa. Seperti hormon adrenalin yang merupakan hormon yang bisa menyebabkan naiknya tekanan darah di dalam tubuh.

  • Plak jantung

Risiko plak jantung juga bisa berkurang saat berpuasa. Hal tersebut dikarenakan asupan lemak jahat ke dalam tubuh berkurang. Dengan demikian, jika asupan lemak jahat berkurang akan membuat jantung lebih sehat serta akan terhindar dari risiko plak jantung.

  • Diabetes

Risiko diabetes juga akan berkurang saat kita sedang berpuasa. Hal tersebut dikarenakan tubuh akan meningkatkan proses pemecahan glukosa yang kemudian diubah menjadi energi. Jika proses pemecahan glukosa tersebut terjadi, maka hal tersebut akan mengurangi kadar gula darah di dalam tubuh. Sebab proses tersebut akan menghasilkan insulin di dalam tubuh sehingga bisa mengurangi risiko diabetes.

  • Penyakit ginjal

Sebab saat kita berpuasa, maka tubuh akan lebih berkurang mengonsumsi air.

  • Serangan jantung

Berpuasa juga bisa menurunkan risiko serangan jantung yang dikarenakan tubuh akan mengalami penurunan tingkat trigliserida (TG) yang bisa mencapai rata-rata 15%. Selain itu, puasa juga bisa menurunkan kolesterol low density lipoprotein (LDL) sampai 10%. Hal tersebut merupakan salah satu dari banyaknya faktor risiko yang bisa menyebabkan terkena serangan jantung.

5. Memanjangkan Umur


Sepanjang proses puasa, maka ada banyak sekali hal-hal positif yang akan terjadi di dalam tubuh seperti proses detoksifikasi dan lain sebagainya. Nah, hal tersebut tentunya akan membuat kita tetap sehat dan membuat kita panjang umur.

6. Mengistirahatkan Saluran Pencernaan


Tentu saja selama kita berpuasa, maka sistem pencernaan akan istirahat karena tidak ada makanan yang masuk ke dalam tubuh. Dengan demikian sistem pencernaan akan lebih optimal saat sudah berbuka puasa.

7. Memperbaiki Pola Makan


Saat berpuasa juga akan memperbaiki pola makan kita. Sebab saat berpuasa pola makan kita akan lebih teratur dibandingkan dengan tidak berpuasa. Dengan demikian, kesehatan kita akan lebih terjaga.

8. Merawat Kecantikan Kulit


Tahukah Anda bahwa berpuasa juga bisa membuat kulit tubuh menjadi lebih sehat dan cantik  hal tersebut dikarenakan ketika berpuasa maka sel-sel tubuh akan bekerja dengan maksimal sebab saat berpuasa juga metabolisme tubuh akan istirahat dengan baik. Hal tersebut akan mempengaruhi kekencangan organ tubuh luar dan salah satunya yaitu kulit kencang dan sehat. Selain membuat kulit kencang, puasa juga bisa mengurangi penuaan dini karena metabolisme tubuh saat berpuasa akan lancar dan cepat.

Banyak sekali bukan keutamaan dan manfaat dari puasa ayyamul bidh yang bisa kita dapatkan. Bukan hanya anjuran dan sunnah yang mendatangkan pahala untuk kita, namun juga bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan mental tentunya.

BACA JUGA!

Doa Buka Puasa yang Benar Beserta Waktu Sahur dan Berbuka

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP